Tips Berpakaian Saat Naik Pesawat Terbang

November 21, 2018

Pernah dengar istilah Airport Fashion? Airport Fashion belakangan ini semakin hits bagi generasi millenials. Setelah membeli tiket pesawat, anak muda biasanya berlomba-lomba untuk berpenampilan menarik saat pergi ke bandara. Tapi, tahu nggak sih kalau nggak semua pakaian aman digunakan saat naik pesawat? Bahkan jika salah pilih bahan pakaian, malah bisa membahayakan keselamatan diri sendiri. Agar tetap trendi dan menjaga diri sendiri, saya punya tips nih buat kalian semua.


Memakai Pakaian Longgar
sumber:@victorpfreitas

Memakai pakaian yang terlalu ketat saat naik pesawat terbang bisa membuat darah di bagian vena dalam menggumpal lho. Apalagi jika penerbangan tersebut membutuhkan waktu yang lama. Penggumpalan darah dalam vena ini jika dibiarkan bisa berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung. Untuk mengantisipasinya, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman sewaktu naik pesawat terbang. Hindari juga legging dan jeans yang terlalu ketat. Untuk ibu hamil, bisa mencoba untuk menggunakan legging kompresi yang membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Memakai Kaus Kaki
sumber:@PublicDomainPictures

Suhu dalam kabin pesawat bisa jadi sangat dingin dan kotor, jadi jangan sekali-sekali kamu melepas alas kaki kamu. Ada baiknya juga jika kamu selalu memakai kaus kaki selama perjalanan. Selain menghangatkan kaki, kaus kaki ini juga berguna untuk melindungi kamu dari kuman-kuman jahat yang ada di lantai pesawat. 

Gunakan Sepatu yang Nyaman
sumber:stock.tookapic.com

Kalau kamu hendak melakukan penerbangan jarak jauh, maka sebaiknya hindari memakai sendal dan untuk perempuan hindari memakai high heels. Gunakan sepatu flat atau sneakers yang nyaman dipakai. Alas kaki yang nyaman ini berfungsi saat ada keadaan darurat dalam pesawat. Seperti menghindari tergelincir dan menghindari pecahan kaca pada saat evakuasi. Belum lagi jika ternyata kamu salah membaca tiket pesawatmu dan harus lari-larian di bandara. Tentunya sepatu yang nyaman akan membuatmu lincah dalam menghadapi segala situasi, kan?

Pilih Jenis Kain
sumber:@belart84

Pilihlah jenis kain yang menyerap keringat seperti katun, sutra, linen, dan lain sebagainya. Dengan memakai kain yang menyerap keringat seperti ini akan membuatmu nyaman sepanjang perjalanan dan tentunya tidak membuat kulit jadi iritasi karena terkena keringat yang tertahan dalam tubuh. 

Gunakan Pakaian Beberapa Lapis
sumber:@mentatdgt

Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, bisa jadi suhu di dalam pesawat ini sangat dingin karena penyejuk udara. Bisa juga hangat jika kamu melakukan penerbangan siang dan sinar matahari masuk ke dalam kabin. Gunakan pakaian berlapis atau jaket agar kamu bisa menyesuaikan dengan suhu tubuh kamu. Atau kamu juga bisa membawa selimut tipis yang bisa kamu lipat jika suhu mulai hangat. 

Memakai pakaian trendi juga memperbesar kemungkinanmu untuk naik kelas yang lebih tinggi daripada tiket pesawatmu lho. Karena terkadang sebuah maskapai memberikan upgrade tiket pesawat gratis pada situasi-situasi tertentu. Tampil gaya namun tetap aman, siapa takut?

You Might Also Like

2 comments

  1. Ah, aku kalau naik pesawat cuma pake kaos pendek, sepatu, celana jins (kadang panjang, kadang pendek), udah. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah aku pake baju biasa aja. Pernah pake sepatu gunung malah hahaha

      Delete