Mudik Aman, Mudik Nyaman, dengan Transportasi Udara

Sumber gambar: pixabay.com
Menghitung hari, detik demi detik…

Potongan lirik lagu itu sepertinya cocok untuk keadaan sekarang dimana orang-orang sudah mulai menghitung mundur menuju hari raya Idul FItri. Libur hari raya biasanya diisi dengan kegiatan yang namanya mudik atau pulang kampung. Yup, tradisi ini sudah mendarah daging di hampir semua orang, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Rasanya memang kurang afdol kalau tidak mudik ketika hari lebaran tiba.


Mudik ke luar kota tentunya memerlukan persiapan yang tidak sedikit. Apalagi kalau kita mudik ke kota yang jauh. Saya sendiri biasanya punya dua kampung halaman yang biasa dikunjungi ketika hari lebaran tiba, satu di Jawa Tengah, satu lagi di Bandar Lampung. Nah, saya rasa mudik ke Bandar Lampung akan sangat melelahkan kalau melalui perjalanan darat dan disambung dengan perjalanan laut. Belum lagi ada anggota keluarga yang sering terkena mabuk laut. Duh, harus ada alternatif transportasi lain nih.

Mengingat perjalanan yang memakan waktu ketika lebaran tiba, mudik ke pulau Sumatera dengan perjalanan darat tentu bukan pilihan yang tepat. Karena dari seluruh anggota keluarga hanya saya yang sudah pernah merasakan nyamannya naik pesawat, saya tentunya akan menyarankan keluarga saya untuk mudik dengan jalur udara dong. Selain lebih cepat sampai, kita nggak harus berlelah-lelah di jalan. Nah, oleh karena itu saya mau memberi sedikit tips mudik yang nyaman dan aman dengan transportasi udara,

1. Memesan tiket jauh hari
Yang namanya hari raya pasti semua orang berbondong-bondong untuk mudik. Sarana transportasi, baik darat, laut, maupun udara pasti sudah banyak dipesan orang pada tanggal yang sama. Nah, tips yang pertama, yaitu pesan tiket jauh hari sebelum lebaran. Biasanya tiket pesawat sudah mulai bisa dipesan 90 hari sebelumnya. Pemesanan pun bisa dilakukan melalui online maupun gerai offline. Kalau saya sih lebih memilih pesan tiket online, selain hemat waktu, biasanya juga ada diskon tertentu.

2. Bawa Barang Seperlunya Aja
Sumber gambar: https://www.instagram.com/djpu151/

Mudik yang nyaman dan aman tidak perlu direpotkan dengan banyak barang yang kita bawa. Saya sendiri tipe yang sukanya bawa barang sedikit dalma satu ransel, tapi kalau mudik dengan keluarga tentu barang bawaan akan lebih banyak. Solusinya adalah membawa baju secukupnya, sesuai durasi waktu mudik kita. Selain memudahkan ketika dibawa, kita juga meminimalisasi biaya ekstra apabila bagasi kita berlebih. Sebab, setiap maskapai biasanya berbeda-beda dalam memberikan kuota bagasi, lho. Jadi, jangan semua baju dibawa, ya! Tapi kalau terpaksa membawa banyak barang, pastikan membawa tas dengan warna yang mencolok agar mudah dikenali.

3. Berangkat Lebih Awal
Berbeda dengan jalur darat, sependek pengalaman saya, proses check in di bandara ternyata lebih panjang daripada proses check in di stasiun maupun terminal. Ya, penumpang setidaknya harus sudah berada di bandara 3 jam sebelum keberangkatan pesawat. Alasannya cukup sederhana karena kita harus melewati serangkaian pemeriksaan pada barang bawaan sebelum benar-benar masuk ke pesawat. Apalagi kalau barang bawaan kita banyak, biasanya proses pemeriksaan juga akan memakan waktu sedikit lebih lama.

4. Check in dan memilih tempat duduk
Check in secara online ini juga bisa terbilang mudah, karena kita hanya mengantri di counter sesuai maskapai yang kita gunakan, kemudian menunjukkan kode booking pesawat. Setelah selesai kita akan mendapat boarding pass berisi nomor gate, nomor pesawat, dan nomor tempat duduk. Nah, untuk tempat duduk biasanya kita bisa memilih tempat duduk. Paling asik sih emang deket jendela, meskipun biasanya cuma keliatan awan putih aja. Tapi sensasinya lebih berasa.


Sumber gambar: https://www.instagram.com/djpu151/
Alternatif lain selain check in langsung di counter yang tersedia adalah check in secara online melalui situs ataupun aplikasi maskapai yang kita gunakan. Hal ini tentu lebih menghemat waktu lagi dan lebih mudah dilakukan.


5. Pastikan Kondisi Tubuh Dalam Keadaan Sehat
Duh, siapa sih yang mau sakit di hari lebaran? Makan nggak enak, mudik juga nggak enak. Nah, maka dari itu, meskipun hari raya sebentar lagi, tentunya kita harus tetap menjaga kesehatan. Mudik dengan jalur udara tentunya juga punya standar kesehatan, apalagi untuk ibu hamil dan orang yang punya gangguan pernapasan. Tapi, tetap saja, mudik itu harus dinikmati dengan tubuh yang sehat. SO, tetap jaga asupan makan dan kondisi tubuh, ya.

Nah, sobat aviasi, tips di atas sekiranya bisa membantu untuk mudik yang nyaman dan nyaman dengan jalur udara. Jika tips diatas dilakukan, selamanya mudik akan aman dan nyaman lho, Sobat Aviasi. Semoga mudiknya lancar dan bisa berkumpul dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Saya juga jadi nggak sabar mau mudik pake pesawat. Kapan, ya? Hehehe.

Comments

  1. Mudik lewat darat itu banyak ngabisin waktu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak betul, macet dan capek di jalan, hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)