[BOOK REVIEW] Love Puzzle by Eva Sri Rahayu



Judul: Love Puzzle
Pengarang: Eva Sri Rahayu
Penerbit: Noura Books
ISBN: 9786021606049
Tahun Terbit: 2013
Tebal Buku: 284 hlm

BLURB
Rasi memberi senyuman, tetapi cowok itu malah tidak mengacuhkannya.

“Raja?" sapa Rasi.

“Sori?” Kening cowok itu berkerut.

“Kamu Raja, kan?” tanya Rasi lagi.

“Hmm, enggak usah sok kenal, deh,” balas Raja dingin.

Rasi melengkungkan bibirnya, cowok keren memang sering kena amnesia! “Enggak usah nyebelin gitu, deh. Kamu kan yang nanya-nanya soal fotografi di atap BIM kemarin? Kalau aku salah orang, biasa aja, deh.”

Raja merespon perkataannya dengan wajah kaget. Namun sedetik kemudian, ekspresi Raja kembali sinis. “Denger ya, aku enggak kenal kamu!” geram Raja penuh penekanan.

***

Sejak ketemu cowok itu, Rasi merasa level hatinya naik turun seperti roller coaster: kadang berbunga, kadang kesal setengah mati. Sama seperti sikap Raja yang jago sulap: kadang baik, kadang nyebelin. Ada ya orang yang seperti itu? Rasi hanya belum tahu kalau di balik semua kejadian ada misteri tersimpan. Dan takdir menuntun Rasi masuk ke labirin yang entah ke mana berujung ….
---

Love Puzzle membawa teka-teki yang serupa puzzle pada tokoh utamanya, Rasi. Gadis yang menjadi fotografer di klub madingnya ini bukan seorang gadis yang penakut akan hantu, namun dalam hidupnya, ia dipertemukan oleh sesosok yang tak kasat mata dan tidak dipercayainya sebagai hantu.

Atap kosong Bandung Indah Mall menjadi tempat Rasi merenung dan mencari objek foto untuk madingnya. Di sanalah ia bertemu seseorang yang membawanya masuk pada teka-teki berantai; Raja. Tak hanya di atap BIM, di lapangan basket tempat sahabatnya bertanding pun Rasi kerap bertemu Raja, namun dengan kejanggalan: Raja di lapangan basket tak mengenal Rasi.

Ayara, gadis manis yang berwajah oriental.kejepang-jepangan mendaulat Rasi sebagai sahabatnya karena Rasi mau berbaik hati menolongnya pulang ketika tersasar sampai ke sekolah Rasi. Gadis itu ternyata orang yang sama yang Rasi lihat bersama Raja di sebuah ruangan di lapangan basket. Rasi masih menduga apakah Ayara adalah kekasih Raja atau bukan saat ia sudah mulai menyukai Raja.

Kejanggalan demi kejanggalan masih ditunjukkan oleh Raja yang ada di atap BIM dengan Raja yang ditemuinya di lapangan basket. Semua terkuak saat Rasi nekat bertanya alamat kost Raja pada satpam rumahnya.
---

Sebuah novel yang aku bilang sederhana namun mengalir begitu saja. Saat membaca nama Rasi, seketika aku ingat pada anak Mbak Eva selaku penulis novel ini. Setting tempat di Bandung pun aku yakin karena Mbak Eva sendiri tinggal di Bandung, sehingga paham akan detail kota Bandung ini.

Teka-teki dalam buku ini pun terkesan terburu-buru. Kukira penjelasan mengenai Raja akan ada di bab terakhir dengan semua detail puzzlenya, tapi ternyata beberapa sudah diungkap di bab-bab awal dan aku dengan mudahnya menebak ending cerita ini. Untuk bahasanya tentu saja bergaya anak muda yang easy dan tak terlalu berat.

Novel ini hanya aku habiskan dalam waktu 2 hari saja karena terus penasaran bagaimana penyelesaian konflik identitas dalam diri Raja. Novel yang ringan untuk dibaca dan menggunggah penasaran juga. Untuj covernya sendiri aku suka dengan pilihan warna dan gambar kameranya, menggambarkan sang tokoh utama.
--- 

QUOTES OF THE BOOK

Ketika seseorang meninggal, akan pergi ke manakah jiwanya? Apakah akan menjadi salah satu bintang yang kita lihat di langit? Ataukah tetap ada di sekitar kita? (p. 9)
"Enggak ada tukang sulap yang membuka kartunya, Rasi." - Raja di atap BIM. (p. 39)
"Alex, I don't wanna wait for another life to be yours." - Rasi. (p.273).

RATE: 3,5/5
---

Cileungsi, 4 Februari 2016. 13:27.

Comments

  1. Terima kasih ya apresiasinya, Afrianti :D

    ReplyDelete
  2. Baru tau nih bukunya mbak Evi, coba liat-liat di gramedia ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Eva, Kak. Mbak Evi tuh kembarannya hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)