[Book Review] Amour Vrai by Naomi Octa

April 14, 2018


Judul: Amour Vrai | Pengarang: Naomi Octa | Penerbit: Gagas Media | Tahun Terbit: Februari 2018 | Tebal Buku: 180 hlm | ISBN: 9789797809133

BLURB

Kebahagiaan adalah pilihan, tapi takdir cinta tak bisa ditebak.

Siapa yang tidak ingin kebahagiaan menghampiri dirinya? Hal itu juga yang diinginkan Erina. Dia ingin sebahagia saudari kembarnya, Erica, yang memiliki tunangan baik dan tampan.

Rasa iri dan cemburu membuat Erina kehilangan kendali. Segala hal dia lakukan demi memperjuangkan cintanya. Dia pun pantas mendapatkan apa yang didapat Erica.

*****

Ini kisah tentang dua bersaudara yang memperjuangkan kebahagiaan. Mendapatkan cinta dari seorang laki-laki. Serta, merebut perhatian dari kedua orangtua. Kepada siapakah kebahagiaan itu akan berlabuh?
---

Amour Vrai merupakan salah satu novel yang diterbitkan dari Wattpad. Novel ini juga menjadi novel wattpad pertama yang saya baca dalam bentuk buku. Meski punya akun wattpad, saya bukan pengguna yang aktif, baik dalam membaca karya disana maupun menulis karya. Jadi rasanya senang sekali bisa membaca novel ini. Daaan, salam kenal juga pada Naomi Octa, penulis novel ini.

Well, Amour Vrai punya segi cerita yang ringan banget buat dibaca sekali duduk. Mungkin karena tadinya berupa cerbung (di wattpad) jadi penulis harus berpikir mengakhiri bab dengan sebuah hal yang bikin penasaran pembaca. Hal inilah yang saya dapatkan, jadi terus merasa penasaran sampai bukunya habis. Tapi di beberapa bab, tentunya saya sudah bisa menebak akan dibawa kemana cerita tersebut.

Bercerita tentang saudara kembar, Erica (Rica) dan Erina (Erin) malah bikin saya salah fokus pengen punya anak kembar. Hahaha. Ada kalanya anak kembar nggak selalu akur, sama seperti saudara kandung lainnya. Tapi dalam kasus Erin dan Rica ini sungguh janggal. Ibu mereka ternyata terlalu menyayangi Erin dan membiarkan Rica tersakiti. Awalnya saya pikir Rica bukan anak kandungnya (kebanyakan nonton sinetron), kemudian pikiran saya beruah ketika Erin menunjukkan kejanggalan lain. Apa Erin itu psikopat ya?

Meski Erin selalu berusaha merebut kebahagiaan Rica, tapi Agel (kekasih Rica) tetap memilihnya. Hingga akhirnya mereka menikah dan Erin sempat menghilang begitu saja.

"Kalian saling cinta, dan cinta tahu kemana dia akan pulang. Kita tunggu saja, kau akan mendapatkan kebahagiaan yang berlimpah." (Hal 120).

Hilangnya Erin membuat semua orang heran. Kenyataannya, Erin tinggal di rumah seseorang bernama Thomas yang misterius. Thomas selalu mengatakan kalau ada adiknya di dalam tubuh Erin. Disinilah alur berubah genre menjadi sebuah genre fantasi, tetapi terkesan hanya tempelan semata karena tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai Thomas dan keluarganya.

Saya pikir kalau genre dibelokkan ke psikologi masih lebih dapat feel-nya ketimbang jadi fantasi (magic/sihir-sihiran) tetapi hanya sedikit sekali. Lalu apalagi ya? Ceritanya mudah ditebak seperti yang sering saya tonton di televisi. Hehehe.

Ada banyak tokoh juga yang terasa dipaksakan, sehingga terkesan sangat kabur dan tidak make sense. Terutama tokoh Greya yang hanya datang sesekali, padahal karakternya bisa lebih diperdalam lagi. Belum lagi konflik Farel (kakak Erin dan Rica) yang sangat terburu-buru dan kurang masuk akal.

But, over all, buku ini cukup membuat saya tertarik dengan covernya yang manis dan saya acungi jempol untuk sebuah debut novel dari Naomi Octa. Keren!

RATE: 3/5

You Might Also Like

0 comments