Bicara Soal Kelebihan Berat Badan

Overweight? Ah susah ya jadi cewek. Berat badan naik sedikit udah uring-uringan. Maunya selangsing barbie. Maunya selangsing model iklan pelangsing di tv. Ah, korban iklan memang. Umumnya sih gejala overweight atau kelebihan berat badan ini selalu menjadi mimpi buruk buat kaum hawa. Gimana enggak, yang namanya perempuan kan pasti ingin selalu tampil cantik dan sempurna di mata semua orang.

Tapi nih, overweight sebenarnya nggak cuma menyerang perempuan loh, Gaes. Laki-laki juga bisa kelebihan berat badan, terlebih kalau kamu makannya nggak lihat kanan-kiri alias semuanya kamu makan. Hehehe. So, nggak mau dong berat badan kamu makin berat? Kasihan juga timbangan kamu nahan berat badan kamu :') Nah, aku punya beberapa tips buat kamu yang nggak mau kelebihan berat badan. Check this!

1. Bentuklah pola makan yang teratur
Hello, ladies and gentleman. Ini bukan diet lho, ya. Kamu cuma perlu membentuk pola makan yang teratur. Selain bagus buat kesehatan, pola makan ini juga mencegah kamu terkena penyakit maag. Biasanya nih kalau orang mau kurus kan pasti kepikiran buat diet. Sedangkan diet itu kayaknya susah banget dilakukan, cara paling aman ya atur pola makan kamu, tetapi perhatikan juga jumlah kalori yang masuk ke tubuh kamu. Jangan sampai kelebihan juga, yang ada badan kamu makin melar kayak karet.

Secret tips: kalau kamu seorang pekerja keras dan sering ketinggalan waktu makan siang, silakan siasati dengan berpuasa. Selain menyehatkan, Insya Allah kamu bakalan menambah pahala, lho.

2. Rajin minum air putih
Sudah tahu doang kalau hampir seluruh bagian tubuh manusia ini terdiri dari air? Nah, berarti kalau kekurangan air kita bisa dehidrasi dan lemes. Ah, nggak mau dong aktivitas terganggu cuma karena kekurangan minum. Makanya banyak minum. Aku sendiri sekarang sudah menyadari kalau minum air putih itu perlu. Nggak usahlah repot cari merek terkenal, yang penting air putih. Air gunung juga boleh kalau kamu lagi di gunung. Ya namanya juga di gunung pasti minumnya air gunung, soalnya di gunung jarang ada toko. Hahaha. Nah kalau kamu di gunung, kamu bisa banget bawa perlengkapan dari Eiger yang bakalan menambah kekecean kamu. Dengan begitu kamu nggak perlu repot megang botol minummu. Simpel kan?

Secret tips: kurangi minuman manis yang menngandung gula. Terlalu banyak glukosa ternyata bisa bikin gemuk lho. Aku sih sudah membuktikannya sendiri. Mengurangi minuman dan makanan manis juga baik untuk kesehatan. Itung-itung mencegah diabetes juga. So, tetep minum air putih ya gaes.

3. Pola tidur yang teratur
Nah, selain makan dan minum, aku juga punya tips buat pola tidur. Pada tahu nggak sih kalau kebanyakan tidur juga bisa bikin kelebihan berat badan? Kalau nggak tahu, ini sudah aku kasih tahu ya. Jadi, tidur itu secukupnya aja, Gaes. Jangan terlalu sebentar tapi jangan juga kelamaan. Apalagi kalau sehabis makan langsung tidur, wah gawat. Kasian organ percernaanmu nggak bisa mencerna makananmu. Ujung-ujungnya makanan yang kamu makan itu malah mengendap jadi lemak. Huhu nggak mau dong?

Secret tips: selain mengatur pola tidur untuk kesehatan, jam tidur yang baik bisa membantu kamu memiliki manajemen hari yang bagus lho.

4. OLAHRAGA!
Satu hal ini yang biasanya terlewat kalau seseorang mau menurunkan berat badan. Padahal olahraga adalah hal wajib yang harus dilakukan. Olahraga yang mau kamu lakukan juga nggak perly mahal-mahal. Cukup lari keliling komplek seriap paginya dan lakukan 3 hal diatas dengan benar, dijamin berat badanmu bisa tetap ideal. Lari keliling komplek hal paling mudah dilakukan, tapi kamu tetep harus punya dong alat perang yang bakal kamu gunakan waktu lari. Nah, beberapa alat perang dari Eiger di Zalora bisa jadi teman lari yang menyenangkan buat kamu.

Secret tips: nggak perlu lama-lama, yang penting rutin dan konsisten.

Nah itu tadi beberapa tips supaya kamu nggak kelebihan berat badan biar badanmu tetap ideal. Kalau yang sudah overweight juga bisa lho pake tips ini untuk mengembalikan berat badan ke semula. Semua hanya didasarkan pada niat dan usaha. Sip! Semoga berhasil.

Cileungsi, 30 Januari 2016. 22:13.

Comments

  1. Huhu, disaat orang-orang mengeluhkan kelebihan berat badan, aku justru kekurangan berat badan hahaha. Ada saran, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarannya..... Makan aja yang banyak Kak. Apakah kakak keturunan keluarga yang susah gemuk? Soalnya temenku juga ada yang begitu wkwk

      Delete
  2. Asli, gue dari dulu justru ingin naek berat badan, 60kg doang dari akhir 2012, udah usaha ini itu padahal, hvt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masnya udah coba minum susu penambah berat badan? Atau makan daging-dagingan? Hehehe

      Delete
  3. aku sering banget pengen diet tapi gagal mulu :(
    gara-gara ga tahan liat makanan enak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih makanan enak mah tetep dimakan kak. Tapi diimbangi. Soalnya aku jarang makan. Lebih sering ngemil dan jajan wkwk

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)