Pengumuman Giveaway Buku "Drama Mama Papa Muda"

March 27, 2018


Hello, gaes. Sebelumnya terima kasih sudah mengikuti blogtour dan giveaway buku Drama Mama Papa Muda. Aku sungguh senang banget bisa membaca sharing kakak-kakak semua tentang apakah anak perlu mendapat pendidikan atau engga. Bahkan sampai harapan kakak-kakak tentang pendidikan apa yang akan kalian berikan kepada anak kelak.

Deg-degan nggak nih nunggu pengumuman?

Sebentar yaaa, aku juga mau berbagi pendapat tentang pertanyaan yang sudah aku kasih ke kalian. Hehehe.

Salah satu tulisan dalam buku ini berjudul "Jiwo Nggak Usah Sekolah". Apakah kamu setuju? Jika iya, kenapa? Jika tidak, pendidikan seperti apa yang akan kalian berikan kepada anak? Apakah pendidikan konvensional seperti yang sudah ada, atau pendidikan semacam sekolah alam, atau bagaimana?

Jawabanku....

Dulu aku pernah bermimpi untuk menyekolahkan anakku di seklah formal, kemudian memasukkan anak-anak ke segala kursus agar mereka jadi orang yang multitalent. Alasannya sederhana, aku ingin anakku bisa di segala bidang, terlepas dia suka atau enggak. Karenaaa... bakat itu diasah, bukan datang dari sananya.

Kemudian, setelah membaca buku To Kill a Mockingbird, Totto-Chan, Happy Little Soul, pikiranku tercerahkan. Ada banyak cara mendidik anak agar ia menjadi anak yang cerdas. Di buku To Kill a Mockingbird, cara asuh Atticus sungguh membuatku terkesan, ia mampu memberikan penjelasan secara sederhana yang bisa dipahami oleh Scout, sehingga setiap keingintahuan Scout bisa terjawab tanpa harus memendam penasaran. Serupa dengan buku Happy Little Soul, Ibuk Retno juga mengajarkan Kirana dengan cara-cara sederhana yang mudah dipahami anak.

Berbeda tapi sejalan, buku Totto-Chan punya cara sendiri dalam memberikan pendidikan. Ini buku terbaik yang pernah saya baca. Pendidikan sekolah formal, namun mengarahkan murid-muridnya untuk mempelajari hal-hal yang mereka sukai saja, bukan semua pelajaran. Karena apa yang dikerjakan dengan senang hati, maka kita akan ikhlas mengerjakannya; tanpa beban.

Daaan, saat ini aku ingin sekali memberikan pendidikan ke anakku untuk sekolah alam atau sekolah yang tidak mengharuskan anak-anak mempelajari semuanya/ Sebab, dengan mempelajari semuanya, anak-anak tidak akan fokus. Meski punya semua ilmu, tapi ia akan cuma punya ilmu basic. Bukan seorang yang ahli. Tapiiii, aku juga nggak menutup kemungkinan untuk menyekolahkan anakku di sekolah formal kok. Hehehe.

Meski ada ketakutan akan sekolah formal hari ini. Iya, sekolah formal hari ini terlihat "ganas". Mulai dari pelecehan, bullying, kekerasan antarmurid, dan lainnya. Kan sedih :(
---

Sekian pendapat singkat aku, jadi mari kita menuju pengumuman giveaway!!!

Jadi, setelah aku baca-baca semua komen yang masuk, satu orang beruntung mendapatkan 1 eks buku Drama Mama Papa Muda adalah....

Akarui Cha (Acha) - @akarui_cha

Selamat untuk Kak Acha dan yang belum beruntung bisa juga ikutan giveaway terakhirnya di mshabibi.blogspot.co.id yaaaa :)

See you!

You Might Also Like

0 comments