Tuesday, March 28, 2017

Tentang Membangun Reputasi Online

Sumber: google.com (dengan editan)
Reputasi? Re-pu-ta-si. Sebuah perbuatan yang dilakukan seseorang atau lembaga untuk bisa mendapatkan nama baik, tetapi bila tidak dilakukan dengan baik maka akan jadi buruk.

Ya, begitulah pemahaman saya soal reputasi. Seseorang tentu ingin sekali dianggap punya reputasi baik di mata orang lain. Untuk mencapainya tentu ia melakukan sesuatu yang baik. Reputasi tentunya menjadi sangat penting bagi setiap orang karena adanya kehidupan sosial. Pun bagi bloger yang hidup di dua dunia, yaitu dunia maya dan dunia nyata.


Nah, reputasi bagi seorang bloger tentunya berlaku di dunia online yang kita geluti. Sebab, blog yang kita asuh selama ini adalah wajah kita di dunia maya. Apa yang dilihat orang dari luar pastinya wajah kita dulu, kan? Nah, makanya kalau mau mendapat reputasi baik, kita harus pintar-pintar menjaga 'wajah' kita. Caranya gimana? Nah, saya ada beberapa tips untuk membangun reputasi online nih, nggak jauh berda sama mem-branding blog, sih.

1. Updates your blog
Sebagai seorang bloger, kita tentunya harus update blog kita. Minimal orang lain tau kalau kita 'hidup' di jagad online. Isi postingan bisa disesuaikan sama niche dan keahlian kita. Mau ppsting tutorial make up, otomotif, review film atau buku, atau sekadar curhat pun tak masalah. Yang penting eksis dulu. Setidaknya, update blog bisa jadi langkah pertama untuk membangun reputasi online.

2. Rajin blogwalking
Siapa bilang di dunia maya nggak bisa bersosialisasi? Nah, kalau sebagai bloger kayaknya emang harus banyak blogwalking. Selain bertujuan supaya blog kita dikunjungi balik, kita juga sekaligus menjalin relasi dengan sesama bloger. Blogwalking bisa bikin reputasimu baik lho dimata bloger lain, tapi ingat, blogwalkingnya harus tulus. Mirip-mirip lah sama menyapa tetangga rumah.

3.  Keep Humble and stay positif
Karena membangun reputasi online itu sesungguhnya berasal dari hati si pemilik, maka apa yang kita lakukan memang harus jujur dari dalam hati. Pencitraan itu boleh, asal tidak berlebihan. Be ppsitive untuk setiap yabg kita lakukan di media sosial.

Mungkin cara-cara di atas sudah sering kita lakukan. Nah, apa sih untung dan ruginya membangun reputasi online? Bagi saya sendiri reputasi online ini membantu saya untuk mengenal orang-orang di dunia maya, terutama para bloger yang saya kenal melalui tulisannya. Dunia maya ini sesungguhnya ajang persaingan lho. Sekalinya reputasi menurun, mereka yang nggak bisa survive akan langsung tenggelam. Well, baik-baiklah ketika berm dia sosial. Perhatikan segala kode etiknya, supaya kita bisa menjaga diri dan 'lahan bersosialisasi'.

Nah itu tadi sedikit cara untuk tetap membangun reputasi online sebagai bloger ataupun pengguna media sosial. Semoga bermanfaat.

Purwokerto, sedang kelaparan.
28 Maret 2017.

4 comments:

  1. Let's humble and stay positif karena dunia online pun senyata dunia offline yg kita jalani setiap hari, hny beda sarana utk berinteraksi saja.

    ReplyDelete
  2. blog dikasih makan terus biar sehat :D jangan perut aja nanti gendut

    ReplyDelete