Lagu-Lagu yang Diputar Tanpa Bosan

May 25, 2020


Setelah menenggak obat sakit kepala kemarin malam, saya jatuh tertidur sekitar pukul 10. Kemudian terbangun pukul 2.30 dengan kondisi tubuh berkeringat karena sedikit mimpi aneh. Saya tidak ingat apa tepatnya mimpi itu, tetapi akhirnya saya tidak lagi melanjutkan tidur sampai pagi. Drama Korea yang belum selesai saya tonton menjadi pengalih mujarab sampai paginya saya merasa ingin sekali mendengar lagu Leave Out All The Rest milik Linkin Park.

Lagu itu saya putar kurang lebih 7 kali. Sampai saya merasa cukup untuk menghentikannya dan melanjutkan aktivitas lain.

Tidak pernah ada alasan khusus untuk saya bisa mendengar lagu-lagu. Ketika sebuah lagu sampai di telinga dan musiknya cocok untuk saya, maka saya akan dengan senang hati mendengarkan.

Biasanya saya selalu mendengarkan lagu-lagu ketika dalam perjalanan menuju kantor. Saya jarang tertidur di dalam bus, jadi mendengarkan lagu adalah pilihan terbaik untuk saya. Mendengar podcast dalam perjalanan selalu membuat pikiran saya terpecah: mendengarkan podcast atau mendengarkan deru mesin bus yang keras. Tapi, sejak work from home, saya mendengarkan lagu ketika waktu-waktu senggang atau seringnya ketika sedang menyetrika baju.

Referensi musik saya mungkin tidak banyak dan beberapa dipengaruhi oleh orang-orang tertentu. Saya tidak tahu selera musik saya seperti apa, yang penting cocok di telinga. Saya mendengarkan berbagai genre dan penyanyi/band selama ini. Jadi, kali ini saya ingin membagikan lagu-lagu yang sering saya putar sampai bosan.

1. Bedroom Warfare - One Ok Rock


Saya selalu ingin loncat-loncat kalau dengar lagu keras milik band yang satu ini. Harusnya akhir bulan ini mereka konser di Jakarta, tapi karena pandemi, apa boleh buat, konser ditunda.

Lagu Bedroom Warfare jadi salah satu yang saya putar puluhan kali sejak pertama kali dengar. Musik dengan beat keras ini bikin saya bersemangat, tetapi pas dengar liriknya...

Keep your enemies close
Your enemies close

Apakah lagu ini mengajarkan untuk balas dendam dengan halus? Sampai kemudian saya sampai di bagian reff...

Bedroom warfare in the middle of the night
Out of nowhere you come back into my life

Apa nih? Pertarungan ranjang? Sama musuh? Sama mantan yang kemudian jadi musuh? Hah? Yang bener aja?!

Tapi karena lagunya enak, jadi saya betah aja mendengarkannya.

2. Lathi - Weird Genius


Ini samanya. Waktu lagu ini booming dan jadi trending di Twitter, saya tidak langsung melihat dan mendengar lagunya. Saya pikir Lathi ini judul film India. Hahaha. Tapi setelah menonton music videonya... saya terkesan dengan konsep musiknya. Perpaduan musik Jawa dan EDM yang bikin saya rasanya mau joget ngedugem gitu, tapi dengan sentuhan tradisional. Gimana coba?

Secara lirik lagu, ini menceritakan tentang toxic relationship. Iya nggak sih? Kalau dilihat dari music videonya sih begitu. Tapi saya bisa betah dengerin lagu ini berulang kali karena memang musiknya cocok di telinga saya.

3. Rumit - Langit Sore


Lagu ini tuh semakin dilupakan semakin nempeeel! Gara-gara nonton film Mariposa, saya jadi keranjingan lagu ini. Musiknya yang soft dengan lirik sederhana dan bikin sakit karena cinta bertepuk sebelah tangan, bikin lagu ini jadi lagu favorit saya. Tipe-tipe lagu yang bikin menyerah kalau lagi suka sama orang tapi dianya nggak suka. Rumit!

Sejujurnya, nama band ini saya baru dengar dan belum mencoba dengar lagu mereka yang lain. Jadi, saya masih cinta lagu yang satu ini tanpa mau pindah ke lagu-lagu lain mereka.

4. Ode to Sleep - Twenty One Pilots


Lagu ini selalu saya dengarkan ketika susah tidur ataupun sedih. Semakin saya sedih, semakin keras lagu-lagu yang saya dengarkan. Ode to Sleep jadi salah satu favorit saya dari album Twenty One Pilots. Musiknya yang keras tapi kemudian berubah di bagian reff lalu lanjut jadi dengan rap-nya bikin saya jungkir balik tanpa bosan.

Bikin pengen loncat-loncat sih sudah pasti. Sambil headbang apalagi. Lagu yang satu ini memang bercerita tentang satu sosok yang menganggu tidur. Ada dalam lirik ini...

I swear I heard demons yelling
Those crazy words they were spelling
They told me I was gone

Ketakutan-ketakutan yang menghantui diri kalau sampai jatuh tertidur, makanya lagu ini jadi syarat kalau saya sedang insomnia atau memang butuh diperdengarkan musik yang keras.

5. Taking Off - One Ok Rock


Balik lagi ke One Ok Rock. Lagu yang satu ini langsung jadi favorit entah versi original atau versi studio jam di Youtubenya. Rasanya musik di lagu ini nggak bisa diabaikan begitu saja. Belum lagi liriknya yang membuat saya, "Ok, ini relate."

Ya, emang saya suka mencari lirik yang relate agar bisa lebih memaknai sebuah lagu.

Don't lie, you know verything you do is killing me
I know I know
We're taking off together
Even though we always crash and burn
Tonight you and I will fall from the sky
Drag me all the way to hell

Yuk ke neraka sama-sama, yuk!

6. Leave Out All The Rest - Linkin Park


Pada akhirnya saya mendengarkan lagu-lagu dari Linkin Park setelah diperkenalkan secara tidak langsung oleh seseorang. Khazanah permusikan saya jadi bertambah dan ternyata saya suka lagu-lagunya. Memang awalnya saya suka lagu dengan beat keras, tapi jarang eksplorasi, hanya butuh rekomendasi dan voila... kalau cocok saya akan simpan lagu-lagu itu di daftar favorit.

Leave Out All The Rest jadi salah satu lagu Linkin Park favorit yang musiknya tidak terlalu kencang. Justru bikin nyelekit karena suaranya Chester bikin nyes di hati. Waktu dengar pertama kali, saya langsung kayak nemu jodoh. Pas banget di telinga. Sampai hari ini masih betah muter lagu itu berkali-kali tanpa jeda.

7. I Love You But I'm Letting Go - Pamungkas


Salah satu lagu hits Pamungkas yang bercerita soal melepaskan. Saya suka lagu ini karena lagi-lagi liriknya yang tepat sasaran untuk orang yang lagi berusaha melepaskan walaupun cinta setengah mati. Karena kalau dilanjutkan nggak akan bikin nyaman alias toxic alias menyakiti doang.

Lagu ballad ini musiknya kayak perpaduan marah dan sedih, tapi berusaha ikhlas. 

And baby one day
When you finally found what you want
And you're ready to open your heart to anyone
Don't push people away again
Easier, I know, but it's also very lonely

Semacam sebuah penegasan, marah tapi masih cinta, tapi nggak bisa bersama. Ya gimana~

Karena tulisan ini sudah agak panjang, maka saya sudahi daftar lagu yang saya putar sampai bosan di angka 7. Sebetulnya masih banyak lagu lain, tapi enggak perlu disebut semua. Tadi saya sudah posting di Twitter dari daftar On Repeat saya di Spotify.

Kalau kamu lagu apa yang sering kamu putar tanpa bosan?

You Might Also Like

2 comments

  1. Suara Chester emang bikin nyes, tapi saya tim Linkin Park awal2, meski ngikutin semuanya juga.

    Kalau saya justru sengaja dengerin musik di bus damri biar bisa tidur tapi tetep tenang, maksudnya sengaja pasang headset biar ga kecopetan (biar kerasa kalau ada yg ngambil).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru dengerin lagu-lagu Linkin Park baru-baru ini.

      Nah itu juga sih, buat menghindari kecopetan juga salah satu manfaat dengerin lagu di bus hehe.

      Delete