Chevrolet Orlando Tidak Mau Kalah Untuk Pertarungan Sengit Di Kelas MPV


Sumber: manual.co

Pertarungan sengit dikelas MPV rupanya mengundang PT. General Motors Indonesia turut ambil andil memboyong MPV 7-seaterya, Chevrolet Orlando yang dilansir pada 2012 kemarin.


Sentuhan modern yang tertanam pada sosok Orlando memang memberikan nuansa yang berbeda dari para rival lainnya, bisa dibilang tampilannya sangat mencerminkan sosok khas dari kendaraan MPV Negeri Paman Sam. Namun begitu, Orlando pun harus bersiap mendapatkan pertarungan keras melawan para rival yang telah lebih dulu hadir di Indonesia.

Lalu apa saja kelebihan Orlando ? Simak bedahan lengkapnya dibawah ini.

Desain
Ciri khas sebuah MPV Amerika sangat kental pada Orlando. Tubuh kompak dengan desain kotak yang berkarakter menjadi andalan Chevrolet untuk Orlando bertarung di pasar otomotif Indonesia. Stylish dan gagah itu kesan utama yang kami dapat ketika melihat tampang dari Orlando berkelir putih ini. Gril besar berduet dengan lambang Chverolet juga bumper depan beserta kedua lampu yang memiliki desain kotak menjadi pembuka awal dari tampilan si MPV Amerika ini.

Lain didepan beda pula dibagian sampingnya, bila diperhatikan Orlando sedikit landai dibagian belakang, hal ini salah satu yang mencirikan paduan antara SUV dan MPV yang didesain dengan 5 pintu mengikuti kebutuhan dasar sebuah monocab kompak yang menawarkan versatility. Guratan tebal yang mengisi dari depan hingga belakang bodynya makin menambah kesan gagah dari Orlando.


Performance
Setelah masuk kedalam kabin dan mesin Ecotec 1.8L DOHC DCVCP yang diboyong Orlando dinyalakan, suara pun mulai terdengar halus. Berlahan kami pun mulai berjalan untuk merasakan luapan tenaga yang diklaim hingga 141 dk di 6.200 rpm dengan torsi puncak 176 Nm pada 3.800 rpm. Akselerasi yang keluar di putaran bawah ternyata tak begitu responsif, namun berbeda saat kami mulai merambah masuk kedalam ruas Tol dalam kota.

Perputaran mesin berubah drastis ketika kami menginjak habis pedal gas, bahkan bila anda kurang puas silakan mainkan transmisi 6-percepatannya secara manual dengan mengeser tuas transmisi kesamping. Tapi lagi-lagi kendala mobil MPV dengan ukurannya yang sedikit besar ternyata membuat putaran atasnya terasa berat, tapi ini cukup wajar mengingat Orlando didesain sebagai mobil keluarga bukan sebagai mobil pemacu adrenalin.


Comfort
Bicara soal kenyamanan 80% mengarah pada sektor interiornya. Sebagai sebuah MPV 7-seater, Orlando memiliki desain interior yang bisa dibilang cukup baik, sisi legroom baik di baris ke-2 dan ke-3 ternyata cukup lapang. Untuk seukuran remaja atau anak kecil duduk di baris ke-3 masih terbilang nyaman, namun bagi penumpang dewasa dengan tinggi rata-rata 170cm rasanya akan sedikit membuat pegal.


Fitur
Dari sisi ini Orlando memang tak banyak membawa fitur mewah seperti sisi entertainment maupun teknologi, namun begitu Orlando tetap menyuguhkan beberapa fitur standar penunjang kenyamanan saat berkendara. Yang paling kental adalah fitur keselamatan. Mulai dari perangkat pengereman ABS dan EBD, duah buah airbag depan dan samping, side impact protection beam,  electronic stability program dan juga traction control. AC dual climate control juga menjadi salah satu fitur andalan dalam memberikan sisi kenyamanan bagi penumpangnya selain dari segi audio serta layar MID yang berguna sebagai sarana informasi.


Harga
Harga Chevrolet Orlando dibandrol dengan harga Rp 330 juta, Chevrolet pun memberikan opsi pilihan 8 warna, yakni Olympic White, Switchblade Silver, Carbon Flash, Velvet Red Metallic, Gunsmoke Grey Metallic, Mineral Oil Blue Metallic, Day Dream Beige Metallic, Pewter Grey Metallic. Secara desain Orlando datang dengan model yang fresh, berbeda dengan para kompetitornya. Namun cukup disayangkan Chevrolet tak langsung membekalinya dengan banyak fitur seperti yang dimiliki kompetitor lainnya.

Post a Comment

0 Comments