Membersihkan Karang Gigi Gratis

Aloha! Apaan nih tiba-tiba bahas karang gigi? Coba bercermin, apakah gigimu berkarang? Atau malah berlubang? Kalau iya, silakan ke dokter gigi sekarang juga.

Jangan lupa sikat gigi sesudah makan pagi dan sebelum tidur.

Inget dong kalimat itu? Sering banget muncul di iklan pasta gigi. Kalimat itu juga nggak cuma di iklan doang, gaes. Tetapi ada juga di rumah sakit, terutama poli gigi. Lengkap dengan gambar penampang gigi yang sehat maupun yang tidak sehat.

Fyi, aku mau cerita soal pembersihan karang gigi. Masa sih gigi bisa berkarang? Karangnya kayak apa? Kayak batu karang di laut kah? Atau kayak gimana sih?

Yup, yang namanya karang ya pasti mirip-mirip ya kayak karang di laut. Tapi nih bukan berarti batu karang itu menempel di gigi kita. Karang gigi ini sih kotoran pada mulut yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama. Penyebabnya apalagi kalau bukan dari makanan, minuman, dan jarang sikat gigi. Nah lho, kamu rajin nggak sikat giginya? Hahaha.

Nah, ceritanya dua minggu lalu itu aku diajak teman kost ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed. Di sana memang ada pemeriksaan dan perawatan gigi gratis oleh dokter Co-Ass. Ya, namanya juga masih Co-Ass, masih belajar juga dong ya buat jadi dokter yang beneran. Jadi mereka memang sengaja mencari pasien dari kalangan mahasiswa. Bagunya, segala perawatan dan pemeriksaan itu tidak dikenakan biaya.

Kursi pasien.

Aku pun sempat menjalani pemeriksaan awal. Hasilnya, gigiku banyak yang berlubang. Hiks. Ketahuan deh sering makan makanan manis dan suka lupa sikat gigi kalau mau tidur. Ya, begitulah keteledoranku, tapi sekarang sudah rajin kok. Hahaha. Dan sudah mengurangi makanan manis demi kesehatan diri sendiri.

Perawatan lanjutan itu ternyata aku harus di scaling, yaitu dibersihkan karang giginya. Nah, mbak-mbak dokter yang memeriksa gigiku ini bilang kalau karang gigiku nggak terlalu banyak. Aku seketika sadar kalau aku terakhir kali ke dokter gigi itu waktu kelas 2 SD dan itu cuma untuk cabut gigi. Pantesan!

Seminggu kemudian aku melakukan pembersihan karang gigi. Hasilnya, gigiku jadi putih cemerlang kembali. Sudah bisa jadi model iklan pasta gigi nih! Hahaha. So, buat teman-teman jangan lupa sikat gigi sesudah makan, ya! Pokoknya yang rajin deh sikat giginya supaya gigi tetap sehat dan putih cemerlang. Kalau ada keluhan soal gigi, jangan lupa ke dokter gigi. Minimal setiap 6 bulan sekali ya, gaes!

Itu dia sedikit cerita soal scaling yang aku lakukan. Diperiksa dokter co-ass nggak semenakutkan itu kok. Bukan malapraktek juga. Intinya sih seneng aja. Gigiku dibersihkan dengan gratis. Siapa coba yang nggak mau perawatan gigi gratis? Hahaha. Ya, tapi tetep bayar pendaftaran 10.000 sih. Tapi tetep terhitung murah buat kantong mahasiswa. :D

Purwokerto, 9 Desember 2015. 17:19.
Lagi dengerin rekaman wawancara, tapi hujan, jadinya nyaru sama hujan suaranya.

Post a Comment

0 Comments