Seperti Inilah Cara Alami Yang Efektif Untuk Mengobati Sariawan

August 08, 2019

clinicadentalmadridrio.com

Sariawan merupakan sebuah kondisi masalah, yang memiliki bentuk berupa gelembung bewarna putih kekuning-kuningan. Apabila tersentuh sesuatu, maka kita pun akan merasakan sakit atau perih. Itu sebabnya, mengapa kondisi sariawan ini kerap mengganggu aktifitas maka bagi para penderitanya.


Berdasarkan dari hasil penelitian, masalah sariawan itu sendiri akibatkan karena adanya infeksi jamur candida albicans. Tak hanya itu, masalah sariawan juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti alergi pada makanan tertentu, stres, siklus menstruasi, ketidakseimbangan hormon, kekurangan vitamin C, jarang merawat kebersihan mulut, dan lain sebagainya. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa masalah sariawan ini kerap menyerang di area sekitar mulut. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara mengobati sariawan secara alami. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini: 

1. Atasi Dengan Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap dijadikan bahan bumbu masakan, sehingga keberadaannya sering kita jumpai di ruangan dapur. Ya, bawang putih ini memiliki aroma khas, sehingga dapat mempertajam aroma pada sebuah masakan. Selain dapat digunakan untuk bahan bumbu masakan, ternyata bawang putih juga dapat dijadikan obat alami untuk mengobati sariawan lho. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan senyawa asilin yang berfungsi untuk menghambat perkembangan jamur dan bakteri dalam tubuh. Mengenai caranya, siapkan beberapa butir bawang putih, kupas kulitnya, tumbuk sampai hancur, kemudian oleskan tepat pada bibir yang terkena sariawannya. Diamkan sekitar 5 menitan, kemudian bilas lagi area mulutmu dengan air hangat sampai bersih. 

2. Menggunakan Minyak Kelapa
Masih seputar dari benda-benda yang berkaitan dengan masakan, dimana minyak kelapa ini juga kerap digunakan oleh masyarakat terdahulu untuk mengobati masalah sariawan di mulutnya. Berdasarkan dari hasil penelitian, minyak kelapa mempunyai kandungan asam laurat yang efektif untuk membasmi kuman dan jamur penyebab sariawan. Sediakan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan, oleskan ke bagian mulut yang ada sariawannya, tunggu beberapa saat, kemudian basuh lagi area mulutmu dengan air hangat hingga bersih. 

3. Menggunakan Air Rebusan Kayu Manis
Kayu manis memiliki sifat antiparasit dan antijamur yang dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah sariawan. Mengenai caranya, sediakan kayu manis secukupnya, masukkan kedalam panci, kemudian rebus dengan air sebanyak 1,5 liter. Setelah itu tiriskan kedalam gelas, dan tunggu hingga air rebusannya dingin. Jika air rebusannya sudah dingin, silahkan berkumurlah dengan air kayu manis tersebut. 

4. Menggunakan Yogurt Tawar
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa yogurt merupakan salah satu kuliner yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Ya, terang saja demikian, sebab yogurt ini terbuat dari fermentasi susu yang mempunyai kandungan probiotik alami, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab munculnya sariawan. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, dimana kamu hanya perlu mengoleskan yogurt tersebut tepat kebagian mulut yang ada sariawannya, diamkan sekitar 2 – 3 menit, kemudian bilas lagi dengan air sampai bersih. 

5. Menggunakan Ampas Kantong Teh
Tak banyak orang yang tahu, bahwa ampas kantong teh dapat digunakan untuk mengobati masalah sariawan. Cara penggunaannya sangat mudah, dimana kamu hanya perlu menempelkan ampas kantong tehnya di bagian sariawan, diamkan selama 3 menit, kemudian bilas kembali area mulutmu dengan air sampai bersih.

Bagaimana, tertarikkah kamu untuk mencobanya? Seperti itulah cara alami yang paling efektif untuk mengobati sariawan. 

You Might Also Like

1 comments