Perbandingan Syarat Pinjaman Uang di Bank dengan Fintech

August 06, 2019


Saat ini cukup banyak lembaga keuangan yang memberikan pinjaman uang dengan mudah. Masyarakat tidak hanya bisa mengajukan pinjaman ke bank tetapi juga ke lembaga non bank seperti fintech dengan syarat yang mudah.

Ada beberapa perbedaan antara syarat pengajuan pinjaman ke bank dan fintech. Masyarakat menilai bahwa syarat yang diajukan ke bank cukup berat. Namun demikian, bunga bank dianggap lebih rendah dibandingkan dengan fintech. 

Di sisi lain, meskipun fintech memberikan bunga yang lebih tinggi dari lembaga konvensional tetapi prosesnya lebih mudah dengan persyaratan yang ringan. Inilah perbandingan persyaratan pinjaman uang di bank dengan fintech yang perlu kamu ketahui.


Syarat Pinjaman Uang di Bank
1. Melampirkan KTP.
2. Melampirkan Kartu Keluarga / Akta Nikah.
3. Melampirkan Slip Gaji.
4. Melampirkan Buku Tabungan.
5. Pengecekan kredit macet (BI Checking)

Syarat Pinjaman Uang di Fintech
1. Melampirkan KTP.
2. Punya penghasilan dengan batas tertentu.
3.  Berdomisili di wilayah tertentu.

Melihat perbandingan persyaratan tersebut tentu saja ada perbedaan yang sangat jauh antara bank dengan fintech. Fintech memberikan kemudahan dan membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang dapat memenuhi persyaratan umum yang diberikan. Apalagi proses pengajuannya juga tidak ribet karena bisa diajukan secara online lewat aplikasi.

Sebagai contoh, salah satu aplikasi fintech yang tepercaya dan sudah terdaftar di OJK adalah Kredivo. Kredivo memberikan pinjaman uang dengan limit sampai dengan Rp30 juta. Bunga yang diberikan sangat rendah jika dibandingkan dengan fintech yang sejenis.

Fintech lain memberikan bunga tinggi hingga 1% per hari. Sementara Kredivo memberikan bunga hanya 2,95% saja per bulan. Artinya, bunga kredit yang diberikan Kredivo hampir sama dengan bunga pinjaman di bank seperti bunga KTA dan produk pinjaman lainnya yang tidak mensyaratkan agunan atau jaminan.

Bunga bank rata-rata antara 1%-3%. Itupun ada produk yang disesuaikan dengan besaran pinjamannya. Semakin tinggi pinjamannya semakin besar juga bunganya. Kadang-kadang untuk wilayah yang berbeda juga terdapat perbedaan bunga meskipun dari bank dan produk yang sama.

Sementara Kredivo, memberikan bunga flat tanpa melihat besaran pinjaman, wilayah maupun produk pinjaman. Perbedaannya hanya pada tenor dan biaya administrasi saja. Bahkan Kredivo punya produk tanpa bunga seperti pembayaran dalam waktu 30 hari untuk pembelanjaan secara online menggunakan Kredivo.

Kredivo memiliki dua produk pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Keduanya sama-sama menerapkan bunga 2.95% per bulan. Perbedaan terletak pada tenor cicilan dan plafon yang diberikan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membandingkan melalui tabel berikut ini.



Fitur pinjaman ini bisa kamu dapatkan jika mendaftar melalui aplikasi Kredivo dengan memilih member akun reguler premium. 

Dengan produk tersebut kamu bisa meminjam uang secara fleksibel tergantung kebutuhan. Pinjaman umumnya digunakan untuk biaya sekolah anak, biaya perbaikan rumah hingga biaya darurat untuk kebutuhan berobat.

Untuk mendaftar menjadi member Kredivo, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan,Bqli, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Jika kamu sudah memenuhi syarat tersebut, bisa mengunduh aplikasi resmi Kredivo baik melalui Google Play Store maupun App Store. Proses pengajuan pendaftaran diproses dalam waktu 1x24 jam, sementara proses pengajuan pinjaman hanya butuh waktu kurang dari 1 menit saja.

You Might Also Like

0 comments