Berikut Ini Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yang Harus Bunda Ketahui

Sumber gambar: pixabay.

Tentunya mengetahui masa subur pada wanita itu menjadi hal sangat penting, terutama bagi wanita yang sudah menikah dan ingin segera memiliki anak. Karena dengan mengetahui masa subur, kemungkinan untuk segera memiliki anak menjadi semakin besar.


Perlu anda ketahui bahwa saat ini untuk mengetahui masa subur pada wanita bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan cara manual dan online. Untuk mengetahui masa subur wanita dengan cara manual biasanya bisa dilihat dari tanda-tanda fisiknya, dan jika cara online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone android. Berikut beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita secara manual dan online :

1. Kalkulator Masa Subur Online
Cara menggunakan kalkulator masa subur ini, anda hanya cukup memasukkan hari pertama siklus menstruasi terakhir serta periode siklus perbulannya. Kemudian, akan muncul informasi tentang tanggal masa subur dengan sangat cepat dan mudah. Anda bisa menggunakan kalkulator ini dengan cara mengunduhnya di Google Play store dengan menggunakan ponsel android yang anda miliki.

Kapan Masa Tidak Subur Wanita ?
Pada dasarnya masa yang paling subur wanita adalah 5 hari setelah ovulasi dan satu hari sesudahnya, hal ini dikarenakan sel telur hanya bertahan selama kurang lebih 24 jam setelah dilepaskan.  Dan setelah itu sel telur tidak bisa dibuahi, sehingga anda memasuki masa tidak subur pada saat ini. Sehingga masa tidak subur anda adalah hari yang tidak termasuk masa anda, yang misalnya jika menurut perhitungan kalender masa subur anda berlangsung pada hari ke 7-18 setelah hari pertama menstruasi. Maka masa tidak subur anda adalah hali selain hari tersebut pada siklus menstruasi (mulai dari hari ke 19 dan seterusnya sampai anda mestruasi lagi).


2. Kalkulator Masa Subur Berdasarkan Periode Haid
Cara ini bisa anda gunakan dengan mencatat siklus haid, lalu dikurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek anda. Sehingga dengan demikian anda akan mendapatkan perhitungan hari pertama peluang di masa subur. Selanjutya, dari panjang silkus terpanjang anda dikurangi 11 hari. Maka anda akan mendapatkan hari terakhir dari masa subur. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

Siklus terpendek : 27 hari – 18 = 9. Angka ini merupakan hari pertama saat anda berada pada posisi yang paling subur.

Siklus terpanjang : 30 hari – 11 = 19. Angka ini merupakan hari terakhir saat anda paling subur. Sehingga dengan demikian, jika siklus anda rata-rata adalah 27-30 hari, maka anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga ke-19.


3. Menghitung Perkiraan Masa Subur
Untuk tahap selanjutnya dalam menghitung masa subur yaitu dengan mencari siklus terpanjang dan siklus terpendek, darisiklus menstruasi anda setiap bulannya. Dan setelah itu, kurangi 18 hari dari siklus terpendek andayang merupakan hari peretama anda memasuki masa subur. Sebagai contohnya yaitu siklus terpendek anda adalah 25 hari, maka hari pertama masa subur anda adalah hari ke 7 setelah hari pertama menstruasi. Untuk siklus terpanjang anda, kurangi 11 hari dari sklus terpanjang anda yang merupakan hari terakhir masa subur. Misalnya siklus terpanjang anda adalah 29 hari, maka hari terakhir masa subur anda adalah hari ke 18 setelah hari pertama menstruasi. 

Itulah cara untuk mengetahui masa subur wanita secara manual dan onlie, semoga ada manfaatnya. Terutama bagi wanita yang sedang menjalankan program kehamilan.

Post a Comment

0 Comments