[Book Review] 24 Jam Bersama Gaspar by Sabda Armandio

March 18, 2019


Judul: 24 Jam Bersama Gaspar | Pengarang: Sabda Armandio | Penerbit: Mojok | Tahun Terbit: Cetakan Ketiga, September 2017 | Tebal Buku: 228 hlm. | ISBN: 978-602-1318-48-5

Tiga lelaki, tiga perempuan, dan satu motor berencana merampok toko emas. Semua karena sebuah kotak hitam.

Setelah sekian lama menyelesaikan buku ini, akhirnya saya menulis reviewnya juga. Maafkan, kalau review ini akan banyak opini pribadi dan hanya berisi celoteh suka-suka dari pembaca awam seperti saya.

Memulai awal buku ini tanpa membaca buku karya Mas Dio sebelumnya mungkin nggak salah-salah banget. Meskipun saya tetap penasaran, buku Kamu—buku pertamanya Mas Dio—bisa jadi sama kecenya kayak buku Gaspar ini. Kalau dilihat dari sampulnya yang motor banget—bukan cuma Dilan yang anak motor, oke?—kayaknya buku ini bukan saya banget. Tapi, genrenya itu saya suka banget. Misteri, thriller, dan action!

Serem ya?

Nggak. Ternyata di buku ini sama sekali nggak ada adegan berdarah. Jadi, bakalan saya ceritakan soal buku ini ya. 24 Jam Bersama Gaspar yang saya kira hanya sebuah judul, ternyata beneran 24 jam.

Tunggu, gimana maksudnya?

Iya, dalam kurun waktu 24 jam di dunianya si Gaspar dan kawan-kawannya ini, kamu bisa baca dalam satu novel setebal 228 halaman saja. Bagi saya, idenya brilian banget. Membuat satu novel hanya dengan cerita di 24 jam hidupnya si Gaspar. Mzdio, panutanque~

Lagi, dari sampulnya kalian bakal berpikir kalau ini beneran cerita detektif. Tapi emang bener sih, cerita ini memang cerita detektif yang tak sampai... soalnya... soalnya... ah sudahlah nanti spoiler.

Di awal cerita kalian juga bakalan "terhibur" sama kisah seorang nenek dan peliharaannya. Ups, sorry, itu dongeng, bukan hiburan. Intinya kalian akan dihibur dengan sebuah dongeng kehidupan seorang nenek dan peliharaannya.

Hm, kok saya jadi kayak si nenek sih?!

Soal Gaspar, duh, saya nggak bisa jelasin soal dia banyak-banyak. Pokoknya dia nggak kayak Dilan, walaupun dia punya motor tua yang dikasih nama Cortazar. Eits, Cortazar punya sejarah panjang yang nggak bisa kalian lewatkan lho. Saya nggak mau nyeritainnya, biar Gaspar aja.

Jadi, ini buku tentang apa?

Tentang Gaspar, tentang kotak hitam, tentang Agnes yang bukan Agnes, tentang Cortazar, tentang Njet dan Kik, tentang Pongo, tentang Bu Tati, dan tentang perampokan toko emas Wan Ali.

Ada banyak plot yang lucu, tak terduga, dan bikin mengerutkan dahi di buku ini. Ya, saya saranin kamu baca ini buat hiburan. Semoga terhibur.

RATE: 4/5

You Might Also Like

4 comments

  1. saya kira bakalan jadi curhatan panjang, haha.

    Novel ini salah satu novel favorit saya euy, apalagi endingnya yang plot twist bukan, mind blowing juga bukan, tapi lebih dari itu! hehe

    *apaan ah lebay si dian mah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya mau gitu. Mungkin bakalan ada edisi revisinya nih.

      Iyaaaa endingnya duhhhh.

      Delete