4 Cara Mudah Alami Untuk Menghilangkan Keputihan

January 10, 2019

Sumber gambar: idntimes.com

Salah satu permasalahan yang sering dialami wanita pada area organ reproduksinya adalah keputihan. Jika keputihan yang dialami merupakan gejala penyakit maka pastinya hal itu akan sangat mengganggu. Masalah keputihan ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu yang kategori normal dan sehat, tetapi juga adanya keputihan yang dikategorikan tidak sehat yang harus segera diberi pengobatan.


Ada banyak tips mengatasi keputihan yang bisa dilakukan mulai dari melakukan pengobatan ke dokter, mengkonsumsi obat obatan untuk mengobati keputihan, dan bahkan menggunakan cara alami untuk mengobati keputihan. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis untuk menghilangkan keputihan adalah dengan menggunakan cara alami. 

Berikut 4 cara mudah alami untuk menghilangkan keputihan diantaranya yaitu :

1. Menghindari Penggunaan Produk Pembersih Vagina 
Supaya keputihan yang dialami cepat sembuh maka kamu harus menghindari menggunakan produk pembersih vagina. Meski produk produk pembersih vagina tersebut telah dipublikasikan sebagai produk yang baik untuk membersihkan vagina karena didalamnya ada kandungan daun sirih, tetapi bahan kimia yang ada didalam produk produk tersebut sangatlah berbahaya karena dapat membunuh bakteri baik yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh rongga vagina. Oleh karena itu jika ingin keputihan segera sembuh maka pastikan tidak menggunakan produk pembersih vagina. 

2. Menghindari Makanan Berminyak 
Jika kamu mengkonsumsi makanan berminyak maka akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh dan juga kesehatan reproduksi. Makanan minyak berlebih dapat mengganggu kesehatan reproduksi dikarenakan makanan berminyak tersebut mengandung lemak yang merupakan penyebab keputihan. Adanya lemak didalam makanan tersebut akan menyebabkan terjadinya perubahan hormon didalam tubuh. Sehingga nantinya akan menjadi tidak seimbangnya hormon didalam tubuh dan akan semakin memperburuk kondisi keputihan yang dialami. Oleh karena itu untuk mengobatinya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung minyak berlebihan. 

3. Menghindari Mengonsumsi Kafein 
Salah satu pemicu wanita mengalami keputihan adalah kafein. Kandungan yang ada didalam kafein akan menyebabkan hormone estrogen mengalami perubahan. Kondisi yang seperti ini pastinya akan membuat keputihan yang seharusnya normal menjadi tidak normal. Selain itu akan meningkatnya nilai pH pada rongga vagina dan juga akan lebih cepatnya pertumbuhan bakterinya. Oleh karena itulah jika ingin keputihannya segera sembuh maka minuman berkafein harus dihindari. 

4. Menggunakan Pakaian Dalam Yang Nyaman 
Memilih bahan pakaian dalam yang nyaman juga perlu dilakukan karena ini dapat memberikan pengaruh pada kondisi keputihan yang dialami oleh wanita. Karena jika seorang wanita menggunakan pakaian dalam dengan bahan yang tidak nyaman maka akan menyebabkan meningkatnya kelembaban di area organ reproduksi.

Meningkatnya kelembaban ini nantinya akan menyebabkan meningkatnya produksi bakteri. Jika terus meningkat produksi bakterinya maka keputihan juga akan menyerang. Sehingga terjadinya keputihan ini hanya bisa dicegah dengan menggunakan pakaian dalam yang nyaman misalnya yang terbuat dari bahan katun. Pasalnya bahan katun ini sangat cocok untuk menjaga kelembaban pada area organ reproduksi wanita. 

Itulah 4 cara mudah alami untuk menghilangkan keputihan. Selain itu masih ada cara mudah alami lainnya seperti dengan membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan area vaginanya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk tidak menjadi pemalas dan jorok. Vagina akan terjaga kebersihannya jika kamu membiasakan diri untuk mandi secara rutin dan juga rutin mengganti pakaian dalam. Jika kamu memiliki kebiasaan tidak bisa hidup bersih maka jangan heran akan sering mengalami keputihan. 

You Might Also Like

0 comments