5 Tips Hemat Berwisata Di Jogja

July 20, 2018

Pic original by Erpin Alghifari

Saya seringkali berpikir apakah Jogja merupakan salah satu tempat wisata termurah se-Indonesia, ya? Pasalnya kedatangan saya ke kota Jogja selalu tidak pernah menghabiskan biaya yang banyak. Memang sih, saya selalu memilih berhemat ketika berkunjung ke kota favorit saya yang satu ini. Beberapa kali kunjungan saya selalu memusatkan diri untuk nebeng dengan teman, tapi kali ini mungkin saya akan mencoba wisata dengan merental mobil agar bisa lebih hemat dan efisien jika mengunjungi tempat-tempat yang agak jauh.

Jogja sebenarnya menawarkan banyak tempat wisata yang biayanya ramah di kantong, tapi mau coba tips hemat lainnya? Nih baca dulu.

1. Pakai Kereta Api
Bingung mau naik apa ke Jogja? Eits, sebaiknya putuskan naik kereta api aja deh. Kereta api sekarang sudah cukup nyaman. Bahkan kereta api ekonomi juga dilengkapi pendingin udara dan tidak lagi berjubel kayak dulu waktu. Jadi salah satu alternatif murah meriah pergi ke Jogja, ya dengan menggunakan kereta api ekonomi. Biasanya ada harga tiket yang di bawah seratus ribu rupiah untuk sekali jalan. Jadi, coba cek tiket online secara berkala ya.

2. Share Penginapan
Setiap kali ke Jogja saya selalu numpang tidur di kost teman. Prinsipnya Cuma satu: kalau bisa murah kenapa harus mahal? Hahaha. Tapi kunjungan saya yang terakhir kemarin membuat saya harus tidur di homestay. Tentu dengan berbagai pertimbangan, termasuk harga homestay yang bisa saya bagi berdua dengan teman saya. So, kalau ada dari kalian yang mau ke Jogja nggak perlulah cari hotel mahal, cukup cari kamar yang nyaman dengan harga murah di aplikasi pesan hotel online. Semua harga dan reviewnya sudah tertera di sana. Untuk gambaran, kemarin saya pesan kamar dengan harga 95ribu permalam dengan kapasitas 2 orang. Itu artinya saya hanya perlu membayar setengahnya saja. Lebih murah, tho?

3. Share Transportasi
Kalau datang ke Jogja rame-rame, mungkin alternatif terbaik untuk jalan-jalan ke tempat wisata bisa memakai jasa rental mobil OMocars jogja. Pilih mobil yang bermuatan banyak, sehingga bisa dipakai banyak orang dan cukup bayar sekitar lima puluh ribu saja per orangnya. Hemat banget kan, dibanding naik angkutan umum dan panas-panas menunggu bus? Mungkin saya akan coba ini kalau liburan keluarga nanti.

4. Oleh-Oleh Murah
Setiap kali saya ke Jogja, orang-orang di rumah selalu ribut minta oleh-oleh. Padahal duit yang dibawa juga pas-pasan. Tapi, pantang pulang kalo nggak bawa oleh-oleh. Rasanya nggak afdol gitu. Nah, salah satu tempat yang bisa saya kunjungi paling juga pasar Beringharjo. Oleh-oleh khas Jogja yang beraneka ragam seperti kain  batik, gantungan kunci, tas, dompet, dan lainnya bertebaran di sini. Dan yang pasti, harganya terjangkau.
Sumber : https://www.jejakpiknik.com/pasar-beringharjo/

5. Jajanan Murah
Pergi ke Jogja juga kurang lengkap kalo nggak jajan-jajan cantik. Tapi pandai-pandai memilih tempat yang murah. Jika tidak ingin mahal, jajan saja di sepanjang Malioboro. Di situ banyak sekali angkringan murah atau pedagang kaki lima dengan berbagai macam menu makanan menggugah selera. Sudah bukan rahasia jika harga makanan di Jogja sangat murah. Saking murahnya, dalam sehari cukup mengeluarkan uang makan sebesar lima puluh ribu saja.

Nah, siapa bilang wisata itu harus mahal? Bahkan dengan rental mobil Jogja sekalipun yang terkesan mengeluarkan banyak biaya, ternyata cukup hemat juga. Karena itu, tidak perlu ragu menghabiskan liburan di kota ini. Yuk, Njogja!

You Might Also Like

0 comments