[Book Review] Inno-Fiction by Alfred Boediman & Gloria Morgen



Judul: Inno-Fiction | Penulis: Alfred Boediman, Gloria Morgen | Penerbit: Elex Media Komputindo | Tahun Terbit: November 2017 | Tebal Buku: 276 hlm. | ISBN: 9786020447940


Inno-Fiction merupakan buku berbahasa Inggris yang bisa dibilang sangat lama saya baca. Selain kendala bahasa Inggris saya yang maish ancur-ancuran, ini juga merupakan buku nonfiksi. Saya terbiasa membaca buku fiksi dengan banyak diksi yang memunculkan imajinasi, rasanya ketika disuruh membaca buku nonfiksi maka saya akan teringat pada buku teori komunikasi yang tebalnya bisa dipakai jadi bantal ketika lelah menghapal.

Meskipun berbahasa Inggris, buku ini ternyata punya diksi yang sederhana dan mudah dimengerti, persis seperti buku teori komunikasi yang saya baca karena dilengkapi dengan contoh dan model-model pengaplikasian di kehidupan sehari-hari. Buku Inno-Fiction, terbitan Elex Media pada November 2017 ini, memiliki  tujuh bab yang membahas mengenai pentingnya penerapan inovasi dalam berbagai bidang. Selain itu pula ada pembahasan tentang inovasi sosial dan social entrepreneurship, praktik-praktik inovasi sosial yang diterapkan di berbagai negara dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjalankan inovasi sosial. 

Dari segi sampul, saya suka desain sampul yang sederhana namun menonjokkan ciri khas dari ide utama yang berkaitan dengan inovasi dan teknologi digabungkan dengan kata "fiction" yang mungkin menambah kesan santai dan tidak menggurui.



Ada beberapa syarat untuk membangun inovasi teknologi: memiliki kemampuan dalam berinovasi, adanya dukungan secara nasional, berani mengambil risiko, dan memiliki bisnis yang prosesnya telah dioptimlakan.

Cara untuk mengukur inovasi :
1. Untuk tahun pertama, berapa banyak ide yang telah kita ciptakan?
Berapa banyak ide yang telah masuk dalam pengembangan produk dan jasa baru?
Buatlah target dan ukur tingkat keberhasilannya
2. Ukur hasil dan keuntungan yang diperoleh dari tim inovasimu. Cara mengukurnya adalah melalui aktivitas dan hasil jangka menengah & panjang di pasaran. 

Berbagai contoh inovasi dalam buku ini bisa dijadikan pedoman ataupun pembelajaran atas pengalaman sebuah perusahaan maupun wirausaha agar bisnis yang dijalankan bisa sesuai dengan keinginan. Inovasi sosial adalah sebuah lingkaran besar dan bisnis sosial merupakan bagiannya. Tidak semua bisnis sosial adalah inovasi sosial. Tetapi, kondisi paling bagus adalah ketika bisnis sosial menempatkan inovasi sosial sebagai sistim dan fondasinya.

Comments

Popular posts from this blog

Perihal Memulai Hidup Baru