Rekomendasi Berbagai Model Baju Gamis Wanita Modern Terbaru

Gamis secara etimologi merupakan bahasa Arab “qomish” yang berarti pakaian terusan dari bagian atas badan hingga pertengahan lutut sampai mata kaki. Gamis sendiri merujuk kepada pakaian panjang ala Pakistan yaitu kemeja yang panjangnya sampai ke paha atau agak lebih ke bawah, sedangkan qamish sering disebut jubah. Akhir-akhir popularitas gamis kian meningkat terutama sejak banyak muslimah Indonesia yang mengenakan hijab sebagai pakaian sehari-hari mereka. Baik di toko online maupun offline, baju gamis wanita modern dengan berbagai model, corak, dan motif masih jadi incaran para kaum Hawa, terutama hijabers.

Dari pengertian yang lain, gamis untuk wanita adalah pakaian yang menyerupai dress panjang yang berbentuk lurus dan longgar menutupi seluruh badan mulai dari leher hingga ke mata kaki. Gamis juga sering disebut baju kurung, meski belum diketahui pasti perbedaannya. Gamis dimodifikasi ke dalam berbagai corak dan motif. Kelebihan memakai gamis adalah menutupi aurat dengan baik dan lebih simpel memakainya. Berikut macam-macam gamis modern:

1. Gamis kain kaftan India: gamis ini dipopulerkan oleh Syahrini. Bentuknya menyerupai baju kelelawar saat lengannya dibentangkan.
2. Gamis Tionghoa: salah satu ciri khasnya adalah hiasan pada bagian dada mirip sayap dan ekor burung hong yang terbuat dari benang emas.
3. Gamis aksen renda dan brokat: aksen brokat di tepi hijab bergo atau khimar dengan layer berhias brokat atau renda membuat baju gamis tampak lebih istimewa.
4. Gamis remaja: gamis untuk remaja punya warna yang lebih kalem serta motif atau coraknya tidak terlalu ramai sesuai dengan karakter remaja yang cenderung ceria.
5. Gamis pesta: gamis terbaru yang didesain khusus untuk menghadiri acara pesta. Motif atau coraknya cenderung lebih glamour.
6. Gamis syar’i: gamis ini lebih longgar dari gamis-gamis lainnya dan dengan warna atau motif yang kalem.

Sumber: www.bukalapak.com

Baju wanita jenis gamis modern juga sama seperti baju muslimah pada umumnya, yang mana kain yang digunakan untuk bahan pembuatannya berbeda-beda. Setiap kain tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang paling penting adalah yang mana yang sekiranya paling nyaman Anda gunakan. Dan juga, pakailah gamis sesuai dengan acara yang Anda datangi. Anda tinggal mengkombinasikan hijab dengan bross serta gamis dengan warna yang sesuai.

1. Kain satin: Kain satin juga dapat dikatakan sebagai versi sintetis kain sutra yang terbuat dari polyester. Ciri khasnya adalah permukaan yang licin dan mengkilap.
2. Kain katun: Kain katun jenis kain yang paling populer dan nyaman dipakai karena terbuat dari serat kapas asli. Kainnya terasa dingin, tidak mudah luntur dan harganya lebih terjangkau.
3. Kain shantung: Dikenal dengan nama lain rayon, teksturnya sedikit kaku namun terasa lembut dan dingin. Jenis kain ini juga digunakan untuk daster, kain pantai, baju tidur, batik dan lain-lain.
4. Kain jersey: Kain ini memiliki karakter elastis, lembut dan jatuh (agak berat) serta adem dipakai.

Dari segi tampilan, gamis ini mirip sekali dengan maxi dress. Hanya saja ukuran gamis biasanya lebih longgar dan lurus, nyaris tidak membentuk badan. Gamis memang cocok digunakan untuk acara formal maupun sehari-hari, tergantung pada bahan kain dan motifnya. Apalagi sekarang ini ada banyak baju gamis wanita modern yang beredar di pasaran, dari fashion outlet, toko baju muslim, toko online hingga situs belanja online. Yang penting, pemakaian gamis harus disesuaikan dengan bentuk tubuh Anda atau warna hijab agar penampilan Anda makin sempurna.

Comments

Popular posts from this blog

Perihal Memulai Hidup Baru