Inilah Keuntungan Membeli Lewat KKB di Tempat Jual Mobil Baru

Sumber gambar: Pixabay

Pembelian kendaraan seperti di tempat jual beli mobil baru  bisa dilakukan secara kredit. Cara ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mendatangi dealer langsung atau teman yang ingin menjual mobilnya kepadamu atau dengan meminta bantuan dari Bank. Salah satu pelayanan yang diberikan oleh bank adalah KKB atau kredit kendaraan bermotor merupakan pelayanan yang diberikan untuk membantu nasabah memiliki mobil dengan cara yang lebih mudah.


Kredit kendaraan bermotor menggunakan suku bunga yang harus dibayarkan bersamaan dengan cicilan yang harus dibayarkan. Pemilihan model mobil dapat mempengaruhi besaran suku bunga yang harus dibayarkan. Faktor yang mempengaruhi besaran suku bunga selain kepopuleran suatu mobil adalah riwayat kredit, status keuangan yang dimiliki, pajak pemerintah, target laba dari suatu bank, kebijakan yang diberikan oleh pemerintah, kebijakan bank dan jangka waktu peminjaman.

Berbagai macam keuntungan KKB yang menyebabkan calon debitor memutuskan untuk mengajukan kredit di bank yang menyediakan kredit untuk pembelian kendaraan bermotor beroda empat tersebut, diantaranya adalah:

1. Terdapat bunga flat kompetitif.
2. Prosesnya lebih cepat dan mudah.
3. Pembayaran cicilan terencana dan sesuai dengan kemampuan keuangan .
4. Terdapat jaminan asuransi.
5. Syarat untuk mengajukan permohonan relatif mudah dan proses persetujuan relatif lebih singkat
6. Terdapat berbagai macam program pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan calon debitor.
7. Terjaminnya legalitas dari suatu kendaraan yang didapatkan dengan artian bahwa mobil tersebut bukan merupakan mobil curian atau mobil yang masih memiliki masalah hukum, misalnya mobil sitaan kepolisian.


Syarat umum untuk pengajuan KKB antara lain yaitu:

1. Merupakan WNI dan berdomisili di Indonesia.
2. Usia minimum untuk mengajukan adalah 21 tahun atau sudah menikah dan usia maksimum pada saat pelunasan kredit adalah 55-65 tahun tergantung dari pihak bank. 
3. Memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap minimal adalah Rp 2,5 juta per bulannya untuk wilayah Jabodetabek atau tergantung pada wilayah atau daerah masing-masing.

Sumber gambar: Pixabay


Tidak hanya harus memenuhi persyaratan di atas, namun Anda juga harus memenuhi dan melengkapi dokumen yang biasanya berbeda dari kreditor yang satu dengan yang lain. Beberapa jenis dokumen yang harus dipersiapkan untuk kredit di tempat jual mobil baru, yaitu:

1. Menyiapkan kartu identitas baik KTP, SIM atau paspor.
2. Fotokopi keterangan slip gaji atau penghasilan.
3. Fotokopi surat PBB (Pajak Bumi Bangunan) atau bukti rekening listrik.
4. Jika memiliki kartu kredit, lampirkan tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir.
5. Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir untuk pengusaha.
6. Fotokopi TDP (akte pendirian perusahaan) dan SIUP untuk pengusaha.
7. Fotokopi keterangan izin praktik untuk profesional misalnya dokter atau notaris.
8. Fotokopi NPWP, TDP, SIUP.

Comments

Popular posts from this blog

Perihal Memulai Hidup Baru