[Review + Giveaway] Blogtour "Laka-Laka Rasa"



Judul: Laka-Laka Rasa (Cinta dan Rahasia) | Pengarang: Zachira Indah | Penerbit: Universal Nikko | Tahun Terbit: April 2018 | Tebal Buku: 267 hlm | ISBN: 9786029458237


BLURB

Gari
Sebagai yang paling tua dalam geng Tahu Aci, Gari mulai dibayangi label mahasiswa karatan karena tidak kunjung lulus.

Malik
Cinta pertama konon membuat orang bertindak nekad. Demi menemukan pujaan hatinya di masa remaja, Malik yang asal bumi parahyangan nekad kuliah di universitas tidak terkenal di Tegal.

Mita
Keinginannya meluaskan pergaulan di luar teman-teman kuliahnya membawa Mita pada sebuah komunitas pendaki di Tegal. Kehidupannya menyenangkan. Hanya saja, ia memiliki perasaan terlarang untuk seseorang di komunitas itu.

Suci
Satu-satunya gadis lokal di antara keempatnya. Di balik penampilannya yang lemah lembut dan pemalu, ada luka yang sukar dipulihkan sebagai akibat dari peristiwa yang terjadi di tahun-tahun awalnya sebagai mahasiswa.

Mereka berusaha tidak terikat dengan masa lalu dan rahasia kelam. Tapi bisakah jika rahasia itu tiba-tiba muncul ke permukaan?
---

Review Buku
Novel "Laka-Laka Rasa" merupakan novel karya Zachira Indah yang pertama saya baca. Berceruta tentang 4 orang mahasiswa yang membentuk geng bernama "Tahu Aci". Sudah mulah paham belum nih tentang setting tempatnya kalau denger nama Tahu Aci? Yup, settingannya ada di Tegal!

Sepanjang baca buku ini saya merasa nostalgia. Entah kenapa. Padahal saya cuma baru dua kali mengunjungi kota dan kabupaten Tegal. Gari, Mita, Suci, dan Malik adalah sahabat yang berbeda latar belakang. Sama-sama berkuliah di Universitas Tegal dan merupakan mahasiswa tingkat akhir membuat kedekatan mereka makin erat.

Satu persatu permasalahan mereka akhirnya terbongkar. Masing-masing dari mereka juga saling menguatkan, memberikan solusi untuk satu sama lain. Dan bagian yang saya suka dari novel ini adalah ketika keempat sahabat itu mendaki gunung Slamet via jalur Guci. Wih, gila sih saya aja belum pernah lewat jalur itu.

Banyak hal yang saya ingin ketika membaca buku ini. Punya sahabat semasa kuliah, tentu saja punya. Tapi naik gunung sama sahabat? Hmm, belum pernah.

Terus apa bagusnya novel ini? Ada beberapa tempat di Tegal yang dijelaskan secara detail dan menambah keingintahuan saya soal tempat itu. Yok mari yang mau ajak saya jelajah Tegal lagi yuk.
---

GIVEAWAY TIME!




Setelah baca review singkat dari saya, udah mulai tertarik untuk baca buku ini? Kalo iya, saya punya satu eksemplar novel "Laka-Laka Rasa" untuk satu orang yang beruntung, lho. Caranyaaa, lihat di bawah ini yaaa.

1. Domisili di Indonesia.
2. Follow akun  IG penulisnya @zachira.indah dan penerbit @universalnikko juga  follow ig saya @afriantipratiwi.
3. Tulis nama, akun IG, dan domisilimu di kolom komentar, diikuti jawaban pertanyaan ini.

"Kalau kamu diberi kesempatan jalan-jalan ke Tegal, tempat wisata apa yang akan kamu kunjungi? Dan kenapa? Kasih tau alasannya yaaa."

Giveaway ini berlaku mulai 28 April sampai 1 Mei 2018 yaaa. Pemenang selambat-lambatnya akan diumumkan pada 3 Mei 2018.

Selamat mencoba dan semoga beruntung!



Salam,

Afrianti Eka Pratiwi.

Comments

  1. Nama : SITI MASLACHA
    Akun IG : @claupherin
    Domisili : Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
    Jawaban :

    "Kalau kamu diberi kesempatan jalan-jalan ke Tegal, tempat wisata apa yang akan kamu kunjungi? Dan kenapa? Kasih tau alasannya yaaa."

    Tempat wisata yang akan Saya kunjungi jika berpergian ke Tegal adalah Situs Manusia Purba Semedo. Kenapa? Karena sejak guru SMP Saya menjelaskan materi tentang Manusia Purba, Saya langsung jatuh cinta dengan pembahasan itu. Meskipun saat kuliah Saya tidak mengambil prodi Sejarah, tidak mengurangi sedikit pun rasa cinta Saya terhadap sesuatu yang berhubungan dengan Manusia Purba.
    Jadi, dengan mengunjungi Situs Manusia Purba Semedo, Saya tidak hanya berwisata saja, melainkan Saya juga mendapat banyak ilmu yang bisa diperoleh tentang fosil-fosil manusia purba dan hal-hal prasejarah lainnya.

    ReplyDelete
  2. Nama : Ella Fitria
    IG : @ellafitria20
    Alamat : Banjarnegara, Jawa Tengah.

    Btw kalau dikasih kesempatan jalan2 ke Tegal yang paling pengin ku kunjungi adalah taman poci. Why? Karena aku pengin cari informasi sejarah poci Tegal versi orang Tegal langsung, ya gimana sebagian besar poci2 yg beredar di pasaran dg brand "poci Tegal" adalah buatan dari keramik Klampok Banjarnegara (cerita dari versi pengusaha keramik klampok) katanya sih gitu. Makannya aku pengin denger langsung sejarah poci Tegal yang masih eksis hingga saat ini.. Bener nggak sih kalau poci2 Tegal yg beredar di pasaran sebagian besar produk dari Banjarnegara?
    Dan ku juga pengin ke monumen bahari yg terletak di Pantai alam indah, sekalian gegoleran manja nyunset dong ya! Wkwkwk
    Trus aku pengin ke... Eh udah, udah, nanti komenku kebanyakan. Emg muka penginan sih, apalagi soal traveling. Ughhh

    ReplyDelete
  3. Nama : Khaerunisa
    IG : khaerun38
    Alamat : Banyumas, Jawa Tengah

    "Kalau kamu diberi kesempatan jalan-jalan ke Tegal, tempat wisata apa yang akan kamu kunjungi? Dan kenapa? Kasih tau alasannya yaaa."

    Kalau aku diberi kesempatan jalan-jalan ke Tegal, aku pengen nyobain pantainya. Selama ini, pantai Pulau Jawa yang aku kunjungi pasti termasuk kelompok pantai selatan. Aku belum pernah ke pantai utara, jadi biar lengkap. Banyak berhembus kabar tentang perbedaan pantai selatan dan pantai utara, misal besar ombaknya. Katanya pantai utara ombaknya lebih tenang dibanding selatan. Kalau baca-baca sih ada penjelasan ilmiahnya. Nah, pengen aja nyobain pantai yang lebih tenang ombaknya (kusuka pantai tapi agak takut sama ombak gede hehehe). Selain soal ombak, yang membuatku tertarik ke pantai utara juga karna mitos-mitos semacam Ratu Laut Utara. Mendengar tentang mitos-mitos sebuah tempat memang sering bikin aku lebih antusias. Di Tegal banyak pantai, kalau yang paling terkenal itu katanya PAI sama Purin, maka aku pengen ke Pantai Kodok. Tambahan mitos di Pantai Kodok, katanya bisa menyembuhkan penyakit stroke. Pantai Kodok juga kayaknya lebih sepi dibanding pantai lainnya di Tegal.

    Katanya-katanya, kayaknya-kayaknya. Yah... namanya juga belum pernah ke sana. Sabar dulu, siapa tau dapet bukunya dan di buku Laka-laka Rasa diceritain tentang pantai di Tegal.

    ReplyDelete
  4. IG: @nunaalia
    Domisili: Serang

    Kalau diberi kesempatan jalan-jalan ke Tegal, aku ingin mengunjungi tempat wisata yang berbau alam. Seperti Pemandian Air Panas Guci yang memiliki keunikan suhu air yang berbeda-beda tergantung pada tingkatannya, yang secara keseluruhan ada 25 tingkatan.
    Lalu ada Curug Cantel Bumijawa yang menyajikan panorama alam air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter, yang tak hanya cantik tetapi juga sejuk.
    Untuk wisata pantai, Tegal memiliki Pantai Purwahamba Indah dan Pantai Alam Indah sebagai tempat yang asyik untuk berlibur. Selain keindahan panorama pantai, kita juga bisa menikmati beragam fasilitas yang telah ada seperti kolam renang, sepeda air, waterboom, kereta mini, gazebo cafe, kebun binatang mini, hingga monumen bahari, dan wisata perahu.
    Selain itu juga masih ada Waduk Cacaban dengan warung apung, panggung hiburan, bumi perkemahan, arena bermain anak, dan kapal wisatanya.
    Ada juga Loco Antik dengan agrowisata mengelilingi kebun tebu dengan lokomotif kuno.
    Dan buat yang suka mendaki pastinya tidak akan melewatkan Bukit Cepu yang memiliki 950 anak tangga. Namun akan sepadan dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan yang akan terlihat ketika kita sampai ke puncak bukit.

    Setiap daerah menyimpan potensi wisata yang berbeda, termasuk juga Tegal. Tak hanya ciri khas wartegnya saja yang bisa menarik perhatian, tetapi juga kekayaan alam dan potensi wisata yang ada di dalamnya.
    Bisa mengetahui dan menikmati keindahan alam dari daerah yang dikunjungi akan semakin menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan atas negeri ini dengan segala karunia yang sudah diberikan Allah SWT.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perihal Memulai Hidup Baru