Tertarik Berbelanja Saat Harbolnas Bukalapak? Simak 3 Hal yang Perlu Anda Waspadai!


Ada banyak kehebohan belanja yang bisa dinantikan pada akhir tahun, moment yang juga dikenal dengan big sale atau promo besar-besaran. Salah satunya adalah dari situs jual beli online yang memiliki hari belanja online nasional atau dikenal sebagai Harbolnas. Hampir semua toko online dan juga market place ikut merayakan hal tersebut, salah satu diantaranya adalah dari Bukalapak, harbolnas Bukalapak menjadi salah satu yang juga paling ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Market place terbesar ini menawarkan berbagai pilihan produk dari penjual di seluruh Indonesia.

Ketika harbolnas tiba maka penjual-penjual tersebut akan memberikan tawaran harga heboh dan juga murah meriah, patut dijadikan sebagai pertimbangan ketika Anda ingin berbelanja berbagai macam pilihan produk. Sebenarnya jika dilihat sendiri memang tahun ini bukan kali pertama harbolnas diadakan, melainkan ini sudah tahun keenam. Namun tetap saja kemeriahaannya dari tahun ke tahun juga bertambah, hal ini disebabkan karena jumlah masyarakat yang turut ikut serta dalam belanja online dari waktu ke waktu juga mengalami peningkatan.

Harbolnas Bukalapak ini diadakan pada tanggal 12 Desember, tinggal beberapa jam saja menuju perayaan belanja super murah tersebut, hanya saja sebagai konsumen juga patut untuk waspada, mengingat tak bisa dipungkiri jika seandainya tak jarang bentuk-bentuk penipuan ketika sudah memasuki musim belanja big sale ini. Tak hanya terjadi sekali, melainkan berkali-kali, untuk itu berikut langkah cermat agar terhindar dari penipuan tersebut, diantaranya adalah:

1. Selalu mengecek harga normal produk yang akan dibeli terlebih dahulu, belanja dengan tolak ukur diskon pada kenyataannya memang sangat rentan menyebabkan terjadinya permainan harga, dikenal juga dengan nama diskon fiktif, dimana pada dasarnya penjual memang sengaja menaikkan harga terlebih dahulu sebelum nantinya membantingnya setinggi langit, padahal jika dilihat harga sebelum dan sesudah diskon sama saja. Inilah yang dikenal sebagai diskon bohongan atau fiktif, cara menghindarinya adalah konsumen harus lebih cermat dalam mengecek harga barang normalnya lewat website lain.

2. Pastikan bahwa barang yang dibeli tersebut masih layak konsumsi, produk makanan agaknya juga tak lepas menjadi salah satu item yang ditawarkan dengan harga gila-gilaan. Namun satu ciri khas yang patut untuk diwaspadai konsumen adalah biasanya harga hemat tersebut dikarenakan bahan makanan sudah memasuki masa kadaluarsa atau tak layak konsumsi lagi. Sehingga pastikan selalu menanyakan kepada penjual kapan tanggal kadaluarsa barang.

3 Hati-hati dengan voucher diskon palsu, selain bentuk penawaran dengan adanya diskon atau potongan harga langsung maka ada jenis lainnya yang juga sering digunakan oleh penjual, yaitu voucher diskon dalam bentuk kode. Akan tertulis nominal angka potongan harga yang berlaku dengan beberapa ketentuan, hanya saja ternyata banyak diantara kode tersebut yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Hal ini nyatanya juga masuk sebagai salah satu bentuk penipuan yang paling sering dialami oleh konsumen, sehingga patut bagi Anda untuk berhati-hati.

Penipuan dengan modus pembelian diskon ini memang bukan hal yang baru lagi, sehingga konsumen yang patut untuk waspada. Satu hal yang memang sering kali dilupakan oleh konsumen ketika sudah ada tawaran diskon tinggi adalah perbandingan, yaitu membandingkan barang yang di diskon dengan yang lainnya, padahal belum tentu nilai diskon tersebut adalah benar-benar harga potongan. Justru banyak diantaranya yang sebenarnya adalah harga normal barang, hindari 3 hal tersebut ketika ikut Harbolnas Bukalapak

Comments

Popular posts from this blog

Perihal Memulai Hidup Baru