[EVENT] Ubah Gaya Hidup dalam Indonesia Tangkal Kolesterol di KALCare

Indonesia Tangkal Kolesterol
Tanggal 25 November lalu, saya berkesempatan hadir di acara Indonesia Tangkal Kolesterol yang diadakan oleh KALCare di Lippo Mall Puri, Jakarta. Ini pertama kalinya buat saya hadir di acara kesehatan yang diadakan oleh KALCare. Sebelumnya bahkan saya nggak pernah tahu kalau KALCare rutin mengadakan event semacam ini. Selain itu, acara ini tentunya mengubah cara pandang saya terhadap kesehatan diri sendiri.


Duduk di deretan kursi paling belakang bukan berarti saya enggan menyimak penjelasan yang diberikan oleh pembicara. Namun, kalau mau melihat, kursi deretan depan ditempati oleh mayoritas orang tua atau yang sudah berusia di atas 50 tahun. Sontak saya agak heran, apakah acara yang bertajuk Indonesia Tangkal Kolesterol dengan agenda Gerakan Jantung Sehat ini hanya diminati oleh orang tua saja? Kemana anak mudanya?

Rasa penasaran saya terjawab dengan sesi presentasi dari seorang dokter yang mengatakan bahwa kolesterol berlebihan itu bisa menyerang siapapun sejak usia 2 tahun. Wow! Saya hampir-hampir tidak percaya dengan perkataannya. Pemahaman saya mungkin sama dengan kebanyakan orang bahwa yang bisa terserang penyakit akibat kolesterol hanyalah orang tua, namun ternyata bukan.

Kolesterol yang berlebihan selain bisa menyebabkan jantung coroner juga bisa menyebabkan stroke. Nggak heran ada juga orang yang usianya masih muda tapi sudah terjangkit stroke. Ini benar-benar sebuah masalah kesehatan yang harus diwaspadai.

Cek kesehatan di KALCare

Datang ke acara ini tentunya saya juga berkesempatan memeriksa tingkat kolesterol di tubuh saya secara gratis. Hasilnya kolesterol di tubuh saya berjumlah 153; masih dalam batas normal, katanya. Sebab, untuk orang sehat, jumlah kolesterol di dalam tubuhnya harus dibawah 200. Namun, dari 50 peserta yang hadir hari ini, 45% di antaranya memliki tingkat kolesterol yang tinggi. Lagi-lagi saya terkejut dengan hal ini. Betapa banyak orang yang kelihatannya sehat, tapi memiliki kadar kolesterol tinggi yang bisa membahayakan.

Saat diperiksa, saya sempat ditanya apakah sebelumnya sudah pernah mengecek kolesterol? Dan saya hanya menggeleng sambil cengengesan.

“Seharusnya kolesterol itu diperiksa setiap 3 bulan sekali, Kak. Supaya kita tau kalo semisal kolesterolnya udah tinggi, ya harus diturunin. Biar nggak kebablasan nanti. Ceknya bisa di rumah sakit atau di KALCare juga bisa,” jelasnya.

Gejala dari kolesterol tinggi juga bisa dilihat secara langsung, contohnya mudah lelah; sering sakit kepala; cepat mengantuk; rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak; kesemutan; dan xanthelasma. Selain itu, penyakit terberat dari kelebihan kolesterol itu seperti yang sudah saya sebutkan tadi, yaitu jantung koroner dan stroke.

Makan siang sehat :D

Kenapa kolesterol bisa naik juga nggak cuma dari pola makan, tapi juga dari tingkat stress di diri kita. Hm, kalo yang satu itu saya sering banget mengalami. Ternyata stress itu emang nggak pernah bagus buat tubuh.

Selama sesi presentasi, saya banyak merenung, apakah ada yang tidak beres dengan pola hidup saya? Sebagaimana seharusnya, hidup yang sehat itu dimulai dengan pola makan yang benar, memperhatikan asupan gizi yang cukup. Jadi, nggak boleh tuh asal makan aja padahal gizinya nggak sesuai. Meski 3 kali makan, komposisi gizinya harus tepat. Ya, ingatlah jaman SD dulu harus makan 4 sehat 5 sempurna. Ternyata ini penting banget.

Nggak Cuma pola makan yang harus diperhatikan, tapi olahraga juga penting! Ini nih permasalahan utama pada diri saya: malas berolahraga. Padahal olahraga itu nggak perlu yang berat-berat, semisal jalan kaki pun sudah termasuk olahraga ringan, lho. Atau mau ikut kelas exercise di KALCare juga bisa.

Oh iya, KALCare ini serbaguna banget, ya. Sebenarnya KALCare adalah salah satu pusat pelayanan masyarakat dari Kalbe Group yang bisa dinikmati semua orang. Mulai dari membeli produk KALBE, melakukan berbagai pengecekan kesehatan bagi dewasa dan anak-anak, sampai mengikuti kelas exercise. Saya sendiri jadi tertarik pengen coba kelas exercisenya deh.




Menjaga kesehatan itu emang gampang-gampang susah. Apalagi kalau soal makanan. Apa yang enak, belum tentu bagus buat tubuh. Nah, mending TANGKAL kolesterol dari sekarang deh.

Teratur Periksa Kolesterol
Awasi Asupan dan Pola Makan
Nikmati Hidup Tanpa Rokok dan Minuman Beralkohol
Giat Berolahraga Gerakan B-Fit 2.0
Kendalikan Berat Badan dan Hindari Stres
Awasi Tekanan Darah Anda
Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x Sehari

Salam sehat!


Cileungsi, 27 November 2017.

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)