Monday, September 11, 2017

Tips Memilih Pompa Air yang Tepat dan Berkualitas



Sumber: bukalapak.com
Hidup tanpa air? Duh, kayaknya nggak bakalan mungkin.  Tidak minum dalam tiga hari saja manusia bisa jadi langsung mati. Gimana tanpa air? Wah, nggak kebayang. Ngomongin soal air tentunya nggak akan jauh dari alatnya dong. Yup, pompa air.


Pompa adalah salah satu peralatan yang begitu penting di kehidupan kita, terutama kehidupan rumah tangga. Dengan adanya pompa air, kegiatan harian seperti mencuci, menyiram tanaman dan yang lainnya menjadi semakin mudah, walaupun banyak jenis pompa dan merek yang kadang membuat konsumen menjadi bingung. Untuk memilih pompa yang berkualitas, hal yang paling penting bukanlah harga pompa air tersebut, namun ada beberapa faktor penting dalam pemilihannya.

Pertama, spesifikasi pompa. Kita harus membaca dengan baik informasi yang berhubungan dengan spesifikasi pompa yang ingin dibeli. Dengan mengetahui spesifikasinya, kita akan lebih mengerti tentang jenis yang pas pada kedalaman permukaan air. Biasanya standar yang dipergunakan oleh produsen ialah kedalaman air maksimal, dimana air akan bisa terhisap. Spesifikasi ini lebih melihat daya hisapnya, tetapi jangan salah, daya hisap maksimal belum tentu bisa optimal. Walaupun daya hisapnya bisa maksimal, tetapi bisa saja yang didapatkan hanya 1 liter dalam kurun waktu 1 jam. Sudah pasti hal ini kurang efisien.

Kedua, kedalaman air. Jangan langsung melihat harga pompa air, namun lihat terlebih dahulu berapa kedalaman air di rumah kita. Biasanya orang memperoleh informasi yang tidak tepat tentang kedalaman permukaan air. Seringkali mereka hanya mengetahui kedalaman sumur, bukan permukaan air. Pipa mungkin bisa dibenamkan hingga mencapai 30 meter, walaupun permukaan air hanya memiliki kedalaman 3 meter. Jika sumber air yang dipergunakan ialah sumber air lama, bisa diukur tinggi dengan memasukkan paku yang diikat pada benang. Apabila ingin memastikan apakah permukaan air dalam atau dangkal, kita bisa memanfaatkan beberapa alat contohnya seperti pipa pompa. Pengukuran kedalaman air ini penting agar kita bisa memilih pompa yang paling tepat. Tinggi permukaan air ialah jarak antara permukaan air yang tinggi dengan pompa yang kita butuhkan.

Sumber: bukalapak.com


Ketiga, daya listrik dan voltase. Pilih pompa yang pas dengan voltase rumah kita. Kita juga bisa memperhatikan daya listrik yang diperlukan dengan pompa. Sesuaikan dengan kondisi rumah, hal ini untuk mencegah listrik tidak kuat dan dapat menghemat penggunaan listrik. Pompa sumur dangkal biasanya memerlukan daya listrik 125 hingga 200 watt, sedangkan untuk jet pump memerlukan 100 hingga 250 watt. Daya listrik yang besar bukan berarti dapat menghisap air lebih dalam, namun memiliki hubungan dengan besarnya volume air yang akan dikeluarkan pompa.

Keempat, tinggi tower. Kita juga bisa memperhitungkan ketinggian berapa air yang nantinya disalurkan. Hal ini memiliki kaitan dengan spesifikasi pompa yang sering disebut dengan total head. Daya dorong juga dipengaruhi oleh seberapa dalam daya hisap, semakin pendek daya hisap akan semakin jauh dorongannya. Oleh sebab itu usahakan menempatkan posisi mesin dengan sumur yang paling rendah.

Terakhir, anggaran yang dimiliki. Harga pompa air juga harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Untuk anggaran yang Anda siapkan, hal ini akan sangat mempengaruhi merek yang akan kita beli. Kita bisa berpatokan pada beberapa poin di atas. Untuk pompa yang lebih mahal, sebenarnya belum tentu memiliki kualitas yang paling baik, namun biasanya merek pompa sangat mempengaruhi harga, biasanya banyak orang yang fanatik akan merek tertentu, Anda bisa melihat review merek tersebut. Itulah beberapa tips untuk melakukan pemilihan pompa air yang bisa  tdierapkan sebelum melakukan pembelian. Selain mengandalkan tips di atas, kita bisa berkonsultasi dengan teman-teman lain yang menggunakan pompa.

No comments:

Post a Comment