Dear, Pembaca Blog Little Mind



Di jam 11 malam ini sebenarnya banyak yang saya pikirkan. Tema blog pekan 26 ini juga membuat saya harus berpikir keras tentang bagaimana saya menjaring pembaca di blog saya. Sebelumnya saya mau bilang, tidak ada tips khusus untuk menarik pembaca karena memang saya belum merencanakannya dengan matang.


Memiliki blog lebih dari 6 tahun harusnya sudah bisa membuat saya punya banyak pembaca blog. Kenyataannya, blog saya baru benar-benar saya kelola kembali di tahun 2013, itupun karena tugas kuliah. Tujuan lain saya tentu untuk curhat. Apalagi dong? Kebisaan saya kan cuma curhat. Dan baru sekarang-sekarang ini saya lebih memperhatikan konten blog saya, supaya orang yang bertamu ke 'pikiran" saya juga nyaman membacanya. At least, nggak cuma baca judul terus di-close lagi.

By the way, dari sepanjang 2013 saya masih belum bisa menarik banyak pembaca. Meskipun sudah sering share URL kemana-mana, pageviews dan visitor masih berjalan lambat kayak siput kelaparan. Idih. Yaudah, mungkin konten yang saya bikin nggak menarik atau mungkin memang isi pikiran saya yang nggak menarik. Ya, kan judulnya Little Mind, bisa jadi emang gitu. Pikiran saya nggak menarik sama sekali buat dibaca.

Tapi... saya berusaha kok.

Kalau mau ngasih tips sebenarnya saya bingung karena saya sendiri masih nyari-nyari tips yang cocok buat menarik pembaca blog. Selain buat ningkatin trafik, pastinya juga pengen punya kenalan baru dong? Iya, kan? Saya sih gitu.

Jadi, tips pertama adalah...

Tulis Konten yang Sesuai
Sesuai sama apa? Sesuai sama yang orang cari. Kebanyakan orang nyari informasi yang berguna. Misal, cara menggaet gebetan. Idih. Tips begini meskipun receh bisa jadi banyak dicari. Soalnya makin kesini kayak persaingan dalam pencarian jodoh itu makin sulit. Ya, kan? Eh itu mah saya aja kali.

Pake bahasa sederhana
Menulis di blog itu nggak sama kayak nulis karya ilmiah. Mungkin ini sebabnya mahasiswa nggak boleh mengutip sumber dari blog pribadi. Nah, di blog biasanya bahasa yang digunakan memang lebih ringan dan nggak berbelit-belit. Lebih mudah dipahami karena yang baca bisa dari kalangan mana saja. Bisa juga disesuaikan sama gaya ngeblog kita. Jadi tetep punya ciri khas.

Perhatikan kaidah penulisan
Siapa yang suka baca tulisan ruwet bin mumetiacem 4ku 5uk4 k4mu? Nggak ada. Itu udah kelewat masanya. Meskipun sekadar nulis curhat di blog, ya minimal perhatikan juga tanda bacanya. Supaya orang nggak bingung dan nggak merasa ambigu. Selain itu, kita bisa gunakan metode Piramida Terbalik.

Apaan tuh?

Piramida terbalik ini sebenarnya dijelasin dalam teknik penulisan jurnalistik, misalnya dalam menulis berita. Tapi kita bisa juga menerapkannya ke blog. Contohnya, kalau kita punya suatu informasi, kita bisa menuliskan poin penting dari informasi tersebut di paragraf-paragraf awal supaya pembaca segera menangkap poin penting dari tulisan kita. Kenapa bentuknya poramida terbalik? Ya, karena poin penting berada di atas, barulah mengerucut pada poin yang tidak begitu penting meski keseluruhan isi berita itu penting. Well, teknik ini biasanya ada di berita-berita online ataupun konvensional. Alasan utamanya supaya menghemat space, tapi pembaca tetap mendapat informasi pentingnya meski hanya membaca bagian awalnya.

Tulisan ini sebenarnya juga belum memakai teknik piramida terbalik, ya entah... Saya selalu membukanya dengan kalimat tidak penting. Tapi semoga dengan begitu tetap ada yang mau membaca sampai akhir dan mengambil manfaatnya.

Sekian.


Purwokerto, udah ngantuk.

11 Juli 2017. 23:19.

Comments

  1. Pemikiran setiap orang itu unik. Menurutku, gak salah kok kalau kita membuat blog berdasarkan pemikiran kita saja. Meski maish sedikit yang berkunjung, tapi artinya pemikiran kita sudah dibaca oleh orang lain. Daripada tidak dituliskan, pemikiran2 kita tersebut hanya akan mengendap di otak tanpa terekspos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak, cuma aku sendiri suka bingung karena blogku masih gini-gini aja :D

      Delete
  2. Tips menggaet gebetan? Pernah nulis wi di blog lo? Bisa kali di share, atau kalau belum, di buat artikelnya. 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAhahaha makasih lho idenya. Nanti saya pikirkan mau ditulis apa engga :D Eh tapi kalo ditulis nanti ketauan dong trick saya menggaet gebetan -_-

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)