Prediksi Tren Blogger 2017

Sumber: google.com
Blog hari ini telah menjadi wadah paling banyak digunakan oleh pengguna media sosial, selain media sosial pada umumnya. Twitter, Facebook, Path, dan blog sendiri menjadi tempat untuk berbagi dalam berbagai hal. Meskipun hari ini, pengguna media baru (internet users) lebih suka mengupload foto dan video (atau vlog) sebagai konten yang dianggap lebih mudah dan menjadi tren di tahun ini.


"Males ngeblog, soalnya nggak bisa nulis."

Ada beberapa orang yang memang sengaja menghindari blog dengan alasan tidak bisa menulis, padahal di blog kamu bisa nulis apa saja. Curhat pun boleh, tapi ya suka-suka, sih. Nah, kalau bicara tren blogger, menurut intuisi saya (yang sok tahu) bakal ada lima tren yang muncul di arena perbloggingan.

1. Travel
Segala macam jenis perwisataan bakalan jadi tren blogger. Pasti. Siapa yang nggak suka jalan-jalan? Siapa yang sering ngomong, "Duh, kurang piknik nih!" lantas browsing tempat-tempat kece yang pernah direview oleh para blogger. Pergi ke sana, penat hilang, dan mulai menulis pengalaman di blog pribadinya. Begitu terus siklus soal travel yang sedang berkembang di Indonesia saat ini. Apalagi banyak tempat wisata baru yang gencar dipromosikan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Keberadaan travel blogger tentunya menjadi salah satu tren itu sendiri. Sebab, manusia sekarang doyannya ikut-ikutan juga. Lihat tempat bagus sedikit, diulas, kemudian ramai dan jadi rusak. Semoga kejadian semacam itu nggak terjadi lagi. Harus sama-sama menjaga objek wisata yang kita punya, ya!

2. Kuliner
Makan itu kebutuhan, kan, ya? Makanan unik, bervariasi, dan terkenal dengan rasanya yang lezat, tentu akan dikejar oleh penggila kuliner. Nah, keberadaan culinary blogger di sini sangat berperan. Selain lewat hashtag di instagram, orang-orang pasti bakalan nyari 'makanan unik' yang ada di suatu kota melalui postingan para blogger juga. Mulai dari lokasi, harga, dan sampai menu biasanya dijelaskan secara gamblang oleh bloger kuliner. Bagi saya yang juga doyan jajan sekaligus plesir, nyari tau info kuliner yang lengkap itu wajib. Karena, main ke suatu kota itu nggak lengkap kalo nggak sekalian cobain makanan khasnya.

3. Fashion and Beauty
Perempuan hari ini selalu ingin tampil cantik, baik di dunia nyata maupun di media. Banyak banget kalau mau nyari yang namanya review kosmetik ataupun mix and match pakaian apapun di blog. Kalau dibilang tren, saya yakin ini bakalan jadi tren. Saya jadi inget, gimana saya nyari banyak referensi buat satu merek lisptik doang. Yakin deh, yang namanya beauty blogger nggak bakal kehabisan ide, soalnya make up trend itu berkembang dan kosmetik mulai macem-macem. Pun dengan fashion, model pakaian, sampai aksesorisnya juga ganti-ganti tiap tahun.

4. Techno Blog
Ini yang bakalan jadi tren juga menurut saya. Kenapa? Simpel aja, soalnya teknologi berkembang dan banyak banget orang awam yang nggak paham sama teknologi itu sendiri. Gagap teknologi istilahnya mah. Nah, techno blogger ini yang bisa jadi 'dewa' soal teknologi bakalan jadi yang dicari-cari sama orang awam. Belajar dari tulisannya, tutorial, dan segalam macem istilah yang nggak saya ngerti itu. Intinya, tetep masih jadi tren 2017.

5. Lifestyle Blog
Ini yang terakhir dan paling banyak dilakuin sama bloger "gado-gado" macem saya. Isinya apalagi kalo bukan curhat? Blog macem kayak gini bakalan jadi tren? Bisa dong, soalnya sampai hari ini masih banyak yang galau, sakit hati, patah hati, sampai susah move on. Hahaha. Curhat di blog itu bisa jadi hikmah buat orang lain. Saya jadi inget, ada tulisan saya yang bikin orang meyakinkan diri buat menikahi perempuannya. Ya, semoga saja nikah beneran. Aamiin. Karena kehidupan yang semacam ini enak buat diceritakan dan diambil manfaatnya, meskipun harus sedih sendu gundah gulana. :D

Nah, itu tadi lima tren blogger 2017. Semoga kejadian!


Purwokerto, habis di-PHP-in dosen.
Kasian liat draft proposal masih mulus di meja dosen. :(
3 April 2017.

Comments

  1. Dari ke-5 point tersebut, no 1, 2, dan 5 adalah tema yang mendominasi blogku. Yha, bloger ala-ala tanpa niche. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya mbak, saya juga blog yang ga ada nichenya. Yang penting ada isinya hehe

      Delete
  2. Blogku tidak berniche hehehe. Setuju, kalau travel, techno sama beauty bakal ngetren tahun ini. Yang sabar ya Tiwi, dosen kadang begitu, suka php. Apalagi sama draft proposal #oot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaak. Semoga beneran jadi tren wkwk.
      Sabar terus kaaak. Doakan ya. Hehe

      Delete
  3. Mmm... kalo blogger tukang curhat masuk kategori lifestyle yak? :D blogku sebagai pencegah setres heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masuknya lifestyle, atau personal blog. Hehehe. Wah, kalo udah terlanjur stres gimana kak?

      Delete
  4. Tos. Ada beberapa yang sama prediksi kita, hehehe

    Kalo Kuliner bakalan banyak banget deh nantinya.. Surabaya sini makin byk cafe baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener nih. Makanan mulai bervariasi. Bikin pengen jajan mulu ya kak huhu ga sebanding sama isi dompet wkwk

      Delete
  5. sing penting kuliner lan travel gerakan pesona indonesia ya kak :)

    ReplyDelete
  6. blogger gado-gado macam saya ini ga masuk ya??? Haha...

    ReplyDelete
  7. wah aku harus rajin review produk kecantikan ya bu... aku tertarik beauty nih...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)