Monday, April 24, 2017

Kolaborasi Bersama Antarkomunitas



Menemukan ide di detik-detik garis batas.

Mendengar kata kolaborasi sesungguhnya saya langsung terpikirkan pada musisi, penulis, ataupun penulis dan musisi. Namun, sepertinya kolaborasi antarmusisi ataupun penulis sudah sangat mainstream. Berbekal pengetahuan soal kepecintaalaman serta kecintaan saya pada dunia literasi, maka saya akan membahas sebuah kolaborasi unik yang ada di Yogyakarta.


Tangga; 22 April kemarin diperingati sebagai Hari Bumi. Tentunya, komunitas yang ada di Yogya ini tidak diam begitu saja. Mereka yang terdiri dari komunitas KOPHI, Communitea, Klub Buku Yogyakarta, dan Indonesia's Sketcher Jogjakarta mengadakan sebuah kolaborasi yang bertema April for Earth. Kolaborasi semacam ini tentunya mampu membangun kerjasama untuk menghasilkan sebuah kegiatan yang bermanfaat.

Kolaborasi ini ternyata menggabungkan tiga kegiatan sekaligus dalam satu waktu. Teman-teman dari KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia - Jogja) mengadakan aksi gerakan 1000 tumbler. Dimana mereka memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengganti botol minum plastik dengan botol minum yang lebih ramah lingkungan. Bagi saya, ini merupakan aksi yang cukup bagus mengingat keadaan bumi hari ini yang semakin parah.

Sedangkan Klub Buku Yogyakarta, sesuai dengan bidangnya, membuka perpustakaan jalanan yang mana warga Jogja bisa membaca buku dengan gratis di hari itu. Selain menambah edukasi mengenai hari bumi, pengetahuan lain juga bisa didapatkan dengan membaca buku, kan?

Komunitas Indonesia's Sketcher Jogjakarta pun tak mau ketinggalan dengan menggelar aksi live sketching dengan tujuan mengembangkan semangat bercerita di lokasi secara langsung.

Kolaborasi semacam ini tentunya banyak terjadi antarkomunitas, baik yang sevisi, maupun berbeda visi seperti yang dilakukan oleh tiga komunitas tersebut. Bagaimanapun, ketiga komunitas tersebut tetap menghasilkan sebuah kegiatan positif bagi masyarakat.


Purwokerto, dah nggak tau mau nulis apa.
24 April 2017. 22:04

6 comments:

  1. Komunitas yang senang bersentuhan dengan alam seperti ini selalu memancing decak kagum saya. Mereka benar-benar mem-bumi...

    ReplyDelete
  2. LBI juga bisa dikategorikan kolaborasi ya kan? Kolaborasi antara penyelenggara (admin) dan peserta.

    ReplyDelete
  3. semoga kegiatan kolaborasi seperti ini terus ditingkatkan, sehingga semakin banyak manfaatnya bagi anggota komunitas dan juga orang banyak

    ReplyDelete