Menulis Kreatif Itu Gimana, Sih?


Saya tau ini bakalan nggak nyambung, tapi ya dilanjut aja, udah nulis segini banyak.

Menulis bagi saya sudah kayak makanan. Tetep harus ada, meskipun nggak tiga kali sehari. Kegiatan menulis, baik dengan tangan maupun keypad/keyboard kayaknya sudah jadi kebiasaan. Mulai dari menulis status, ngeblog, ngetik chat, sampe menulis beneran di buku harian. Hal-hal kayak gitu sering banget saya lakukan, karena memang saya hobinya ngetik-ngetik atau nulis-nulis apapun yang saya suka.


Menulis itu nggak asal jeplak kayak omongan, harusnya. Tetapi biasanya akan ada dalih semacam, "Suka-suka gue dong, tulisan-tulisan gue". Ya, nggak apa-apa juga sih, asal tulisannya tetap bermanfaat. Meskipun saya juga nggak tau, tulisan saya di sini banyak manfaatnya atau engga. Ya semoga dari setiap curhatan yang saya tulis bisa tetap diambil hikmahnya. Hehehe.

Ada banyak orang kayak saya, yang nulis apa aja tanpa mikirin tulisan ini menarik atau nggak buat orang lain. Padahal, sebagai bloger tentunya kita dituntut harus kreatif, minimal sekali posting bisa banjir komentar lah, meskipun belum sampe viral.  Buat saya, jadi orang kreatif itu susah, karena saya orangnya mainstream. Dan saya masih belum bisa bikin ide yang out of the box. Soalnya saya masih ada di dalem box, jadi susah :(

Kalau mau ngomongin soal kreatif, pastinya ide kreatif di tiap orang bakalan beda-beda. Kalau dari saya, ada beberapa yang menurut saya bisa jadi tips menulis kreatif, walaupun ya jangan heran, nggak akan se-wow yang kalian pikir.

1. Tulis apapun yang ada di sekitar
Ini ide menulis termudah yang pernah ada di dunia. Misal, kamu punya kucing di rumah. Nah, kamu bisa nulis deh soal kucing kamu. Ide kreatifnya: Kucing kamu berubah jadi siluman, atau kucing kamu kanibal, atau kamu bertukar tubuh dengan kucringmu. Mainstream, ya? Hm, yaudah.

2. Menulis ala sastrawan
Ini mungkin bakalan keliatan susah, karena kalo ala sastrawan kan harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Ide kreatifnya: Sisipin deh majas ataupun perumpamaan yang sederhana, tapi ngena pas orang baca. Hm, apa ya contohnya? Baca puisi saya aja deh di sini.

3. Pembuka kalimat yang cetar
Saya pernah ketemu seorang editor yang selalu bilang kalau, "Saya nggak akan baca keseluruhan naskah, cukup di paragraf pembuka". Nah begitupun sama artikel di blog, kalau awalnya udah "nendang", pasti kamu bakalan lanjutin karena penasaran kenapa kamu ditendang. Hahaha.
---

Menulis itu asik, tapi kalo menulis dengan video itu gimana? Atau video menulis kreatif itu apa? Nah, temanya kali ini adalah video menulis kreatif, dimana kita disuruh menjabarkan apa sih menulis kreatif itu melalui sebuah video.

CATATAN DI BALIK PROSES.

Saya yakin video ini sangat-sangat seperti tidak layak upload karena editannya sungguh kasar, tidak punya plot yang jelas dan asal tempel. Tidak mengapa, yang penting kamu harus tau prosesnya.

H-1 deadline saya membuka aplikasi Sony Vegas Pro 11 yang saya miliki sejak 3 tahun lalu. Dan... filenya rusak. Akhirnya saya memutuskan untuk download kembali. Setelah download selesai, saya disibukkan dengan patching file yang berkali-kali gagal. Hingga rasanya ingin membanting laptop yang sudah uzur serta memaki admin LBI yang demikian, tapi saya urungkan karena masih sadar kalau laptop saya masih berguna dan admin LBI sudah sangat baik pada saya.

Dua jam berlalu, akhirnya proses instalasi dan segala buntutnya selesai. Sony vegas bisa digunakan kembali. Saya langsung mengedit opening video (if you know that I used an instan template for intro). Kemudian saya tidur. Hari ini, saya menyelesaikan, masih dengan ide awal, tanpa plot yang jelas, saya dengan rusuh asal masukin gambar, text, transitions, musik, dan suara-sember-saya-yang-lagi-flu.


Dan, hasilnya semacam video yang pantas dimaki-maki, walaupun bikinnya dengan effort besar karena saya udah lama nggak mainan Sony Vegas. Silakan dan mohon maaf apabila merusak penglihatan dan pendengaran Anda semua. Dan terima kasih sudah menonton. Tak usah disubscribe, tidak penting. Komen di blognya aja yaaaa! :3

Purwokerto, an unpredictable moment was happenned.
21 Maret 2017.

Comments

  1. Ternyata pakai sony vegas juga ya?

    Aku br tahu applikasi ini dr hasil bebaca postingan peserta LBI ttg video menulis kreatif.

    *noted: siap2 belajar sony vegas*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbaaak. Aku pake sony vegas doang bisanya hehehe

      Delete
  2. Sony vegas, kayaknya menarik app nya. Kata pepatah Rusia, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Semangat :-)
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasinya mudah kok, aku belajar otodidak, cuma belum bisa pro hahaha
      Nah, ini hasinya entahlah.

      Delete
  3. Jadi penasaran sama sony vegas :) suaranya tiwi enak nih. Gak kaya suara aku hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kakak ngeditnya pake apa?
      Hahahaha aku selalu nggak pede sama suaraku malah. Itu sampe 3 kali take suara demi nggak kedengeran cempreng :')

      Delete
  4. Waaaa kita satu tim, Sony Vegas. Toss!

    Kalo nggak bisa berpikir out of the box, coba berpikir without the box =)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, asik asik ada temennya. Aku masih tahap belajar banget nih. Suka lupa step by stepnya.

      Without the box? Boleh juga tuh :D

      Delete
  5. Opening videonya lumayan tuh mbak.. Hehe

    Saya gak pernah bener-bener tau apa itu menulis kreatif. Jangan2 menulis biasa [inside the box] pun adalah kreatif karena semua orang sudah menulis kreatif [outside the box].
    Eh, bingung ya mbak.. saya juga.

    Btw, salam kenal. Ini dipanggilnya Afrianti apa Pratiwi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kamu bener juga kak. Kenapa kita harus repot milih out of the box kalo orang2 pada milih itu juga, ya? Wih cerdas!

      Panggilnya Tiwi aja :)

      Delete
  6. Saya sudah nonton dan tidak tertarik untuk memaki-maki. Pertama, karena tahu proses kreatifnya kaya gimana. Kedua, hasilnya tidak terlalu mengecewakan sbg vlogger pemula. Aku sendiri malah sama sekali tak bisa mengedit video. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha makasih mbaaaak. Kecup jauh :3
      Iya, aku nggak bisa bikin video yang bagus, makanya editannya pun masih asal tempel gitu. Semangat belajar edit video mbaak! :)

      Delete
  7. Wah baru tahuu kalo ikutan Liga Blogger. Huehehee. Semangat tiwi! \(w)/

    ReplyDelete
  8. Great! Kamu udah paham apa itu menulis kreatif. Seperti priceza.co.id yg kreatif dengan konsep pembanding harga, kamu juga kreatif sampai bikin video. Belajar lewat visual jadi hiburan tersendiri, gak bikin bosen dan lebih cepat 'nangkap'. Ya gak?

    ReplyDelete
  9. Bagus mba, bekel banget ho bisa menulis dan membuat video kreartif, lagi banyak dibutuhin di dunia kerja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, tapi saya juga masih harus banyak belajar buat ngedit video. Hehehe

      Delete
  10. Saya bingung, Mbak. Selama ini saya nulis, tapi udah kreatif belum ya?

    Soal menulis hal sekitar itu kadang yang susah. Karena yang saya amati terlalu banyak dan menarik, nanti jatuhnya malah kayak syutin Dunia Lain. Nyeritain hal-hal sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nggak apa-apa kak. Kan bisa dijadiin beberapa postingan. Ambil menariknya dong yang orang nggak banyak tau :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)