Alasan Mengapa Kamera Digital Masih Unggul Dibanding Kamera Smartphone

Sumber: google,com
Perkembangan teknologi kian terasa dari tahun ke tahun. Perkembangan ini dapat dirasakan dan dilihat seperti halnya teknologi kamera yang kini sudah dibenamkan dalam sebuah smartphone atau ponsel pintar. Tak hanya itu, para vendor ponsel bahkan berani mengklaim bahwa kualitas kamera pada smartphone buatannya sudah setara dengan fitur dan kualitas kamera digital profesional. Demi alasan kepraktisan, masyarakat kini lebih sering menggunakan kamera ponsel dibandingkan menggunakan kamera digital. Padahal, kamera digital masih jauh lebih unggul dibandingkan kamera pada smartphone. Mengapa? Simak ulasannya dibawah ini. 

Ukuran Sensor yang Berbeda 
Ada beberapa alasan, industri kamera digital sampai saat ini masih bertahan diantaranya masih banyak masyarakat yang paham tentang kamera digital yang mempunyai fitur yang tidak dimiliki oleh kamera ponsel. Fitur tersebut salah satunya adalah ukuran sensor yang berbeda. Bila dibandingkan dengan kamera ponsel, ukuran sensor kamera digitial jauh lebih besar. Artinya kamera digital mampu menangkap cahaya lebih besar sehingga memotret dalam kondisi minim cahaya, gambar yang dihasilkan jauh lebih jernih dan berkualitas. Beda halnya dengan kamera ponsel, sensor yang dimilikinya tidak sebesar kamera digital sehingga saat menangkap gambar saat kondisi minim cahaya, hasilnya pecah dan gelap. 

Kualitas Gambar Jauh Lebih Tajam 
Meskipun ada beberapa produk smartphone yang bisa menangkap gambar saat kondisi minim cahaya, gambar yang dihasilkan pun tidak akan setajam kamera digital. Hal ini bisa dibuktikan saat foto-foto tersebut dicetak dalam ukuran yang besar. Hasil kamera smartphone tentu tidak akan setajam hasil cetakan kamera digital lantaran resolusi megapixels kamera digital jauh lebih baik dibandingkan kamera ponsel. Ukuran foto apapun, hasil kamera digital tetap berkualitas.  

Warna Lebih Lengkap 
Kelabihan lain dari kamera digital yang tidak dimiliki oleh kamera smartphone adalah mampu menangkap warna-warna tertentu yang sulit diabasikan oleh kamera ponsel. Misalnya saja warna api saat membakar sate. Tentu saat menggunakan kamera ponsel, warna api cenderung terlihat bergeser ke ungu. Beda halnya dengan kamera digital, warna yang dihasilkan mirip seperti aslinya. 

Kini Ada Fitur WiFi-nya
Dari sisi kepraktisan, kamera digital juga mempunyai kamampuan yang setara dengan kamera smartphone. Bila pada smartphone, gambar bisa dipindahkan dengan fitur bluetooth, kamera digital juga sudah memiliki fitur WiFi yang terpasang untuk mentransfer foto. Bahkan ada beberapa produk kamera digital yang sudah bisa menampilkan panel layar sentuh yang intuitif mirip seperti layar ponsel pintar.

Tentunya antara kamera ponsel dengan kamera digital punya pasar segmen yang berbeda. Namun bila Anda memang mempunyai hobi fotografi sebaiknya menggunakan kamera digital agar gambar yang dihasilkan bisa memuaskan. Tenang, dari sisi harga, harga kamera digital terbaru sangatlah terjangkau sebab kamera digital kini bukan lagi menjadi barang elektronik yang hanya dimiliki untuk orang-orang tertentu saja. Sudah siap untuk membuktikannya? Anda bisa mendapatkan update harga terbaru di Mataharimall.com.

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)