Tuesday, January 17, 2017

Bicara Konten dalam Pemasaran Online

Sumber: www.google.com
Mungkin kalian, para pembaca, tidak sadar bahwa apa yang saya tuliskan dalam beberapa tulisan belakangan selalu bersifat "menjual" atau mempromosikan suatu produk dengan sengaja. Keberadaan blog saya ini tentunya membutuhkan "isi" lebih dari sekadar susunan huruf tak beraturan. Tulisan-tulisan itu punya makna, tujuan, dan jalannya masing-masing kepada pembaca, meski saya gencar mempromosikannya juga.

Apa yang saya lakukan ketika mempunyai blog tentunya tidak serta merta membiarkannya dihinggapi kekosongan begitu saja. Saya mau blog saya penuh berisi cinta hal-hal yang bermanfaat bagi pembacanya. Saya tidak ingin membuat mereka hanya sia-sia datang ke sini untuk melihat catatan kegalauan saya yang merajalela.

Sampai dengan hari ini sesungguhnya saya sendiri masih sering kebingungan untuk memetakan apa yang akan saya ketik di badan blog. Kebingungan itu kemudian mengubah saya menjadi monoton dengan memposting hal serupa di beberapa postingan. Padahal, ada beberapa langkah yang mampu menjadikan sebuah ppstingan blog tampak menarik, selain dengan pemilihan topik atau ide konten yang tepat dalam setiap postingannya.

Setiap tahun tentunya dunia blogging memiliki trend tersendiri, baik di Indonesia maupun mancanegara. Saya banyak mengamati blog-blog yang sudah cukup terkenal. Dari blog-blog tersebut, saya banyak belajar dan juga mengamati. Dan... ada tiga trend content dalam dunia blogging yang saya anggap mampu menaikkan traffic pengunjung itu sendiri.

1. Content Marketing
Well, content marketing sesungguhnya sudah ada sejak dulu kala. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya beberapa kali memposting artikel yang bersifat "soft selling" untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Content marketing ini bagi saya menjadi trend 2017 karena banyak bloger yang juga membuat content marketing di blognya.

Mengapa konten marketing menjadi trend 2017? Bloger hari ini adalah sebagai media promosi selain menggunakan iklan konvensional. Oleh sebab inilah akhirnya bloger seringkali diajak bekerjasama dengan brand sebuah produk maupun jasa untuk turut mempromosikannya. Content marketimg pun seringkali mengikuti gaya bahasa bloger dalam penulisan kontemnya dengan tetap memperhatikan apa yang akan dipromosikannya.

2. Travel Blogging
Ini juga salah satu konten yang akan menjadi trend di tahun 2017. Sebab, banyak lokasi wisata yang mulai gencar didatangi pengunjung. Biasanya pengunjung akan mengabadikannya melalui gambar dan tulisan, termasuk mencatat perjalanan dan deskripsi mengenai lokasi wisata tersebut. Well, saya juga beberapa kali menuliskan perjalanan saya menuju suatu tempat wisata dan menambahkan beberapa gambar  pendukung untuk saya bagikan ke orang lain.

Travel blogging saat ini menjadi populer karena kembali pada hakikat manusia yang ingin menunjukkan eksistensinya. Pun tidak hanya itu, travel blogging juga berpotensi dalam pengembangan content marketing.

3. Fashion and Beauty Content
Ini dia salah satu tren konten yang biasanya banyak dicari oleh kaum perempuan. Fashion and beauty memang sulit dipisahkan dari perempuan. Buian gender, tetapi memang keberadaan fashion and beauty content biasanya dilakukan oleh bloger perempuan yang banyak menggunakan produk kecantikan dan juga menyebarluaskan tren fashion tahun ini. Konten model ini tentu saja banyak jenisnya selain hanya review produk. Biasanya lebih ke arah tutorial atau tips-tips.

Saya sendiri jarang sekali menulis tentang fashion and beauty blogging karena... blog saya bukan membicarakan hal tersebut. Dan memang saya belum begitu mampu untuk menuliskan review produk kecantikan. Dikarenakan fashion and beuaty content menjadi tren, tentu dua topik tersebut mampu dijadikan content marketing dalam sebuah blog.

Itu tadi tiga hal yang menjadi tren konten tahun 2017 dan yang berpotemsi menjadi content marketing di media sosial.

Karang Nangka, seusai rapat jam 2 dini hari.
17 Januari 2017.

15 comments:

  1. Travel, fashion & beauty .... dan food memang nggak ada matinya. Makin hits malah yaa :)

    ReplyDelete
  2. Ya karena kita cewek sih, emmm beauty content juga dicari. hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Soalnya cewek banyak cari hal-hal soal tutorial semacam itu. Yaaa semua pengen cantik dan pengen bisa wkwk

      Delete
  3. Travel blogger masih melegenda sampai saat ini ya, Mbak. Semakin banyaknya kebutuhan orang akan piknik, semakin banyak juga yang browsing tempat wisata di goole. Peluang banget buat Blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeet. Apalagi banyak lokasi wisata yang belum terjamah. Kalo kesana rasanya pengen pamer mulu di blog wkwk

      Delete
  4. Travel blogger maih eksis, apalagi dilengkapi dengan reportase secara audio visual, makin memikat dan mengundang penasaran utk ber traveling ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Bener banget. Bikin tergoda orang-orang.

      Delete
    2. bener banget tuh, testimoni secara video nih yang masih jarang, coba kalau reportase ngga cuma artikel namun ditambah video juga

      Delete
  5. Ini bukan tema yang dimaksud deh. Kok bahasnya ke sini.
    Konten marketing itu yang ingin dimaksud adalah tulisan, video, podcast (audio), dan visual seperti grafis.

    ReplyDelete
  6. Konten marketing ternyata baru rame di tahun 2017, baru tahu aku... Makasih mbak infonya... Salam kenal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Padahal sebenernya udah lama adanya, tapi baru jadi trend di 2017. Hehe. Salam kenal kembali ya :)

      Delete