Saturday, July 22, 2017

Mino dan Batik Pringmas Papringan, Oleh-Oleh Khas dari Banyumas


Setelah tidur nyenyak dan menikmati pagi yang dingin di Baturaden serta menyerap ilmu dari Pak Sudiyanto, Tim Juguran Blogger #3 menuju tempat lain di daerah Sokaraja.

Bus yang kami tumpangi ramai dengan musik dangdut yang juga familiar di telinga saya. Ya gimana enggak, tiap pergi kemana pake bus seringnya diputarkan lagu dangdut. Apa memang lagu dangdut nggak bikin ngantuk, ya? Kalau saya sih ngantuk mah ngantuk aja. Nggak peduli sama lagu. Hahaha.

Perjalanan siang itu memakan waktu sekitar satu jam, waktu yang cukup buat saya tidur lagi.  Setelah puasa 'bobo siang' di bus, kami akhirnya sampai di rumah produksi Mino Pak Narwan di Jalan Jaya Serayu No. 88, Banyumas.

Mino apaan, sih?

Hari sebelumnya Mbak Olipe sudah memberitau saya soal Mino ini. Katanya Mino itu makanan khas Banyumas, bebtuknya kue gitu. Tapi Mbak Olipe nggak ngasih tau saya apa singkatannya. Makanya sampai di rumah Mino pun saya masih bertanya-tamya kayak apa sih Mino itu. Ternyata... Mino itu Mini Nopia. Kalo itu sih aku sering makan! Nah, sedangkan Nopia itu bentuknya lebih besar lagi dan saya malah belum pernah makan yang Nopia ukuran besar.

Ini Nopia.

Seneng banget rasanya bisa mengunjungi rumah produksi Mino. Mulai dari pembuatan, pembakaran, sampai pengemasan. Bener-bener baru pertama kali lihat proses produksinya. Tapi, yang unik dari proses pembuatan Mino ini ada pada proses pembakarannnya. Jadi, Mino yang sudah dibentuk kecil-kecil ini kemudian dimasukkan ke dalam wadah semacam gentong tanah liat yang sudah di panasnya. Tapi... ditempel di dinding gentongnya gitu. Satu gentong itu bisa untuk membakar 800 buah Mino. Keren!

Ini yang saya bilang satu gentong isi 800 Mino. Btw, itu gentongnya panas, kalo kena kulit ya langsung melepuh.

Mino dan Nopia ini punya berbagai varian rasa, yaitu cokelat, gula jawa, durian, dan brambang (bawang merah). Harga satu bungkus Mino berukuran 300gr cuma Rp 11.000,-, sedangkan yang besar Rp 18.000,-. Cocok banget lah buat oleh-oleh kalo mau pulang kampung.

Ini baru Mino (Mini Nopia)

Well, nggak cuma Mino yang bisa kita bawa sebagai oleh-oleh, tapi ada satu lagi nih. Batik! Yup, kami juga diajak mengunjungi Batik Pringmas di Papringan, Banyumas. Selain melihat beragam motif batik yang dipajang di sana, kami juga belajar membatik langsung, lho. Demi apapun, ternyata membatik itu susah! Wajar dong kalo harganya mahal karena memang proses pembuatan batik tulis itu memakan waktu yang lamaaa!

Mari membatiiiik!


Saya ternyata nggak ada bakatnya buat membatik. Ampun deh, ngebatik satu kain seukuran saputangan aja butuh waktu lama. Sedangkan ibu-ibu di sana beuh... 5 menit juga jadi!

Sepanjang agenda di Batik Pringmas, Papringan, kami juga mendapat sambutan oleh mbak-mbak cantik dari Hotel Santika Purwokerto dan bincang-bincang asik bersama Bapak dan Ibu dari Bappeda Litbang Banyumas serta perwakilan dari Bank Indonesia. Sebagaimana baru saya ketahui juga bahwa Batik Pring Mas ini ternyata bekerjasama dengan Bank Indonesia dan membuka galeri di Hotel Santika. Jadi, kalau mau beli kain Batik Pring Mas bisa juga di Hotel Santika Purwokerto, ya!

Koleksi batik di Batik Pring Mas, Papringan, Banyumas.

Masih bingung mau bawa oleh-oleh apa dari Banyumas? Udah lah bawa Mino sama Batik Pringmas aja. Hehehe. By the way, masih ada cerita selanjutnya yaa!

Tulisan ini dibuat dari kegiatan Juguran Blogger di Banyumas bersama Blogger Banyumas dan di dukung oleh Bapeda Litbang Banyumas, Bank Indonesia, Loja De Cafe, Fourteen Adventure, PANDI.ID dan Hotel Santika Purwokerto.


Kamar Kos, mari nyekripsi lagi.
22 Juli 2017. 01:12.

Thursday, July 20, 2017

Meraba Jarak


Kemarin, saat daun-daun menggugur 
Saat embun pagi menetes di ujung 
Aku bertemu pagi dengan salam kepahitan 
Sendu yang merengkuh lebih dalam hari-hari sebelumnya 

Juguran Blogger Banyumas #3: Ada Kesan di Setiap Pertemuan



Malam itu saya masih terjaga di depan laptop sembari menggarap bab IV skripsi ketika info soal Juguran Blogger Banyumas mampir ke ponsel saya. Melihat kata "GRATIS" tentu saya langsung tertarik. Apalagi saya anaknya suka yang gratisan. Hahaha. Iya, kan? Siapa yang nggak suka gratisan coba? Lalu, saya baca flyernya berulang-ulang untuk menetapkan hati: ikut atau tidak.

Monday, July 17, 2017

Serba-Serbi Transportasi Online di Purwokerto


Di zaman yang serba digital ini, sepertinya semua hal menjadi sangat mudah dilakukan, termasuk dalam hal mengakses pemesanan jasa transportasi. Kalau dulu setiap pulang sekolah saya harus menyetop angkutan umum di pinggir jalan, sekarang tinggal pesan lewat aplikasi, kita bisa langsung dijemput dengan nyaman. Dunia sudah berubah.

Saturday, July 15, 2017

Aku Tak Marah by Djokolelono



Judul: Aku Tak Marah | Pengarang: Djokolelono | Penerbit: Moka Media | Tahun Terbit: Juli 2014 | Jumlah Halaman: 152 hlm. | ISBN: 9789797958 | Harga: Rp 38.500,- (Saya beli di BBW harganya Rp 7.000,-)

Thursday, July 13, 2017

Mengosongkan Ingatan


Orang-orang menatap jalan dengan seenaknya, sedang aku menatapmu dari dekat tanpa berkata-kata.

'Kenapa diam?' katamu. Aku cuma meringis.
Menciptakan kenangan manis yang mungkin hari ini kaulupa,
seperti jalanan lengang yang jarang kausapa
Celoteh orang-orang di kedai makan menenggelamkanku pada diriku sendiri
Aku yang berusaha memanjat ke pikiranmu, tapi tak pernah sampai

Tuesday, July 11, 2017

Dear, Pembaca Blog Little Mind



Di jam 11 malam ini sebenarnya banyak yang saya pikirkan. Tema blog pekan 26 ini juga membuat saya harus berpikir keras tentang bagaimana saya menjaring pembaca di blog saya. Sebelumnya saya mau bilang, tidak ada tips khusus untuk menarik pembaca karena memang saya belum merencanakannya dengan matang.

Friday, July 7, 2017

Best Effort For "SKRIPSI"


Ini hari kedua saya menunggu seseorang yang juga belum saya temui lagi sampai hari ini.

Lepas dari hari kemarin yang membuat saya cukup lelah hati menunggu seharian demi bisa bertemu dosen penguji, saya akhirnya pulang ke kosan dengan sia-sia. Ya, saya tidak mendapatkan hasil apa-apa, pembaca. Bahkan hanya setoreh tanda tangan dalam buku bimbingan pun tidak. Saya biarkan, mungkin esok adalah waktunya.

Thursday, July 6, 2017

Memudarkan Kewarasan


Senja mengapung di batas langit yang tenang
Anak-anak berlarian riang ke menuju rumah
Teriakan-teriakan anjing bersisian dengan pekat yang membentang di sepanjang jalan

Tuesday, July 4, 2017

Mengabadikan Momen Lebaran 2017




Sudah jam setengah 3 sore waktu Indonesia Barat dan aku masih baru bisa menyelesaikan beberapa halaman hasil skripsi. Beruntunglah skripsiku hanya mengharuskan duduk di depan laptop tanpa kemana. Meskipun aku bosan setengah mati, tapi aku harus menyelesaikan ini dengan segera. Biar besok bisa bimbingan. Yak, langsung saja. Hari ini, sudah hampir deadline, aku mau menuliskan cerita soal lebaran 2017 yang bisa dibilang mengesankan.

Saturday, July 1, 2017

Konspirasi Alam Semesta by Fiersa Besari


Judul: Konspirasi Alam Semesta | Pengarang: Fiersa Besari | Penerbit: MediaKita | Tahun Terbit: April 2017 | Jumlah Halaman: 244 hlm. | ISBN: 9797945359 | Harga: Rp 75.000,-

Thursday, June 29, 2017

Wilujeng Tepang Taun!

Karena saya suka foto kamu yang ini.

Wilujeng Tepang Taun!
Selamat 22 tahun. Semoga segala yang terbaik buatmu, ya.

Tuesday, June 20, 2017

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas by Eka Kurniawan

Lucu kan ya covernya.
Judul: Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas | Pengarang: Eka Kurniawan | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Tahun Terbit: April 2014  | ISBN: 6020303934 | Harga: Rp 75.000,-

Blogger itu Kreator Konten Bukan, Sih?


 Baru kemarin saya ketemu sama temen yang blogger beneran. Ya, bisa dibilang saya masih blogger ecek-ecek yang cuma bisa curhat, bisanya cuma nulis konten seputar kehidupan sehari-hari yang bahkan nggak penting buat orang lain. Faedahnya apa sih curhat di blog? Nggak akan ada yang segitu pedulinya sama saya sampe rela ngepoin blog saya juga kan? Nah, bentar nih, saya mau ngomongin soal konten kreator.

Thursday, June 15, 2017

Mudik Aman, Mudik Nyaman, dengan Transportasi Udara

Sumber gambar: pixabay.com
Menghitung hari, detik demi detik…

Potongan lirik lagu itu sepertinya cocok untuk keadaan sekarang dimana orang-orang sudah mulai menghitung mundur menuju hari raya Idul FItri. Libur hari raya biasanya diisi dengan kegiatan yang namanya mudik atau pulang kampung. Yup, tradisi ini sudah mendarah daging di hampir semua orang, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Rasanya memang kurang afdol kalau tidak mudik ketika hari lebaran tiba.

Tuesday, June 13, 2017

Happy Little Soul dan Teman Main Kirana

  
Judul: Happy Little Soul | Pengarang: @retnohening | Penerbit: Gagas Media | Tahun Terbit: 2017  | ISBN: 9789797808860 | Harga: Rp 86.000,- (Saya beli pas PO Rp 60.000,-).

Purwokerto itu Kota Satria, Katanya…

Sumber: https://www.instagram.com/p/BSqlHqnArJQ/ (dengan editan sedikit)
Tinggal di kota Purwokerto selama empat tahun sepertinya masih kurang untuk saya mengenal seluk-beluk kota ini. Kota kecil yang merupakan ibukota dari Banyumas ini dikenal dengan banyak julukan, mulai dari Kota Satria, Kota Kripik, Kota Wisata, Kota  Pelajar, Kota Pensiunan, sampai Kota Ngapak. Sebegitu banyak julukannya, kota kecil ini lama-lama mulai banyak dikenal orang dan seringkali menjadi destinasi liburan bagi para pelancong.

Saran Untuk Para Bunda dalam Membeli Baju Koko Anak Laki-Laki


Perempuan seusia saya hari ini kayaknya lebih gemes sama dedek-dedek lucu ketimbang gemes sama skripsi yang belum kelar-kelar. Iya, nggak? Sejak Ayudia Bing Slamet melahirkan bayi bernama Dia Sekala Bumi, gadis-gadis seantero instagram dan youtube langsung jatuh cinta pada dia yang dipanggil Sekala. Gimana enggak, makin hari Sekala makin sekel aja. Pipinya makin minta diuyel-uyel. Meskipun pada akhirnya penonton malah sibuk nguyel pipi sendiri ketika menonton video atau sekadar memandang foto Sekala. Ya iyalah, nguyel Sekala kan kadang ibarat kasih tak sampai.

Tuesday, June 6, 2017

Keuangan Syariah dan Segala Bentuk Turunannya


Pernah suatu hari aku terlalu sibuk mengamati kumpulan uang logam dan tumpukan uang kertas yang sudah aku kumpulkan selama beberapa tahun belakangan. Perasaan bingung dan entah mau diapakan uang itu, sempat menggelayuti pikiran yang kosong. Kadang-kadang aku bertanya pada diri sendiri, "Apa faedahmu mengumpulkan uang dengan giat? Untuk travelling kah seperti keinginanmu? Atau untuk membeli rumah kah seperti yang mamamu sarankan atau... apa?" Aku belum tau jawabannya.

Monday, June 5, 2017

Perempuan Pagi yang Tidak Suka Bangun Pagi

Demi bikin cover judul yang sesuai ekspektasi. Maafkan muka yang entah nggak bisa dikondisikan itu.
Selamat pagi menjelang siang.

Hari ini dingin. Padahal matahari di hari Minggu itu lagi panas sekali, sebelum sorenya berganti dengan hujan yang selalu bikin senewen setiap pulang kerja part time. Apalagi kalau bukan soal malas memakai jas hujan. Iya, hujan yang datang nggak deras-deras amat, tapi cukup bikin kuyup kalau sudah sampai kosan. Pakai jaket bahan kain katun juga percuma, tetap akan basah dan malah bikin masuk angin. Pake jas hujan juga malas karena... ya hujannya cuma kayak gitu aja. Nggak deres-deres amat.

Tuesday, May 30, 2017

Ketika Ramadhan di Tanah Rantau dan Segala Tradisinya


Lebaran di kota rantau bagi mahasiswa seperti saya ini rasanya sangat nano-nano. Di satu sisi, bahagia rasanya ketika kembali bertemu bulan Ramadhan, tapi di sisi lain jauh dari orang tua merupakan suatu tantangan tersendiri. Rindu dengan hidangan buka puasa dan sahur di rumah tidak lagi bisa dirasakan ketika berada di kota rantau.

Saturday, May 27, 2017

Bimo Putra Dwitya, Youtuber Ganteng dan Kocak yang Bikin Gemes


SHAAAAP Y'ALL!!!

Begitu kira-kira sapaannya ketika aku memulai video miliknya di Youtube. Belum lama ini aku lagi kegandrungan nonton video di Youtube, mulai dari vlog, tutorial, iklan, sampai film sekalipun. Ketika sedang bosan-bosannya mengerjakan skripsi, aku memilih menonton video challenge ataupun reaction yang sering dibuat oleh para youtuber. Nah, disinilah aku menemukan sesosok makhluk ganteng dan kocak yang bikin gemes pengen meluk. Damn! Boleh nggak sih? Hahaha.

Monday, May 22, 2017

Daftar Harga Handphone dengan Kualitas Audio Terbaik

Sumber: google.com
Jika Anda hobi mendengarkan musik, sudah pasti Anda selalu mendengarkan musik setiap hari. Mungkin bagi Anda mendengarkan musik adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jika sehari saja tidak mendengarkan musik, pasti akan terasa sangat hampa. Mendengarkan musik memang memberi dampak positif untuk dapat mengatasi rasa bosan. Biasanya ponsel menjadi media yang sering digunakan mendengarkan lagu. Hadirnya ponsel dengan multifungsi ini memang begitu memudahkan hidup kita, selain dapat digunakan untuk menjalin komunikasi, ia juga bisa sebagai hiburan. Bila Anda sedang mencari ponsel dengan kualitas audio terbaik, berikut daftar harga handphone dengan kualitas audio luar biasa.

Tren Video On Demand, Menonton Dengan Pilihan Sesukamu

Sumber: google.com

Sudah dua puluh pekan saya mengikuti kompetisi Liga Blogger Indonesia. Tanpa pernah absen sampai pekan ini, meskipun tulisannya kadang berisi poin singkat tanpa bisa mengeksplor lebih jauh. Dan kali ini LBI memberikan kami semua tema mengenai tren Video On Demand. Awalnya saya mau memaki, tapi tidak jadi. Ya, gimana, saya ini kan gaptek tingkat super kalau soal aplikasi macem-macem begini. Bahkan apa itu video on demand (VOD) aja saya nggak tahu. Padahal...

Tuesday, May 16, 2017

Pasar Tradisional Purwokerto yang Modern

Sumber: google.com
Jadi, ini pasar tradisional atau modern?

Bagi saya keduanya punya sisi yang secara utuh membentuk kesatuan. Ngomong-ngomong soal pasar tradisional, saya sudah lama nggak main ke pasar. Terakhir kali saya ke pasar sepertinya 2 bulan lalu ketika diminta menemani kakak saya untuk mencari barang seserahan untuk pernikahannya. Ya, memang saya tidak berbelanja, tapi sebenarnya main ke pasar itu asik. Saya kan tipe orang yang suka mengamati, jadi kalau ada di pasar ya saya suka sekali melihat-lihat.

Sebuah Misi Rahasia dalam Seminar Proposal Penelitian


“Sini, Fri, saya ACC proposalmu,” kata Pak Dosen di depan pintu ruang jurusan.

Ada denyar bahagia melihat tulisan “ACC” dari beliau di buku konsultasi skripsi. Sebab, di hari kepulangan saya menuju rumah, saya hanya diberi waktu satu hari untuk merevisi proposal supaya bisa segera melaksanakan seminar. Saya menjawab tantangan itu dengan baik, mengerjakan segala revisi semampu saya agar memenuhi target dari diri saya sendiri.

Tuesday, May 9, 2017

Si Setia yang Nggak Mau Pindah Ke Operator Lain



Lho, kamu ganti kartu lagi? Nomormu ganti dong?

Nggak, Wi. Ini cuma buat internetan kok.

Oh, kamu kalo paketan beli kartu baru?

Iya, soalnya lebih murah.
---

Saturday, May 6, 2017

Entrok dan Pemikiran Maju Perempuan


Judul: Entrok | Pengarang: Okky Madasari | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Tahun Terbit: April 2010  | ISBN: 9789792255898 | Harga: Rp 50.400,- (Saya beli obralan 15.000 kalo nggak salah).

Tuesday, May 2, 2017

Big Bad Wolf 2017 dan Pertemuan yang Menyenangkan

Tim pemburu buku murah!
Big Bad Wolf 2017 itu apa? Aku menyebutnya bazar buku terbesar se-Asia Tenggara. Meskipun nggak ada sedikitpun dari judul event tersebut yang berkaitan dengan buku. Ya, bisa dilihat, kan? Big Bad Wolf… Serigala besar yang buruk? Hm, lalu apa kaitannya dengan buku? Tidak tahu. Yang aku tau, BBW adalah salah satu surga dunia buatku. Iya, si penimbun buku ini bakalan seneng banget dong dibawa ke bazar buku yang isinya diskon sampai 80%.

Saturday, April 29, 2017

Beragam Pilihan Hotel Berkualitas di Tangerang

Sumber: abouttng.com
Tangerang merupakan sebuah daerah yang termasuk ke dalam wilayah Provinsi Banten. Wilayah ini terbagi menjadi tiga daerah pemerintahan, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Ketiga daerah peemerintahan ini kemudian disebut sebagai Tangerang Raya yang merupakan salah satu daerah penyokong Provinsi DKI Jakarta.

Monday, April 24, 2017

Kolaborasi Bersama Antarkomunitas



Menemukan ide di detik-detik garis batas.

Mendengar kata kolaborasi sesungguhnya saya langsung terpikirkan pada musisi, penulis, ataupun penulis dan musisi. Namun, sepertinya kolaborasi antarmusisi ataupun penulis sudah sangat mainstream. Berbekal pengetahuan soal kepecintaalaman serta kecintaan saya pada dunia literasi, maka saya akan membahas sebuah kolaborasi unik yang ada di Yogyakarta.

Lelaki yang Mengusap Kepalaku Dari Jauh


Ada bagian memori yang kembali ketika aku bertemu dia hari itu. Sisa-sisa masa lalu yang belum selesai. Jeda panjang yang kami lalui tanpa tegur sapa. Aku terhenyak, menatap sosoknya yang berdiri di depanku. Diam-diam aku bergumam sendiri. Itu dia. Orang yang dulu pernah aku kagumi. Orang yang dulu sempat aku perhatikan, hingga ujungnya saat itu aku menulis sebuah cerita tentang dia. Tentang bagaimana aku berharap dia mau melihatku sebagai perempuan, bukan sebagai adiknya.

Wednesday, April 19, 2017

Yuki no Hana, Pertemuan Manis di Festival Salju Sapporo


Judul: Yuki no Hana | Pengarang: Primadona Angela | Penerbit: Noura Books | Tahun Terbit: 2014  | ISBN: 9786021606728 | Harga: Rp 44.000,- (Saya beli obralan 12.000 kalo nggak salah).

Tuesday, April 18, 2017

Angan Senja & Senyum Pagi, Sebuah Kemungkinan Dalam Ketakterbatasan


Judul: Angan Senja & Senyum Pagi | Pengarang: Fahd Pahdepie | Penerbit: Falcon Publishing | Tahun Terbit: Februari 2017  | ISBN: 9786026051455 | Harga: Rp 85.000,-

Financial Technology, Awal Sebuah Kemudahan



Sebagai mahasiswa yang lebih banyak gaptek soal keuangan dan teknologi baru semacam ini, saya merasa perlu belajar banyak hal lagi. Pasalnya, mendapat tema mengenai FinTech di Indonesia membuat saya cukup kewalahan. Tetapi dengan tekad menyelesaikan segala deadline, saya coba saja menuliskannya. Meskipun mungkin saya hanya menulis ulang tanpa mengeksplor apa-apa seperti kata Om admin bulan lalu.

Tuesday, April 11, 2017

Puffy Corner, Pioneer Donat Ubi Ungu di Purwokerto



Hadir dengan tagline "Bunch of Happiness", Puffy Corner datang membawa kebahagiaan untuk para pencinta kuliner di Purwokerto. Yup, brand baru yang satu ini punya menu unik berbahan dasar ubi ungu. Salah duanya adalah donuttelo dan snowy ice varian purple yum. Duh, gimana rasanya kalau ubi ungu dijadiin berbagai macam makanan kayak gini, ya? Padahal aku taunya ubi ungu cuma bisa dikukus atau dijadiin gorengan aja.

Thursday, April 6, 2017

Mengungkap Perasaan yang Tersembunyi



Aku selalu ingat beberapa waktu ketika aku curhat pada salah seorang teman mengenai laki-laki yang aku suka. Dengan santai dia menjawab, "Ngomong aja kali kalo suka mah. Katanya emansipasi wanita, tapi begini aja nggak mau."

Emansipasi wanita? Jadi, perempuan harus berani mengungkapkan perasaan kepada laki-laki? Apa tidak aneh?

Monday, April 3, 2017

Prediksi Tren Blogger 2017

Sumber: google.com
Blog hari ini telah menjadi wadah paling banyak digunakan oleh pengguna media sosial, selain media sosial pada umumnya. Twitter, Facebook, Path, dan blog sendiri menjadi tempat untuk berbagi dalam berbagai hal. Meskipun hari ini, pengguna media baru (internet users) lebih suka mengupload foto dan video (atau vlog) sebagai konten yang dianggap lebih mudah dan menjadi tren di tahun ini.

Friday, March 31, 2017

Alasan Mengapa Kamera Digital Masih Unggul Dibanding Kamera Smartphone

Sumber: google,com
Perkembangan teknologi kian terasa dari tahun ke tahun. Perkembangan ini dapat dirasakan dan dilihat seperti halnya teknologi kamera yang kini sudah dibenamkan dalam sebuah smartphone atau ponsel pintar. Tak hanya itu, para vendor ponsel bahkan berani mengklaim bahwa kualitas kamera pada smartphone buatannya sudah setara dengan fitur dan kualitas kamera digital profesional. Demi alasan kepraktisan, masyarakat kini lebih sering menggunakan kamera ponsel dibandingkan menggunakan kamera digital. Padahal, kamera digital masih jauh lebih unggul dibandingkan kamera pada smartphone. Mengapa? Simak ulasannya dibawah ini. 

Thursday, March 30, 2017

Percakapan Singkat di Dalam Mobil

Sumber: google.com (dengan editan pribadi)

Apakah kamu pernah merasa takut ketika bertemu dengan orang baru? Perasaan takut ditipu, dicelakai, dan dimanfaatkan? Semacam ketakutan yang muncul tiba-tiba karena kamu tidak mengenal orang ini? Aku pernah.

Tuesday, March 28, 2017

Tentang Membangun Reputasi Online

Sumber: google.com (dengan editan)
Reputasi? Re-pu-ta-si. Sebuah perbuatan yang dilakukan seseorang atau lembaga untuk bisa mendapatkan nama baik, tetapi bila tidak dilakukan dengan baik maka akan jadi buruk.

Ya, begitulah pemahaman saya soal reputasi. Seseorang tentu ingin sekali dianggap punya reputasi baik di mata orang lain. Untuk mencapainya tentu ia melakukan sesuatu yang baik. Reputasi tentunya menjadi sangat penting bagi setiap orang karena adanya kehidupan sosial. Pun bagi bloger yang hidup di dua dunia, yaitu dunia maya dan dunia nyata.

Tuesday, March 21, 2017

Menulis Kreatif Itu Gimana, Sih?


Saya tau ini bakalan nggak nyambung, tapi ya dilanjut aja, udah nulis segini banyak.

Menulis bagi saya sudah kayak makanan. Tetep harus ada, meskipun nggak tiga kali sehari. Kegiatan menulis, baik dengan tangan maupun keypad/keyboard kayaknya sudah jadi kebiasaan. Mulai dari menulis status, ngeblog, ngetik chat, sampe menulis beneran di buku harian. Hal-hal kayak gitu sering banget saya lakukan, karena memang saya hobinya ngetik-ngetik atau nulis-nulis apapun yang saya suka.

Friday, March 17, 2017

Sebuah Romantisme yang Berbeda


"Aku harus pulang, mamaku ulang tahun." Salah seorang teman yang aku ingat buru-buru membeli tiket kereta demi bisa hadir di hari ulang tahun ibunya. Sungguh romantis.

Tuesday, March 14, 2017

Sebuah Nostalgia dan Dua Anak Kecil di Dalam Kereta

Sumber gambar: Pixabay. (dengan editan oleh saya)
Aku terduduk di kursiku, gerbong 3 nomor 17B. Terbiasa pergi sendiri membuatku seringkali merenungi banyak hal, termasuk hari ini. Ini perjalanan pertamaku ke Semarang. Berbekal undangan dan tawaran seorang teman untuk menginap di rumahnya, aku berangkat. Tidak ada dalam bayanganku soal hal-hal buruk yang akan terjadi. Aku selalu optimis, atau terlalu optimis lebih tepatnya. Karena aku yakin, lebih banyak orang baik dibandingkan orang jahat. Semoga saja itu benar.