Blogger dan Bloger, Apa Bedanya?


Sudah hampir dua tahun belakangan saya sedang rajin-rajinnya blogging. Ya, buat isi-isi blog aja biar nggak bersarang laba-laba, meskipun hasilnya nggak bisa dibilang luar biasa. Nah, awalnya memang aku menggunakan platform blogger.com dari Google karena terlihat mudah. Dengan begitu, seperti biasa, orang yang mengeblog pasti akan disebut blogger. Pun aku mencantumkan predikat "blogger" pada setiap deskripsi diri di media sosial karena saking seringnya aku menulis di blog.

Nah, kali ini untuk menjawab tantangan dalam LBI 2017, saya mendaoat tema Blogger vs Bloger. Saya diharapkan mampu mengulas apa yang membedakan dua kata tersebut. Meskipun memberikan identitas sebagai blogger kepada diri sendiri, saya masih awam di dunia blog. Baru beberapa waktu lalu saya mendapati diksi baru mengenai pengeblog, yaitu bloger. Yup, dengan satu huruf "g". Lalu apa bedanya blogger dan bloger?

Saya rasa tidak banyak yang tahu kalau sebutan untuk orang yang senang mengeblog telah berganti menjadi "bloger", atau lebih tepatnya itu sebutan dalam bahasa Indonesia. Ternyata, kata bloger itu sendiri sudah ada di KBBI Jilid IV.


Nah, karena saya tidak begitu memperhatikan KBBI, maka saya juga baru tahu bahwa kata bloger ini adalah kata serapan dari blogger dalam bahasa Indonesia. Jadi, kedua kata tersebut adalah benar. Baik blogger maupun bloger. Tetapi sepertinya orang-orang Indonesia lebih suka bahasa yang keminggris, supaya terlihat keren. Jadilah mereka menggunakan blogger sebagai identitas. Saya sendiri juga lebih cenderung memilih kata blogger dengan dua huruf g karena lebih bisa dikenal secara luas dan internasional. Hahaha.

Selain pengucapannya yang mirip, tentunya kata blogger lebih dikenal dengan bloger. Ya, yang lebih dulu memang selalu lebih melekat di hati. Hahaha. So, untuk penggunaan kedua kata tersebut silakan sesuaikan konteksnya dan sesuaikan dengan keinginan si pengeblog. So, which one you choose, guys?

Tulisan ini diikut sertakan dalam babak kualifikasi Liga Blogger Indonesia 2017.

Kamar kos, selagi hujan.
17 November 2016. 22:13.

Comments

  1. sepertinya kita harus banyak melihat kamus, karena kosakata semakin bertambah hihihihi :D

    ReplyDelete
  2. Jari baik Bloger maupun Blogger itu tetep bener ya hihihi. Soalnya sudah terlanjur nyaman dengan sebutan Blogger :D

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, buka postingan ini aku jadi merasa terbantu banget karena akhirnya tau kalo bloger udah masuk kbbi.

    Eh itu kok udah 2017 yak? xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah ada di kbbi.
      Itu buat kompetisi 2017 kak :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)