Thursday, June 16, 2016

5 Tempat Wisata Pantai Menawan di Lombok

Lombok sudah dikenal dengan keindahan alam dan juga eksotis pantainya oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Mereka yang mengunjungi kota ini sebagian besar ingin menikmati keindahan alamnya dan berbagai wisata lainnya.

Wisata alam di lombok meliputi wisata gunung berapi yang sudah dikenal para pendaki yaitu Rinjani dengan ketinggian kurang lebih 3.726 meter di atas permukaan laut. Selain itu lombok juga memiliki wisata pantai dengan kejernihan air yang menawan.

Selain wisata alam, lombok juga menawarkan berbagai wisata lainnya seperi wisata kuliner, wisata belanja dan masih banyak lagi. Berikut adalah pilihan destinasi wisata pantai yang wajib kamu kunjungi di lombok:

Pantai Kuta Lombok
Bukan hanya bali yang memiliki pantai kuta, lombok pun memiliki wisata pantai kuta bali yang tidak kalah indahnya. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan dan juga memiliki pasir putih yang menawan. Dengan keindahannya ternyata belum banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Jangan kaget jika merasakan suasana yang sepi saat berkunjung ke sana.

Sumber: www.initempatwisata.com

Pantai ini terletak di Desa Kuta yang tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Kamu bisa menggunakan rute dari daerah senggigi dengan durasi waktu 1,5 Jam untuk sampai ke pantai ini.

Pantai Senggigi
Pantai ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Lombok. Pantai dengan keindahan yang menawan ini terletak di sebelah barat pesisir Lombok. Walaupun tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, pantai ini memberikan suasana yang sama seperti disana.

Sumber: www.initempatwisata.com

Kamu akan disambut oleh hembusan angin lembut yang menenangkan saat sampai di pantai ini. selain itu kamu juga bisa menikmati indahnya garis pantai yang memanjang di sepanjang pantai ini.

Disana juga tersedia hotel-hotel dengan berbagai harga sesuai dengan budget yang kamu miliki. Kamu juga bisa booking hotel-hotel tadi dengan cara online, salah satu penyedianya adalah Traveloka yang akan memberikan berbagai hotel dengan variasi harga dan fasilitas di sekitar lombok.

Pantai Tanjung Aan
Pantai yang memiliki keunikan pada pasirnya ini terletak dekat dari Kota Mataram dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari sana. Pasir dari pantai ini tidak seperti pantai di lombok pada umumnya, pantai ini memiliki pasir menyerupai bulat merica. Selain itu pantai ini terletak berhadapan dengan Samudra Hindia, dan juga terdapat garis pantai yang memiliki panjang mencapai 2 kilometer.

Sumber: id.lombokindonesia.org

Pantai dengan ombak yang tenang dan kedalaman air laut yang relatif dangkal membuat pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang memiliki hobi berenang dan ber-snorkling. Namun kamu juga bisa menikmati olah raga berselancar pada ombak sore yang mulai naik.

Selain berenang, ber-snorkling, dan berselancar, kamu juga bisa menikmati pemandangan disekitar pantai dari atas bukit yang mengelilinginya. Selain itu juga kamu dapat menikmati sejuknya angin sembari berbaring pada beberapa payung kayu beratapkan jerami di sekitar pantai ini. Kamu juga dapat menikmati kelapa muda dari para penjual di sekitar pesisir pantai. Dan juga terdapat restoran yang menghidangkan masakan dengan menu khas lombok di sekitar pantai.

Pantai Sekotong
Pantai yang memiliki keindahan pantai pasir putih, terumbu karang, dan kekayaan hayatinya ini menjadi salah satu ikon wisata Indonesia.

Sekotong merupakan kecamatan di Kabupaten Lombok yang memiliki keindahan bawah laut yang menawan dengan karang-karang utuh serta berbagai penghuni di dalamnya. Kamu bisa menggunakan perahu tradisional untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya.

Sumber: www.1001malam.com
Untuk mencapai lokasi ini terdapat berbagai rute salah satunya dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1 jam atau bisa melewati rute dari Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah dengan jarak sekitar 75 – 85 km. Kamu juga bisa mencapai pantai ini melalui rute Palabuhan Nusa Peninda dengan menyewa perahu yang memakan waktu tempuh sekitar tiga jam.

Pantai Selong Belanak
Pantai ini memiliki julukan “Hawainya Lombok” oleh para wisatawan yang datang mengunjunginya. Julukannya didapat bukan karena strategi marketing para dinas pariwisata untuk menarik wisatawan, melainkan pantai ini memang memiliki pasir yang putih dan bersih seperti halnya pantai di Hawai. Untuk menuju kesini, kamu bisa menggunakan rute dari kota Mataram menuju jalur Bandara Internasional Lombok dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam untuk sampai pantai ini.

Sumber: lombokpanduanwisata.id

Kamu akan disambut oleh hamparan pantai putihnya dan juga beberapa pohon besar yang rindang memberikan kesan sejuk pada suasana pantai ini. Deretan bukit disekitar pantai memberikan suasana menjadi eksotik. Selain menikmati indahnya pantai, kamu juga bisa menyantap ikan bakar bersama keluarga dari penjual yang menjajakannya di pinggir pantai.

Pantai ini memiliki panjang sekitar satu kilometer dengan lengkungan yang menyerupai bulan sabit ini memiliki dua sisi. Sisi selatan pantai digunakan sebagai pemukiman warga sekitar dengan jumlah 40 keluarga nelayan yang mentap di sana. Sedangkan di sisi selatan bisa kamu gunakan untuk berbagai aktivitas air karena daerah ini bebas dari kegiatan penduduk sekitar.

10 comments:

  1. Lebih suka lombok, suasananya lebih nyaman dan ga hingar bingar. Jadi rileks aja rasanyaa


    Kurindu jalan2 huwaaa

    ReplyDelete
  2. Bagus-bagus pilihan pantainya dan suasananya enak benget

    ReplyDelete
  3. Wahh artikelnya baguss, thanks udah mau berbagi pengalaman.. semoga bermanfaat bagi para pembaca termasuk saya

    ReplyDelete
  4. Keren tuh yang pantai Selong Belanak.. Nice info! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang keren banget, sayang belom kesana :D

      Delete