20 Bookish Facts About Me

Buku, buku, dan buku. Mungkin teman-temanku bosan denger aku dikit-dikit beli buku. Bukuku yang keliahatan seabrek, tapi nyatanya cuma dikit ini lagi aku usahakan untuk dibaca. Hahaha. So, akan aku jabarkan 20 fakta soal aku dan buku. This is it!

1. Aku suka baca buku atau novel sudah dari SMP, tapi saat itu masih modal minjem sama temen. Nggak berani beli sendiri, nggak punya duit.

2. Ada perubahan signifikan dari genre bacaanku sejak masuk Klub Buku Indonesia. Dulu aku suka banget baca romance, teenlit, dan semacamnya. Buku fantasi yang au baca cuma Harry Potter. Sekarang sih sudah bisa baca semua genre buku, kecuali horror. Aku nggak sukaaa!

3. Dulu aku cuma tahu kalau beli buku itu di toko buku besar macem Gramedia, Gunung Agung, dll. Sejak kenal online shop yang jual buku murah, aku jadi suka kalap :(

4. Aku tipe orang yang mau-nggak-mau-harus-habis-itu-buku. Pernah suatu waktu baca buku, kalau nggak salah buku Maya-nya Jostein Gaarder. Sumpah itu udah eneg banget gara-gara nggak mudeng dan bahasanya terlalu berbelit-belit, tapi aku tetap memaksakan buat baca sampai habis. Hasilnya, aku cuma inget adegan si tokoh kirim surat buat istrinya dan nyeritain soal dia ngobrol sama tokek di dalem kamar. See?

5. Sampai saat ini sudah banyak orang yang bertanya soal, "Kamu abis budget berapa kalo belanja buku?" atau "Perbulannya ditargetin berapa?" Nggak ada yang nanya apa, "Kamu lagi mau buku apa? Nanti aku beliin." Belum adaaa.

6. Aku jadi melek soal buku apapun yang sebelumnya nggak aku baca. Contohnya kayak bukunya Dewi Lestari. Dulu aku mikirnya seri supernova itu nggak jelas dan apaan banget sih judulnya aneh. Pas beli malah langsung jatuh cinta. Hahaha.

7.  Aku termasuk orang yang bisa baca buku dimana aja. Di bus, kereta, kantin, it's ok. Parahnya kalau udah baca buku ya kayak patung yang nggak tahu sekitar. Mungkin kalau ada maling juga cuma dilirik aja. Hahaha

8. Sangat suka sekali pergi ke perpustakaan dan toko buku. It's theraphy!

9. Hal paling utama yang menjadi prinsipku ketika membeli buku adalah "Buku adalah investasi masa depan". Itulah kenapa aku nggak pernah takut beli buku banyak-banyak dalam sekali waktu.

10. Ada sekitar seratus buku yang belum aku baca dan masih menunggu dibaca dan teruts bertambah jumlahnya. Entahlah mungkin nanti masuk daftar baca.

11. Sangat ingin sekali punya perpustakaan di rumah. Oleh karena itu, aku masih nyicil bukunya :D

12. Aku sesungguhnya tipe orang yang posesif sama buku, tapi nggak enak buat nolak. Asal yang minjem tahu diri ya nggak masalah. Soalnya pernah pengalaman, seseorang meminjam bukuku dengan kondisi yang masih bagus, kemudian ketika kembali ke aku, buku itu sudah lecek seperti dilipat-lipat. Ah, hatiku ikut terlipat melihat kondisi yang seperti itu :(

13. Selalu tergoda untuk melengkapi setiap buku seri yang belum lengkap.

14. Suka buku dengan cover lama, bukan cover film. Karena menurutku buku dengan cover film jadi nggak catchy lagi.

15. Aku suka buku cetak, bukan ebook. Menurutku yang namanya buku itu ya dari kertas, bukan berbentuk digital. Kurang nyaman aja baca lama-lama di depan gadget dan laptop. Lebih asik megang buku.

16. Hingga saat ini ada 2 buku yang belum selesai dibaca: Dunia Sophie dan Night Circuss. Entah, belum sempat saja melanjutkannya. Terlanjur terhenti dan bosan. Huhuhu

17. Pepatah soal "Buku adalah jendela dunia" itu benar adanya. Bahkan buku adalah pintu kemana saja. Dari buku aku tahu banyak hal, sangat.

18.  Saking sayangnya sama buku aku sampe bikin stempel buat buku-bukuku :D

19. Next time lagi nabung buat beli rak buku di rumah.

20. Sebagai seorang pecinta buku, aku bakal menularkan virus baca buku kepada orang lain, terutama adikku di rumah. Biar bukuku di rumah nggak berdebu. Hehehe.

Sekian.

Postingan ini diikut sertakan dalam #20BookishFactsAboutMeGA oleh Nia Fajriani.



Purwokerto, 25 Januari 2016. 22:41

Comments

  1. hahaha iya, sama,,, berharap ada yang bilang ini juga "Kamu lagi mau buku apa? Nanti aku beliin." :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kak sama. Pengen sih kalo ada yang ngadoin ya buku aja wkwk

      Delete
  2. Ah ternyata Kakak anak Unsoed^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya nih aku anak unsoed. Kamu juga? :)

      Delete
  3. Poin 4 dan 14, saya banget juga. :))

    ReplyDelete
  4. Eits, poin 11 kita samaan nih! Semoga sama-sama tercapai ya. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)