Wednesday, December 9, 2015

Membersihkan Karang Gigi Gratis

Aloha! Apaan nih tiba-tiba bahas karang gigi? Coba bercermin, apakah gigimu berkarang? Atau malah berlubang? Kalau iya, silakan ke dokter gigi sekarang juga.

Jangan lupa sikat gigi sesudah makan pagi dan sebelum tidur.

Inget dong kalimat itu? Sering banget muncul di iklan pasta gigi. Kalimat itu juga nggak cuma di iklan doang, gaes. Tetapi ada juga di rumah sakit, terutama poli gigi. Lengkap dengan gambar penampang gigi yang sehat maupun yang tidak sehat.

Fyi, aku mau cerita soal pembersihan karang gigi. Masa sih gigi bisa berkarang? Karangnya kayak apa? Kayak batu karang di laut kah? Atau kayak gimana sih?

Yup, yang namanya karang ya pasti mirip-mirip ya kayak karang di laut. Tapi nih bukan berarti batu karang itu menempel di gigi kita. Karang gigi ini sih kotoran pada mulut yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama. Penyebabnya apalagi kalau bukan dari makanan, minuman, dan jarang sikat gigi. Nah lho, kamu rajin nggak sikat giginya? Hahaha.

Nah, ceritanya dua minggu lalu itu aku diajak teman kost ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed. Di sana memang ada pemeriksaan dan perawatan gigi gratis oleh dokter Co-Ass. Ya, namanya juga masih Co-Ass, masih belajar juga dong ya buat jadi dokter yang beneran. Jadi mereka memang sengaja mencari pasien dari kalangan mahasiswa. Bagunya, segala perawatan dan pemeriksaan itu tidak dikenakan biaya.

Kursi pasien.

Aku pun sempat menjalani pemeriksaan awal. Hasilnya, gigiku banyak yang berlubang. Hiks. Ketahuan deh sering makan makanan manis dan suka lupa sikat gigi kalau mau tidur. Ya, begitulah keteledoranku, tapi sekarang sudah rajin kok. Hahaha. Dan sudah mengurangi makanan manis demi kesehatan diri sendiri.

Perawatan lanjutan itu ternyata aku harus di scaling, yaitu dibersihkan karang giginya. Nah, mbak-mbak dokter yang memeriksa gigiku ini bilang kalau karang gigiku nggak terlalu banyak. Aku seketika sadar kalau aku terakhir kali ke dokter gigi itu waktu kelas 2 SD dan itu cuma untuk cabut gigi. Pantesan!

Seminggu kemudian aku melakukan pembersihan karang gigi. Hasilnya, gigiku jadi putih cemerlang kembali. Sudah bisa jadi model iklan pasta gigi nih! Hahaha. So, buat teman-teman jangan lupa sikat gigi sesudah makan, ya! Pokoknya yang rajin deh sikat giginya supaya gigi tetap sehat dan putih cemerlang. Kalau ada keluhan soal gigi, jangan lupa ke dokter gigi. Minimal setiap 6 bulan sekali ya, gaes!

Itu dia sedikit cerita soal scaling yang aku lakukan. Diperiksa dokter co-ass nggak semenakutkan itu kok. Bukan malapraktek juga. Intinya sih seneng aja. Gigiku dibersihkan dengan gratis. Siapa coba yang nggak mau perawatan gigi gratis? Hahaha. Ya, tapi tetep bayar pendaftaran 10.000 sih. Tapi tetep terhitung murah buat kantong mahasiswa. :D

Purwokerto, 9 Desember 2015. 17:19.
Lagi dengerin rekaman wawancara, tapi hujan, jadinya nyaru sama hujan suaranya.

14 comments:

  1. Dari sekian banyak hal yang paling susah diatur, berkunjung ke dokter gigi itu termasuk salah satunya. Hehe

    Btw, dibersihin karang gigi sakit gak, mba? Jadi pengen nyobain nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya juga jarang banget ke dokter gigi.
      Nggak sakit kok. Cuma agak ngilu, tapi ya lucu gitu rasanya hahaha

      Delete
  2. Wah bagus nih. Aku dulu ya gitu, ngga pernah ke dokter gigi. Tapi sejak pake behel jadi sering ke dokter gigi "wajib soalnya* dan ngga nakutin ternyata. :D
    Boleh mampir :)
    http://kliknurul.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempet ditawarin pake behel, tapi nggak mau ah~ hahaha
      sip mbak. Thankyou :D

      Delete
  3. postingan kita kook bisa samaan ya topiknya,,hahahha

    ReplyDelete
  4. kalau nambal gigi gitu gratis gak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nambal kayaknya bayar, tapi lebih murah gitu kak :D

      Delete
  5. Seumur hidup baru sekali aja ke dokter gigi buat nyabut gigi yang pecah. Belum pernah scaling, padahal pengen gitu punya gigi yang lebih bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya sih 6 bulan sekali ke dokter gigi, mbak :D

      Delete
  6. Malah belum pernah ke dokter gigi :v mau sih tapi malu takut gigi dicabut kan berlubang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gigi berlubang bisa ditambal aja kak. Gausah dicabut kalo malu hehehe

      Delete
  7. Mba, saya mau tanya kalo ke RsGM unsoed itu bisa untuk umum atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok kak. Kan memang ada dokter gigi yang untuk pasien umum :)

      Delete