Tuesday, December 1, 2015

[BOOK REVIEW] Kumpulan Dongeng Andersen by H.C. Andersen



Judul: Kumpulan Dongeng Andersen
Pengarang: H. C. Andersen
Penerjemah: Listiana Srisanti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-7984-9
Tahun Terbit: 2012
Tebal Buku: 140 hlm
---


Ini kumpulan dongeng kedua yang aku baca. Dalam buku ini terdapat 7 cerita dongeng. Beberapa diantaranya aku sudah pernah membaca atau mendengarnya. Sehingga sudah hafal isi ceritanya. Buku ini termasuk yang “aman” untuk dibaca oleh anak-anak apabila mereka sedang belajar membaca. Dibanding dengan milik Perrault, buku dongeng ini tergolong soft dan menimbulkan daya imajinasi yang cukup menyenangkan.

Tujuh cerita dalam buku ini diantaranya, Gadis Gembala dan Penyapu Cerobong; Gadis Kecil dan Korek Api; Putri Sejati; Itik Kecil Buruk Rupa; Prajurit Berkaki Satu; Putri Bajang; Pakaian Baru Kaisar.

Seperti yang aku bilang tadi bahwa buku dongeng Andersen lebih aman dibaca anak-anak karena menurutku buku ini menyimpan banyak pesan moral. Contohnya pada cerita Itik Kecil Buruk Rupa yang menggambarkan bahwa itik kecil yang buruk rupa selalu diejek dan tidak disukai oleh sesamanya maupun manusia. Dengan adanya hal ini, anak-anak diajarkan untuk berusaha menghargai sesame makhluk, tidak boleh menyakiti dan bertindak semena-mena.

Ada pula pada cerita Pakaian Baru Kaisar, dimana anak-anak diajak berpetualang melalui tokoh Kaisar yang sombong dan selalu ingin menunjukkan kekayaannya melalui pakaiannya. Oleh sebab itu, ia memesan jubah yang amat mewah, namun pada akhirnya ia hanya ditipu oleh dua orang yang mengatakan akan membuatkan baju baru untuknya. Hal ini pun mengajarkan pada anak untuk tidak menyombongkan diri.

Ya, intinya buku dongeng ini memiliki pesan moral pada setiap ceritanya. Desain cover dengan warna gold dan gambar animasinya sungguh menarik hati untuk dibaca. Ilustrasi di dalamnya juga cocok untuk dibaca anak-anak. Cuma, untuk anak yang ingin belajar membaca, aku tidak menyarankan ini karena ada beberapa halaman yang full teks . Kasihan kalau anak-anak disuruh baca segitu banyak. Hehehe.

RATE: 3,5/5

No comments:

Post a Comment