Akibat Bangun Pagi

Good morning, people!
Hayo, siapa nih yang suka begadang? Apalagi kalau begadang cuma buat melakukan hal yang nggak penting. Nah, sebenarnya apa sih enaknya begadang? Ya, kamu coba aja sendiri. Kalau dari percobaanku sih, begadang itu bikin pusing, karena aku nggak tidur sampai pagi. Jadi aktivitas yang kulakukan ketika pagi itu jadi nggak maksimal. Badan pun jadi lemes karena nggak ada energi.

“Wi, kamu bantuin ini ya.
“Nanti ya, aku belum tidur nih,.”

Nah loh malah jadi ngeles ketika disuruh bantuin temen. Hahaha. Ya, itu tadi, begadang nggak bagus banget deh buat badan. Padahal aku sayang banget sama badanku. Harusnya sih kalau sayang, pasti dirawat dong, minimal istirahatin badan supaya badan nggak capek-capek banget.

Then, aku nulis ini pagi-pagi sebenarnya aku sudah hampir berhasil memperbaiki pola tidurku. Ternyata bangun pagi itu jauh lebih asyik ketimbang bangun siang. Memang sih, rasanya nikmat sekali bangun sinag, tapi biasanya aku akan pusing setelah bangun siang dan ketinggalan solat subuh tentunya. Hahaha.  Ya, jadi sudah seminggu ini aku mengatur tidurku dengan cukup baik. Tidur jam 10 maksimal jam 11 malam dan bangun jam 5. Pola itu secara tidak langsung membuatku bisa bangun pagi. Sekarang sih masih dengan bantuan alarm, kalau sudah sering, tanpa alarm pun bisa terbangun sendiri. Nah, akibat dari bangun pagi ini banyak lho, gaes.

1. Nggak Akan Ketinggalan Solat Subuh
Nah, ini  nih yang masalah banget kalau bangun (ke)siang(an). Alasannya banyak banget. Dari mulai, “Aku kesiangan nih” atau “Aku baru tidur jam sebelum subuh nih”, atau “Aku mau nunggu subuh tadi, tapi ketiduran”, dan lain-lain. Itu sih biasanya alasanku. Hahaha. Parah banget memang! Makanya, karena sekarang pola tidurku sudah hampir normal, maka aku sudah bisa melakukan kewajibanku.

2. Waktumu akan lebih efisien
Dikarenakan kamu bisa bangun pagi, biasanya waktumu akan lebih panjang. Contohnya aku nih, kalau aku tidur jam 2 pagi, otomatis aku akan bangun sekitar jam 8 atau 9 pagi. Setelah bangun biasanya aku nggak ngapa-ngapain (apalagi weekend), soalnya badan terasa masih capek dan lemes. Ya, pokoknya nggak enak banget deh.

Nah beda banget kalau aku bangun pagi, semua kerjaan di kosan beres, tugas kuliah pun terselesaikan karena pagi-pagi otak masih fresh. 

3. Gaya hidup sehat
Duh, aku sih masih mau jadi si sehat ya. Meskipun beberapa hari kemarin aku tidur masih jam 12 malam, aku tetap bangun pagi. Tapi hasilnya adalah kantung mataku terlihat banget. Cuma aku nggak merasakan capek sedikitpun karena tidurku cukup. Biasanya, kalau aku tidur pas sebelum subuh, aku bakal merasa capek. Nah, tidur normal ini merupakan salah satu gaya hidup sehat. Kalian nggak mau dong jadi gampang sakit gara-gara kurang tidur, apalagi kurang tidur karena ngerjain tugas kuliah/kantor atau ngerjain skripsi. Hahaha.

Kantung matakuuu!


4. Lebih baik istirahat daripada dipaksakan
Kamu sama laptop tuh sama; butuh istirahat. Cerita kemarin sih aku ada tugas mereview 10 jurnal bahasa yang kalau ditumpuk mirip bundle skrpsi, katanya. Nah, aku mencoba mencicil sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, dengan pola tidur yang normal. Hasilnya, aku tetap menyelesaikannya dengan baik dan aku tetap sehat! Beda sekali ketika aku mengerjakannya 2 hari sebelum deadline. Tugas selesai, aku pun tumbang. Kalau sudah begitu biasanya aku akan balas dendam pada tidurku yang berantakan.

Nah, kenapa memilih istirahat? Ya supaya aku bisa bangun pagi dan melanjutkan tugasku itu. Karena ketika otak sudah jenuh, pasti akan susah berpikir. Ujung-ujungnya lempar laptop dan bakar jurnal. Tugas berantakan deh. Hahaha.

Bagiku, pola tidur normal bukan hanya menyehatkan, tapi membiasakan aku memafaatkan waktu seefektif mungkin.  Rasanya memang lebih asyik bisa bangun pagi dibanding begadang dan bangun siang. Aku yakin semua orang juga suka kok bangun pagi, cuma polanya saja yang kadang nggak teratur. Ya, setelah terbiasa bangun pagi, aku jadi nggak takut lagi kalau ada yang mau beli pulsa pagi-pagi. Sekarang aku available dihubungi saat pagi kok. Hahaha. Semangat pagi, gaes!

Purwokerto, 12 November 2015. 06:25
Di kamar, nunggu kuliah pagi.

Comments

  1. Iya bangun pagi lebih asik. Aku juga lagi berusaha memperbaiki pola tidurku biar nggak bangun siang lagi. Karena dengan bangun pagi, aku jadi punya waktu buat sarapan atau ngelakuin banyak hal termasuk blogwalking pagi-pagi.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Tapi kebanyakan tidur juga gak bagus lho mbak hehehe

      Delete
  3. Aku jg pengen banget terapkan pola hidup dan tidur yang sehat. Etapi, teteup, bangun pagi itu bagiku susah banget, begitu usai shalat shubuh, malah tidur lagi. Hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak benerin pola tidur biar makin sehat :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)