Friday, April 3, 2015

Mine: Books, Movies, and Travelling


This is the second day. So, the theme is "What makes you happy?"


Perihal sesuatu yang menyenangkan, saya yakin semua orang pasti punya. Entah kesenangan itu ada pada sebuah benda, orang, momen, ataupun sesuatu yang lain. Bicara kesenangan selalu tidak terpisahkan oleh kepuasan. Sesuatu yang menyenangkan tentu membuat diri kita menjadi puas batin. Bagi saya, kesenangan bukan hanya pada sesuatu yang dimiliki, namun sesuatu yang dapat dinikmati meskipun tidak saya miliki. Sedikitnya saya punya 3 hal yang membuat saya senang. Ya, buku, film, dan perjalanan.

Mengapa saya senang pada buku? Bukankah sebagian orang malah tidak suka pada buku karena tidak gemar membaca? Mungkin saya dulu seperti itu, tidak gemar membaca karena yang saya tahu buku-buku hanyalah seputaran textbook untuk sekolah. Saya mengenal buku-buku selain buku pelajaran itu ketika memasuki SMP, dan ini salah satu dasar saya mulai menulis.

Benar adanya pepatah bahwa "buku adalah jendela dunia", bahkan bukan hanya jendela melainkan pintu kemana saja. Ya, bagi saya buku adalah pintu yang mampu membaqa saya kemanapun bahkan ke zaman perang sekalipun. Alasan meengapa saya menyenangi buku karena saya menjadi tahu apapun yang saya tidak tahu sebelumnya. Bukan karena saya tidak suka mencarinya di internet, melainkan membuka lembar buku, mencium aroma kertas itu menjadi suatu terapi yang menyenangkan. Dengan kata lain, saya senang sekali jika disuruh main ke toko buku meskipun tidak membeli satupun buku karena melihatnya saja saya sudah senang.

Bicara buku tentu saya selalu menyangkutkannya dengan film. Mengapa? Karena banyak buku yang diadaptasi ke dalam film. Dengan demikian saya suka mendapatkan visualisasi dari buku yang saya baca dengan jelasnya. Meskipun tidak jarang saya kecewa karena.visualisasi saya berbeda dengan si sutradara film. Alasan yang sama dengan membaca buku, bahwa menonton film pun mampu membuat saya memiliki pengetahuan yang sebelumnya tidak saya ketahui. Dengan begitu, saya mulai menyukai film. Menonton film adalah suatu kebahagiaan yang saya dapat karena itu artinya waktu saya luang. Hahaha. Ya, menonton film mampu membuat saya melupakan beban sejenak.

Setiap film tentu punya setting lokasi yang berbeda, dimana saya seringkali iri dan ingin mengunjungi tempat-tempat yang digambarkan di dalam film. Yup, kesenangan selalu saya dapat ketika saya berjalan-jalan. Selalu ada sesuatu yang mampu saya pelajari dari setiap perjalanan yang saya lakukan. Kebahagiaan yang dirasa tidak mampu digambarkan, karena saya yakin setiap orang punya tujuan masing-masing dalam melakukan setiap perjalanan. Perjalanan yang menyenangkan bukan hanya sesuatu yang membuat saya bisa menikmati suatu daerah baru, melainkan membuat saya belajar dan belajar lagi. Pengalaman adalah guru terbaik. Itu yang mampu saya tangkap ketika melakukan perjalanan.

Sesungguhnya masih banyak hal yang membuat saya senang, terlepas dari 3 hal di atas, tentu yang membuat saya senang adalah berada di sekitar orang-orang yang saya sayang dan menyayangi saya. Saya yakin semua orang pasti ingin begitu juga. Dan, sekian tulisan ini. Selamat malam.

Purwokerto, 2 April 2015. 23:23.

No comments:

Post a Comment