Review Pembahasan Klub Buku Indonesia

Review Pembahasan KBI
Niat mau review baru terlaksana sekarang. Sampe kebawa mimpi pula. BErikut review sederhana dan seadanya dari saya.

1.      Review Pembahasan Buku Bulan Agustus: Dunia Shopie
Review ini dimoderatori oleh Kak Dwee pada tanggal 26 Agustus 2014. Buku Dunia Sophie termasuk buku yang fenomenal, bahkan di kampus saya pun sering membicarakan buku ini. Dunia Sophie merupakan sebuah novel karya Jostein Gaarder yang diterbitkan pertama kali di Norwegia. Novel ini membahas tentang teori filsafat dengan tokoh utama seorang gadis berusia 14 tahun bernama Sophie. Petualangan Sophie berfilsafat dimulai ketika dirinya mendapat sebuah pesan berisi pertanyaan, “Siapakah dirimu?”. Pertanyaan sederhana yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Dalam buku ini Sophie belajar filsafat melalui pesan-pesan dan surat yang diberikan secara beruntun dari seseorang yang mengaku bernama Alberto Knox hingga menjadi guru filsafat Sophie.

Saya sendiri baru membaca sepertiga dari isi buku ini, namun masih banyak kalimat-kalimat yang perlu direnungi sejenak untuk mengerti maksudnya. Buku ini mengajarkan hal-hal mendasar dari kehidupan manusia. Banyak teori yang dibahas di buku ini. Seperti Aristoteles, Plato, Karl Marx, dan filsuf lainnya. Saya tak  bisa menjelaskan lebih banyak karena belum selesai membaca bukunya. Silakan membaca sendiri.

2.      Review Pembahasan Buku Bulan Agustus 2: The Five People You Meet in Heaven.
Buku ini direview sama Dida. Jujur saya pun belum baca bukunya meskipun udah punya. Buku ini ditulis oleh Om Mitch Albom, kebetulan yang dibahas ini cetakan ketujuh. Keren, ya?

Tokoh utamanya bernama Eddie. Eddie ini merasa hidupnya sia-sia kemudian dia meninggal. Menurut review, Eddie ini bekerja jadi maintance di taman bermain semacem di dufan. Kebetulan ketika ulangtahunnya yang ke-83, taman bermain itu membuka wahana baru bernama wahana freddy’s free fall (kalo di dufan mungkin hysteria). Kemudian ia berpikir bahwa yang menyebabkan kerusakan wahana itu adalah kabel penahan kabinnya. Nah, pas lagi mikir kayak gitu, dia teriak, tapi nggak ada yang denger. Dia lihat ada anak kecil di bawah wahana itu, ketika mau nolongin, ternyata dia… mati. Ketiban wahana itu kali ya.

So, selanjutnya setelah dia mati, dia masuk surga ceritanya. Nah, di surga ini dia ketemu lima orang yang semuanya bakalan ngasih tau cerita yang enggak Eddie ketahui. Orang pertama itu si manusia biru. Hubungannya sama Eddie itu pas si Eddie kecil lagi main bola di jalan, tiba-tiba si manusia biru ini hampir nabrak Eddie, tapi karena gak konsen nyetir akhirnya dia yang mati. Kenapa disebut manusia biru? Karena dia itu sakit dan minum obat melebihi dosis sehingga jadi racun di tubuhnya.

Orang kedua itu kaptennya Eddie pas dia ikut perang. Jadi waktu itu Eddie berperang, dia mau menyelamatkan anak kecil yang ada di kamp, tapi karena musuh udah dekat makanya si kapten nembak kakinya si Eddie biar dia selamat. Karena kalo si Eddie tetep nyelametin itu anak, maka semuanya gak ada yang selamat. Tapi pas Eddie udah lari, si kapten yang mau lari pun malah nginjek ranjau dan akhirnya mati di tempat.

Orang ketiga itu wanita tua yang masih cantik, dia cerita kalo ayahnya setia kawan banget. Jadi eddie kudu maafin bapaknya.
Orang keempat itu istrinya. Cuma ada quote “Kehilangan seseorang yang dicintai bukan berarti berhenti mencintai orang itu”

Orang kelima itu anak kecil yang diliat pas perang. Anak kecil itu dibakar Eddie dengan gak sengaja. Jadi Eddie pas meninggal itu ngerasa ada tangan yang narik, ternyata itu tangan anak kecil itu yang narik dia ke surga.

Baru segini... nanti diupdate lagi.

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)