Open Self

Hello my dearest readers...
Can you hear the voice of rain? Yes, now the rain is coming.

Sesore yang nggak ada kuliah sinematografi ini, aku sendirian di MAP. Niatnya mau kirim email, download anime, dan lain-lain. Kemudian aku ingat sesuatu, aku harus membuat sebagian surat untuk humas-nya KUE LAPIS. Mendung udah bergelayut dari tadi, dingin. Pengennya sih cepet ke kosan terus tidur, tapi apa daya, masih ada rapat menunggu. Jadi, aku mau sedikit pamer aja deh. Foto hasil jepretanku yang kupikir sesuai feeling, ternyata masuk nominasi pas di kelas tadi. Ya, aku sih seneng-seneng aja. Lumayan kan nambah nilai buat naikin IP-ku.

Di waktu yang mendung dengan rintik-rintik hujan ini aku ingin bercerita tentang konsep diri yang baru saja aku pelajari. Well, sudah 19 tahun aku hidup, aku bahkan kesulitan untuk mengungkapkan "siapa aku", padahal seharusnya itu menjadi hal mendasar yang sangat mudah aku kemukakan. Kesulitan itu ternyata tidak hanya aku yang merasakan, sebagian teman-temanku juga merasakannya. Terbukti ketika tadi beberapa orang disuruh maju ke depan untuk bicara tentang dirinya, mereka berpikir terlalu jauh, hingga hal-hal sederhana yang dilaluinya sehari-hari tidak terlihat.

Aku sendiri pernah mengikuti sebuah training motivation saat SMA, pertanyaan mendasar itu ditanyakan pada setiap anak, dan kebanyakan mereka menjawab "siapa aku" dengan ciri-ciri fisik atau segala hal yang orang lain sudah mengetahuinya, maksudku seperti identitas diri yang bisa dilihat melalui KTP ataupun yang lainnya. Padahal, konsep diri disini lebih mengarah pada suatu sikap yang secara sadar kita ketahui (open self).

Secara tidak langsung aku menyadari bahwa aku belum sepenuhnya mengenal diriku sendiri. Terkadang malah lebih banyak aku mengenal orang lain, misalnya seseorang yang disukai. Karena aku terus menerus memperhatikannya, hingga dengan sendirinya aku tahu kebiasaan orang tersebut. Lain halnya dengan diri sendiri yang kadang tidak diketahui atau membiarkannya berjalan seadanya tanpa diperhatikan.

So, mulai dari sekarang aku mau belajar mengenal diriku. Tidak ada salahnya kan mengenal diri sendiri karena ini berguna untuk ke depannya juga.

MAP, 23 September 2014. 16:27.
Hujan!

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)