Perihal Pendidikan dan Hobi

Sangat menyenangkan memang ketika awal kuliah. Seakan-akan hal menyenangkan di dalamnya telah diatur untuk membuat kita menikmatinya. Dan, saya rasa terlalu banyak hal menyenangkan yang saya alami selama satu semester lebih. Ya, meskipun yang menyenangkan tak selalu semenyenangkan kelihatannya.

Hobi. Sungguh amat sangat menyenangkan sekali ketika kita menemukan suatu wadah yang membuat kita semakin nyaman dan mencintai hobi kita. Akan tetapi, faktor lain juga perlu diperhatikan. Hobi bagi saya adalah kesenangan yang mungkin saja bisa membuat saya menaiki tangga kesuksesan dengan caranya sendiri. Itu apabila saya serius dengan hobi saya. Baiklah, ini bukan perihal jejak-jejak kaki mana yang serius atau tidak, tapi ini tentang bagaimana manajemen kegiatan itu sendiri.

Source: google.com


Saya hanya ingin berbagi. Saya mencintai dunia tulis menulis, maka dengan sendirinya saya amat mencintai membaca, terutama novel. Maka tidak jarang saya menghabiskan waktu untuk hal itu. Pun saat seharusnya saya belajar, seringkali saya mencuri-curi waktu untuk membaca novel. Mengapa? Karena saya mencintai kegiatan itu dan saya ingin menulis cerita seperti itu. Namun ketika saya sudah terlalu terlena dengan kegiatan itu, maka akan terdengar bisikan-bisikan halus. "Bukankah kamu kuliah di sini untuk belajar?", "Bukankah kamu ingin membanggakan orangtuamu? Mereka bekerja susah payah untuk menghidupi kamu di sini, lho? Kenapa kamu malah nyantai-nyantai aja?".

source: google.com

Terkadang saya berpikir. Hobi hanyalah sekadar hobi. Bukan tugas yang harus diemban dengan sempurna, bukan aturan yang harus ditaati setiap waktu. Benar, hobi membuat kita bisa berkembang, tapi jangan pernah lupa bahwa kita berada di bangku kuliah untuk pendidikan. Ketika kita berbicara tentang "pendidikan bisa di dapat di mana saja", maka saya sangat sarankan Anda semua keluar dari perguruan tinggi yang sekarang Anda jalani. Mengapa? Tidak lain dan tidak bukan, Anda hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran, dan... UANG!

Silakan kembangkan hobi Anda dengan maksimal jika itu dirasa bisa menjamin kesuksesan Anda di masa depan. Banyak kesuksesan yang berawal dari hobi. Mungkin terlihat meragukan, tapi tekad yang kuat bisa membantu Anda mewujudkannya. Salam sukses!


source: google.com

Purwokerto, 23 April 2014.

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)