Mereka Tahu dan Mereka Kenal

Bee, ini pengalaman. Waktu lebih dari satu semester kelihatannya belum mampu mengakrabkan, tapi ternyata itu tidak sepenuhnya benar. Terkadang, kita sibuk menyalahkan waktu, menyalahkan keadaan, bahkan menyalahkan orang lain untuk hal ini. Padahal sebenarnya kita lah yang salah. Mengapa? Karena kita selalu punya persepsi yang berbeda terhadap orang lain. Kita selalu punya kecemasan saat berhubungan dengan orang maupun kelompok yang baru kita kenal.

Akan kuajak kau kembali pada sebuah teori Komunikasi dari William Gudykunst yang telah aku pelajari beberapa minggu yang lalu. Anxiety/Uncertainly Management Theory, itu judul teorinya. Isinya tentang kecemasan, keragu-raguan, dan ketakutan seseorang yang asing ketika masuk ke dalam sebuah kelompok yang baru. Dalam hal ini, seseorang tersebut memiliki kecemasan dan ketakutan akan persepsi orang di dalam kelompok tersebut. misalnya, ia takut orang-orang di dalamnya bisa bersikap ramah padanya.

Bee, aku selalu merasa begitu ketika masuk dalam sebuah lingkungan yang baru. “Apa aku bisa bergabung bersama mereka?”, “Apa aku bisa diterima oleh mereka?”, “Apakah aku setara bila bergaul dengan mereka?”. Pikiran-pikiran macam itu yang terus berhamburan di otakku. Seperti yang aku tahu, pada dasarnya aku bukanlah orang yang pintar bergaul, apalagi dalam waktu singkat. Aku butuh waktu cukup lama karena aku lebih suka mengenal dan mengamati terlebih dahulu, baru bisa berteman dan bergaul dengan luwes.

Source: google.com

Kupikir, selama ini aku yang belum bisa bergaul dengan banyak orang yang kuanggap “sulit” untuk berteman dengan orang-orang sepertiku. Pikiran akan “level” dalam strata sosial masih sering membayangiku bila ingin mendekat, takut tidak diterima. Namun, hari ini aku lebih dari tahu. Aku yang menjauh dan belum mencoba mendekat. Mereka, dalam artian, teman seperjuanganku dalam jurusan, mereka menerima. Kukira selama satu semester lebih kita ada dalam satu kelas yang sama, ada beberapa yang tidak mengenalku, ternyata aku salah. Mereka tahu dan mereka kenal.

Purwokerto, 28 April 2014.
Satu jam setelah survei tempat untuk makrab.

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)