Formal vs Informal?



Bee, aku kembali lagi. Kali ini aku akan bercerita. Hasil psikotesku sewaktu SMA menyatakan bahwa aku lebih mudah diajak berbicara secara informal dibandingkan berbicara secara formla. Dan itu benar adanya.
            
Bukan hanya dalam forum besar di kelas, tapi untuk forum kecil yang didalamnya terdapat orang-orang yang belum aku kenal baik pun, aku sulit mengutarakan isi pikiranku. Akan tetapi, Bee, malam ini, dalam forum berjumlah Sembilan orang itu aku merasa lebih nyaman daripada dalam forum sebelumnya yang lebih besar dari ini. Entah. Mungkin karena sebagian dari mereka aku kenal baik dan sudah dekat. Akupun heran, mengapa dalam forum dengan orang-orang yang sebagian besar sama seperti tempo hari, aku malah merasa “sendiri” dan tidak bisa menyampaikan apapun. Intinya, seperti rasa nyaman yang terenggut begitu saja.

Aku memang masih harus banyak belajar. Dua hari yang lalu sahabatku menelepon, ia menceritakan padaku perihal pekerjaannya. Dan lagi-lagi aku hanya diam mendengarkan, tanpa tahu harus bicara apa. Padahal banyak sekali kata yang ingin aku ucapkan padanya sebagai bentuk simpati dan empatiku. Hingga ia mengeluh, “Ah, bete!”. Entah itu untukku atau bukan, yang jelas aku mulai merutuki diriku sendiri karena aku tak mampu memberi saran apapun kepadanya. Bee, ini perihal pembicaraan informal, tapi aku tak mampu menguasainya. Mungkin aku belum memiliki rhetorical design logic yang baik.

Bee, aku selalu merasa ada yang salah dengan diriku. Aku ini ada, tapi kadang aku merasa “tidak ada”. Bukankah itu aneh? Atau aku terlalu memikirkan respon orang lain sebelum aku melakukan sesuatu atau mengungkapkan sesuatu?

Untuk sebuah pembicaraan di depan public mungkin aku belum bisa. Entah karena rasa gugup yang terlanjur mengikat, atau ketakutan akan respon negatif orang seperti yang kukatakan tadi, aku belum mengetahuinya. Yang jelas, aku (saat ini) lebih bisa diajak berbicara melalui pendekatan informal. Salam sukses!

Purwokerto, 28 Maret 2014. 00:13

Comments

Popular posts from this blog

"My Green School" (Hortatory Exposition)