Saturday, March 8, 2014

Apa yang Kau Takutkan?

Apa yang kau takutkan dari sebuah pembelajaran? Praktek pada suatu hal yang  kau tidak mampu? Sudah dicoba? Belum. Lalu apa yang kau takutkan? Aku takut salah.

Pernah dengar kalimat ini, “mencoba dan salah itu lebih baik dibanding tidak mencoba sama sekali”. Dan ketika kamu mencoba kemudian kamu melakukan kesalahan, kamu akan segera tahu dimana letak kelemahanmu. Dengan begitu kamu akan bisa memperbaikinya agar di kemudian hari kamu tidak melakukan kesalahan lagi. Tapi jika kamu tidak pernah berani mencoba, kamu sendiri akan bingung tentang apa yang kamu bisa dan apa yang kamu tidak bisa.
Tapi jika aku melakukan kesalahan, pasti teman-teman menganggapku bodoh.
See? Kamu pesimis sekali. Apakah anggapan teman-temanmu itu berpengaruh banyak padamu? Girl, belum tentu mereka yang menganggapmu demikian itu lebih baik dari kamu. Ada banyak orang di luar sana yang hanya bisa tertawa dan mencemooh orang lain. Mereka tidak menyadari bahwa yang mereka tertawakan bisa jadi lebih baik dan lebih hebat dari mereka.

Bagaimana kalau orang-orang itu memang lebih bisa dari aku, dan mereka menertawakan kesalahanku?
Itu tandanya dia sombong, Sayang. Tidak akan pernah ada orang yang lebih mahir yang berani menertawakan kebodohan orang lain. Secara naluri mereka akan sadar dengan sendiri bahwa mereka pernah melewati fase yang sama denganmu: fase ketidaktahuan. That’s the point, girl.

Aku ingin bisa, tapi kenapa setiap kali praktek, aku merasa minder dan tidak bisa mengutarakan apa yang aku maksud?
Practice makes perfect! Suatu hal akan lebih mudah jika kamu melakukannya. Apa yang kamu takutkan? Takut melakukan kesalahan? Oh, Girl, come on. You should explore your mind to the others. If today you make a mistakes, tomorrow you should be better. Ini pembelajaran, bukan ajang salah atau benar. Tetaplah melakukan yang terbaik, meskipun di dalamnya ada sebuah kesalahan yang akan menjadi instropeksi dirimu. 

Purwokerto, 7 Maret 2014.

No comments:

Post a Comment